Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Sabtu, 21 Oktober 2017

Mata Pelajaran dan Jadwal Pelajaran SD di Amerika


Mata pelajaran SD di Amerika khususnya Iowa adalah mata pelajaran pokok (Matematika, Reading, Writing), Content (IPA dan IPS), Specials (Musik, Art, Olahraga, Media). Matematika, reading, dan writing disebut mata pelajaran pokok karena ketiga mata pelajaran tersebut setiap hari ada jadwalnya dengan porsi waktu yang lebih lama, masing-masing sekitar 80 menit. Jadwal mata pelajaran content bergantian, misalnya satu minggu atau dua minggu belajar IPA kemudian satu atau dua minggu berikutnya adalah IPS dengan durasi waktu sekitar 40 menit. Sedangkan jadwal mata pelajaran specials berdasarkan urutan hari (bukan nama hari), misalnya hari pertama masuk sekolah jadwalnya pelajaran musik, hari kedua art, hari ketiga olahraga, hari keempat media, dan seterusnya.

Khusus kelas 2 sampai 5 pelajaran matematika diawali dengan 5 menit latihan soal yang mudah mengulang pelajaran sebelumnya kemudian sharing jawaban siswa, beberapa siswa diminta menunjukkan hasil pekerjaan dan menjelaskannya. Hal yang menurut saya menarik adalah jawaban siswa akan sangat banyak cara untuk menemukan solusi (tentang hal ini insya Allah akan saya tulis tersendiri). Pelajaran matematika dilanjutkan dengan latihan soal 10 minute math dengan soal yang lebih sulit untuk materi yang sudah dipelajari. Sama seperti 5 minute math, kemudian juga sharing beberapa jawaban siswa yang secara sukarela mengacungkan jari. Setelah selesai sharing jawaban 10 minute math dilanjutkan penjelasan materi berikutnya dengan berbagai metode. Hal yang selalu dilakukan guru adalah penggunaan media baik riil maupun menggunakan IT dan atau praktek langsung.

Pelajaran berikutnya adalah content, reading, specials, atau writing tergantung jadwal masing-masing kelas. Khusus pelajaran specials dilakukan di ruang masing-masing, bukan ruang kelas. Siswa dibawa oleh guru kelas dibantu paraeducator/asisten guru dengan berbaris menuju ruang specials.

Pelajaran writing dan reading sudah termasuk pelajaran bahasa Inggris (language study). Untuk membekali siswa supaya bisa menulis dan membaca dengan baik diawali dengan pelajaran bahasa Inggris. Pelajaran writing terdiri dari pelajaran bahasa Inggris, mini lesson dan workshop menulis. Pelajaran reading terdiri dari pelajaran bahasa Inggris, praktik membaca (reading mini lesson, membaca nyaring dan membaca dalam hati), dan menemukan dan mencatat materi bahasa Inggris yang sedang dipelajari. Misalnya, ketika mempelajari tentang setting cerita, maka selama membaca siswa mencari, menemukan, dan menulis tentang setting cerita, kapan terjadi dan di mana di buku catatan siswa. Reading/Writing Mini-Lesson adalah pembelajaran dalam kelompok kecil disesuaikan dengan kemampuan siswa. Guru akan memanggil beberapa siswa (3-6) ke meja depan tempat duduk guru untuk pembelajaran dalam grup kecil. Pembelajaran bisa berbentuk mengulang materi, mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari, memberikan masukan atau koreksi tugas siswa dan hal-hal lain yang dianggap penting oleh guru.

Meja untuk pembelajaran Mini Lesson
Berikut ini contoh jadwal pelajaran kelas 4 yang saya bantu:

08.55 - 10.20 Math
10.20 - 11.40 Content
10.40 - 11.20 Special
11.20 - 11.45 Content (lanjutan)
11.45 - 12.45 Luch and Recess
12.45 - 1.00  Writing (Mini-Lesson)
1.00   - 1.30  Writing (Workshop)
1.30   - 1.45  Language and Word This Way
1.45   - 2.00 Reading (Mini-Lesson)
2.00   - 3.15 Reading (Workshop)
3.15   - 3.25  Read Aloud
3.25   - 3.35  Pack up for the day

Jadwal Pelajaran
Khusus perpindahan dari matematika ke content dan dari writing ke reading waktunya bisa fleksibel tergantung keadaan dan kebutuhan, misalnya karena kegiatan pelajaraan matematika belum selesai bisa dilanjutkan dengan mengambil waktu pelajaran content

0 comments:

Posting Komentar