Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Jumat, 13 Oktober 2017

Gedung Sekolah di Amerika


Sekolah di Amerika khususnya di Iowa hampir sama dengan sekolah-sekolah yang ada di film-film Holywood. Khasnya adalah gedung dengan lorong-lorong panjang dan di kanan kiri banyak locker tempat menaruh barang-barang siswa. Lingkungan bersih dan rapi juga merupakan standar sekolah-sekolah di sini. Saya sudah mengunjungi beberapa sekolah dasar dan high school hampir sama keadaannya. Berikut ini adalah gambaran gedung sekolah tempat saya bekerja:

Lorong kelas dan locker
Pembagian Gedung
Gedung dibagi menjadi 5 sayap (wings). Sayap D1 untuk ruangan-ruangan kelas dan ruang pendukung pre kindergarten, kindergarten. Sayap D2 untuk kelas1 dan 2 serta ruang-ruang pendukung. Sayap A untuk ruangan kelas specials dan pendukung kegiatan semua kelas. Sayap C untuk ruangan-ruangan kelas 3, 4, dan 5 serta ruang-ruang pendukung. Sedangkan ruang administrasi dan kepala sekolah ada di sayap B yang terletak di dekat pintu masuk utama.

Sayap B
Sayap B terdiri dari ruang administrasi, kantor kepala sekolah, ruang perawat (semacam UKS), ruang rapat, kantor lead teacher, mailbox guru dan karyawan, ruang intervention 1, perpustakaan, laboratorium komputer, ruang konselor, ruang psikolog, ruang literacy coach, ruang title, ruang ELL, ruang ELP, ruang speech pathologist, ruang family support worker, dan ruang terapi membaca. Ruang intervention adalah tempat untuk mengkondisikan anak yang tidak bisa mengendalikan emosi agar calm down. Family support worker bertugas untuk membantu siswa dari keluarga kurang mampu (low income) seperti mulai dari mengumpulkan data keadaan orang tua sampai memberikan peralatan sekolah, baju, dan makanan (food bag).

Tempat surat staf (mailbox)
Sayap D1, D2, dan C
Sayap D1, D2, dan C digunakan untuk ruang-ruang kelas, ruang guru special needs, ruang layanan khusus, ruang intervention, ruang custodian, bathroom, dan shared space. Shared space adalah ruang terbuka yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti diskusi, pertemuan, peer tutor, pembelajaran individual, pull out, tes membaca, pembelajaran small group, diskusi dosen dan student teacher, dan kegiatan sebelum dan sesudah sekolah.

Shared space
Sayap A
Sayap B terdiri dari cafeteria, tempat lost and found, ruang custodian utama dan gudang, gymnasium, kelas art, kelas musik, ruang makan staff, storage. Gymnasium selain untuk olah raga juga untuk assembly dan tempat bermain jika cuaca buruk serta bermain anak yang mendapatkan reward time.

Gymnasium

Ruang makan staff

Meja lost and found
Playground
Playground digunakan siswa sebagai tempat bermain dan bersosialisasi ketika recess. Ketika waktunya istirahat semua anak harus bermain di playground. Permainan di playground antara lain: lapangan basket, lapangan sepakbola, slide, zip line, jungkat-jungkit, rock climbing, tangga, dan keseimbangan. Alas playground sebagian ditutupi dengan bahan yang empuk sehingga jika siswa terjatuh tidak terluka. Playground untuk pre kindergarten dibedakan dengan playground kelas lain.

Playground
Tempat Pemberhentian Bus, Parkir Mobil, dan Drop off
Sebagian anak naik school bus, sebagian yang lain diantar orang tua, dan sebagian kecil naik sepeda serta jalan kaki. Siswa yang diantar orang tua melalui pintu utama dengan jalur khusus. Sedangkan siswa yang naik bus juga ada tempat pemberhentian khusus bus dan masuk lewat pintu samping. Begitu juga siswa yang naik sepeda disediakan tempat parkir di dekat pintu samping. Parkir mobil untuk staff di samping kanan gedung dekat dengan pemberhentian bus, sedangkan parkir visitor dan orang tua di depan sekolah dekat drop off area.

Parkir mobil, pemberhentian bus, dan parkir sepeda

0 comments:

Posting Komentar