Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 17 Maret 2019

Guru Pengganti (Substitute Teacher) di Sekolah Amerika


google.com

Peraturan di sekolah Amerika tidak membolehkan kelas tanpa ada guru berserifikat (certified). Oleh karena itu ketika ada guru berhalangan hadir walapun hanya 30 menit harus ada guru yang menggantikan (guru pengganti) yang mengajar atau menunggui siswa mengerjakan tugas. Asisten guru tidak boleh menggantikan guru utama karena sebagian besar asisten guru tidak mempunyai sertifikat mengajar. Berikut adalah pengalaman di sekolah saya tentang berbagai keadaan ketika guru tidak bisa hadir di kelas dan atau sekolah sehingga memerlukan guru pengganti.

Alasan Guru Tidak Hadir
Guru tidak hadir di kelas bisa berlangsung selama 30 menit atau satu atau dua jam, setengah hari (pagi atau siang), satu atau beberapa hari dan satu atau beberapa minggu. Berikut adalah beberapa alasan yang sering terjadi ketika guru tidak bisa hadir di kelas atau sekolah.

Pertemuan dengan orang tua siswa berkebutuhan khusus, pertemuan ini biasanya dilakukan setelah siswa pulang sekolah atau saat guru kelas tidak ada jam mengajar, tetapi ada kalanya orang tua hanya punya waktu saat jam pelajaran sehingga guru harus meninggalkan kelas dalam waktu 30 menit sampai 1 atau 2 jam.

Periksa dokter, jam praktik dokter biasanya sekitar jam 8 sampai jam 4 sore sehingga guru harus meninggalkan kelas jika mempunyai janjian kunjungan dokter. Klinik atau dokter tidak praktik hari Sabtu dan Ahad, kecuali untuk sakit yang sifatnya darurat atau mendadak ada dokter di klinik atau rumah sakit yang praktik 24 jam (urgent care) dan tanpa memerlukan janjian terlebih dahulu. 

Sakit, saat guru sakit di sekolah, guru boleh boleh pulang awal atau sakit ketika di rumah, guru boleh tidak masuk kerja, tentu saja untuk sakit lebih dari satu hari harus ada surat keterangan dokter.

Pelatihan atau rapat, ada kalanya guru mendapatkan tugas untuk mengikuti pelatihan tertentu atau rapat dengan kepala sekolah atau distrik.

Keperluan pribadi dan keluarga, jika ada kepentingan pribadi misalnya anak sakit, anggota keluarga menikah atau meninggal, guru boleh ijin tidak bisa masuk kerja.

Cuti melahirkan, ketika guru melahirkan bisa mengambil cuti selama delapan minggu tanpa digaji. 

Guru Pengganti
Guru pengganti ada dua macam, yaitu guru lain di satu sekolah dan guru pengganti yang bekerja untuk distrik. Guru pengganti dalam satu sekolah biasanya guru special (musik, olah raga, art, ELP/expanded learning program) dan guru pendidikan khusus yang secara sukarela menggantikan guru kelas yang tidak hadir untuk dengan lama waktu sekitar 30 menit sampai 1 atau 2 jam atau bahkan kadang sampai setengah hari atau sehari penuh. Sedangkan guru pengganti yang sesungguhnya menggantikan guru jika berhalangan hadir setengah hari sampai beberapa minggu. Biasanya guru pengganti adalah guru yang belum lama lulus dari universitas, guru yang belum bekerja penuh waktu di sebuah sekolah, pensiunan guru dan guru yang ingin fleksibelitas waktu dalam bekerja. 

Cara Ijin Jika Guru Tidak Bisa Hadir di Kelas
Jika guru sudah mempunyai rencana jauh-jauh hari akan tidak bisa hadir ke sekolah khususnya untuk cuti melahirkan dan alasan pribadi atau keluarga, maka yang bersangkutan harus mendapatkan ijin dari kepala sekolah dan bagian Human Resources di distrik terlebih dahulu sebelum mengisi formulir di aplikasi AESOP. Guru juga harus memberitahukan hal tersebut kepada sekretaris sekolah. Sedangkan untuk keadaan mendesak atau darurat seperti sakit atau anak sakit, bisa memberitahu kepala sekolah dan sekretaris sekolah kemudian mengisi aplikasi AESOP sebelum pukul 7.30 pagi. AESOP adalah sebuah sistem absensi guru dan staf sekolah serta staf distrik sehingga guru pengganti atau staf pengganti bisa mengetahui data tersebut dan memilih guru atau staf yang akan digantikan.

Kewajiban Guru yang Tidak Hadir ke Kelas
Guru yang berhalangan hadir harus membuat urutan kegiatan dan pembelajaran secara detil (skenario kegiatan dan pembelajaran) dari saat guru pengganti datang sampai berakhirnya sekolah serta catatan khusus yang dianggap penting. Hal ini agar pembelajaran bisa berlangsung seperti biasanya ketika pembelajaran bersama guru utama. Skenario pembelajaran dan kegiatan diunggah di AESOP sehingga guru pengganti bisa mempelajarinya terlebih dahulu dan juga diprint out agar bisa digunakan saat di kelas. Guru utama dan guru pengganti bisa berkomunikasi melalui aplikasi AESOP maupun secara pribadi menggunakan email atau SMS/telepon.

Cara Mencari Guru Pengganti
Ada beberapa cara untuk mencari guru pengganti:

Menggunakan aplikasi AESOP, setelah guru yang berhalangan hadir mengisi fromat di AESOP, maka guru pengganti bisa mengaksesnya dan jika berminat bisa menggantikan guru yang berhalangan hadir tersebut.

Menghubungi langsung ke guru pengganti secara pribadi, jika sudah mengenal guru pengganti yang sudah terdaftar di distrik, guru yang berhalangan hadir bisa langsung menghubunginya secara pribadi baru kemudian menggunakan aplikasi AESOP. Hal ini biasanya dilakukan untuk guru yang cuti melahirkan. Cara ini juga digunakan untuk guru yang berhalangan hadir hanya beberapa jam dengan menghubungi teman guru lain di sekolah yang sama.

Menggunakan email grup sekolah, jika guru berhalangan hadir hanya beberapa jam juga bisa mencari guru pengganti dengan meminta bantuan kepada guru lain di sekolah yang sama melalui email grup sekolah. Guru yang bisa menggantikan akan membalas email tersebut.

Cara Mengatasi Jika Ada Guru Tidak Hadir
Ada beberapa keadaan dan cara mengatasi jika ada guru yang berhalangan hadir. Berikut adalah urutan prioritas cara mengatasi jika ada guru yang tidak bisa hadir di kelas. 

Guru Pengganti
Guru pengganti adalah pilihan utama terutama untuk guru kelas atau guru special yang tidak bisa hadir setengah hari sampai beberapa minggu. Guru pengganti bisa mencari guru yang akan digantikan menggunakan aplikasi AESOP. Aplikasi ini juga digunakan oleh guru yang berhalangan hadir. 

Guru Pendidikan Khusus Menggantikan Guru Kelas
Jika tidak atau belum ada guru pengganti untuk guru kelas yang berhalangan hadir, maka guru pendidikan khusus bisa menggantikan sementara guru kelas untuk waktu ketidakhadiran selama 30 menit sampai 1 hari. Sebagai contoh ketika guru kelas tidak hadir dan guru pengganti hanya bisa menggantikan setengah hari mulai siang hari, maka guru pendidikan khusus menggantikannya hanya setengah hari di pagi hari. Jika dalam sehari tidak ada guru pengganti, maka guru pendidikan khusus akan menggantikan selama satu hari penuh.

Guru Kelas Menghandle Siswa dari Guru Pendidikan Khusus
Jika guru pendidikan khusus berhalangan hadir atau menggantikan guru kelas lainnya, maka siswa berkebutuhan khusus yang biasanya dilayani oleh guru pendidikan khusus ikut pelajaran di kelasnya dengan bantuan dari asisten guru. Biasanya guru pendidikan khusus mempunyai ruang kelas tersendiri (kelas kecil) khusus untuk pembelajaran siswa berkebutuhan khusus. Siswa berkebutuhan khusus belajar di kelas kecil (pull out) hanya ketika diperlukan, biasanya 1 sampai 2 jam per hari. 

Guru Special Menggantikan Guru Special Lainnya
Jika ada guru special (art, musik, olahraga atau media/komputer) berhalangan hadir dan tidak ada guru pengganti, maka guru special lainnya yang menggantikan. Tetapi jika tidak ada guru special lain yang bisa menggantikan, maka siswa tetap di kelas bersama guru kelas dan melanjutkan pelajaran sebelumnya atau masuk ke pelajaran berikutnya. 

Guru Special dan ELP Menggantikan Guru Kelas
Jika guru kelas hanya meninggalkan kelas hanya untuk waktu selama 30 menit sampai 1 atau 2 jam dan guru pendidikan khusus tidak bisa menggantikan, maka akan ditawarkan kepada semua guru melalui email sekolah dan biasanya ada guru special atau ELP yang bisa menggantikan.

Kelas Digabung
Jika dalam keadaan terpaksa guru kelas berhalangan hadir setengah atau satu hari dan tidak ada guru pengganti maupun guru pendidikan khusus, maka kelas yang ditinggalkan gurunya akan dibagi dan bergabung dengan kelas lain dalam satu paralel.

Catatan
Saya belum pernah melihat wakil kepala sekolah atau kepala sekolah menggantikan guru yang tidak hadir. Tetapi wakil kepala sekolah biasanya membantu saat istirahat dan atau makan siang jika ada beberapa asisten guru berhalangan hadir.
Asisten guru hanya boleh menunggui kelas jika guru kelas meninggalkan kelas dalam waktu singkat, kurang dari 30 menit.

1 komentar: