Pembelajaran ABK dengan Hambatan Belajar di Sekolah Amerika
gettingsmart.com |
Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) khususnya anak dengan hambatan
belajar di sekolah di Amerika dilakukan dengan beberapa cara antara lain: pendampingan di
kelas, pembelajaran kelompok kecil, dan pembelajaran individual.
Pendampingan di Kelas
Berdasarkan penilaian guru kelas dan guru pendidikan khusus,
siswa ABK dengan hambatan belajar atau kesulitan belajar yang bisa mengikuti
materi pembelajaran dengan didampingi asisten guru dan atau guru pendidikan
khusus tetap mengikuti pembelajaran bersama teman-teman di kelas. Siswa
mendapat pendampingan di kelas bisa untuk semua mata pelajaran atau untuk
sebagian mata pelajaran yang dinilai mampu. Sedangkan untuk mata pelajaran yang
memerlukan pembelajaran pada kelompok kecil dilaksanakan di ruang layanan
pendidikan khusus. Sebagai contoh, siswa didampingi di kelas untuk mata
pelajaran membaca dan menulis, sedangkan untuk pembelajaran matematika
dilakukan dalam kelompok kecil di ruang layanan pendidikan khusus. Untuk mata
pelajaran spesial (musik, seni, komputer, dan olah raga) dan pelajaran konten
(IPA dan IPS) siswa ABK mengikuti pembelajaran bersama teman-teman sekelas
dengan didampingi asisten guru dan atau guru pendidikan khusus.
Pembelajaran Kelompok
Kecil
Siswa yang memerlukan akomodasi dan atau modifikasi
pembelajaran baik untuk semua mata pelajaran utama (membaca, menulis, dan
matematika) atau hanya sebagian mata pelajaran mendapatkan layanan pembelajaran
dalam kelompok kecil di ruang layanan pendidikan khusus. Materi dan tujuan pembelajaran
sama dengan siswa lainnya, hanya saja ada penyesuaian penyampaian pembelajaran
(akomodasi) dan penyesuaian kedalaman atau keluasan materi (modifikasi)
disesuaikan dengan kemampuan siswa.
Pembelajaran
Individual
Pembelajaran individual dilaksanakan jika siswa benar-benar
memerlukan layanan tersendiri yang berbeda dengan kelompok kecil maupun kelas,
misalnya siswa kelas 4 kemampuan matematikanya setara dengan siswa kelas 1.
Dalam hal ini siswa memerlukan modifikasi materi dan akomodasi pembelajaran.
0 comments:
Posting Komentar