Pembelajaran Matematika Pengurangan di SD Amerika
Ada beberapa cara atau strategi yang digunakan dalam memecahkan soal pengurangan dalam pembelajaran di kelas. Seperti halnya cara yang digunakan untuk memecahkan soal penjumlahan, siswa bisa menggunakan salah satu atau beberapa cara yang paling dikuasai dan atau paling mudah. Berikut ini beberapa cara pengurangan yang digunakan siswa di kelas 4 yang saya dampingi.
Ilustrasi soal: Hary mempunyai kelereng sejumlah 452. Ia memberikan 127 kelereng kepada adiknya. Berapa jumlah kelereng yang dimiliki Hary sekarang?
Cara 1 (Algoritma):
4 12 (meminjam 10)
452
-127
325
atau bentuk panjang:
40 12
452 = 400 +50 + 2
- 127 = 100 + 20 + 7
325 = 300 + 20 + 5
Cara 2 (mengurangi per bagian):
452 - 100 = 352 (ratusan)
352 - 20 = 332 (puluhan)
332 - 7 = 325 (satuan)
Cara 3 (menambahkan per bagian):
127 + 100 = 227 (ratusan)
227 + 100 = 327
327 + 100 = 427
427 + 20 = 447 (puluhan)
447 + 5 = 452 (satuan)
100 + 100 + 100 + 20 + 5 = 325
atau
127 + 300 = 427
427 + 20 = 447
427 + 5 = 452
300 + 20 + 5 = 325
Cara 4 (mengurangkan ke belakang):
452 - 52 = 400
400 - 200 = 200
200 - 50 = 150
150 - 20 = 130
130 - 3 = 127
52 + 200 + 50 + 20 + 3 = 325
Cara 5 (membulatkan angka):
452 - 130 = 322 (pengurang ditambah 3)
322 + 3 = 325 (karena pengurang ditambah 3, maka hasilnya ditambah 3)
atau
452 (+3) - 127 (+3) = (semua angka ditambah 3)
455 - 130 = 325
Baca juga tulisan tentang: Pembelajaran Matematika Penjumlahan di SD Amerika
Ilustrasi soal: Hary mempunyai kelereng sejumlah 452. Ia memberikan 127 kelereng kepada adiknya. Berapa jumlah kelereng yang dimiliki Hary sekarang?
Cara 1 (Algoritma):
4 12 (meminjam 10)
4
-127
325
atau bentuk panjang:
40 12
452 = 400 +
- 127 = 100 + 20 + 7
325 = 300 + 20 + 5
Cara 2 (mengurangi per bagian):
452 - 100 = 352 (ratusan)
352 - 20 = 332 (puluhan)
332 - 7 = 325 (satuan)
Cara 3 (menambahkan per bagian):
127 + 100 = 227 (ratusan)
227 + 100 = 327
327 + 100 = 427
427 + 20 = 447 (puluhan)
447 + 5 = 452 (satuan)
100 + 100 + 100 + 20 + 5 = 325
atau
127 + 300 = 427
427 + 20 = 447
427 + 5 = 452
300 + 20 + 5 = 325
Dengan bantuan garis |
Cara 4 (mengurangkan ke belakang):
452 - 52 = 400
400 - 200 = 200
200 - 50 = 150
150 - 20 = 130
130 - 3 = 127
52 + 200 + 50 + 20 + 3 = 325
Dengan bantuan garis |
Cara 5 (membulatkan angka):
452 - 130 = 322 (pengurang ditambah 3)
322 + 3 = 325 (karena pengurang ditambah 3, maka hasilnya ditambah 3)
atau
452 (+3) - 127 (+3) = (semua angka ditambah 3)
455 - 130 = 325
Baca juga tulisan tentang: Pembelajaran Matematika Penjumlahan di SD Amerika
0 comments:
Posting Komentar