Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 12 November 2017

Gaji Guru SD di Amerika


Tabel gaji guru SD per state di Amerika (businessinsider.com)
Guru di Amerika bukan merupakan pegawai pemerintah (negeri) tetapi pegawai district. District merupakan lembaga yang menyelenggarakan pendidikan dari pre kindergarten sampai high school dengan mendapatkan dana dari pemerintah city, state, dan federal serta masyarakat. Setiap district mempunyai kebijakan sendiri untuk menentukan jumlah gaji guru dan staff lain. Setahu saya tidak ada standarisasi gaji guru baik setiap state maupun federal (nasional). Semakin besar kota berarti semakin besar pendapatan dari pajak, maka semakin besar pula gaji guru tetapi semakin mahal juga biaya hidup. Tabel diatas adalah gaji guru rata-rata setiap state dari semua masa kerja guru. Berikut ini adalah gaji guru di district Waterloo, Iowa tempat saya bekerja tahun 2017 untuk masa kerja satu tahun.

Gaji Guru BA (S1)
Gaji guru dengan ijazah Bachelor of Arts (S1) untuk tahun pertama adalah $33,994 per tahun. Setiap tahun gaji naik sekitar $1,000. Gaji akan dibayarkan per bulan walaupun saat libur summer guru tidak bekerja (sekitar 2,5 bulan). Sehingga gaji yang diterima setiap bulannya adalah $2,833, jika dirupiahkan dengan kurs $1 = Rp13.000 adalah Rp 36.829.000. Atau jika dihitung per jam sekitar $21.24. Guru bekerja 40 jam per minggu.

Catatan: penggunaan koma (,) dalam $ untuk memisahkan ribuan dan titik (.) untuk memisahkan cen

Gaji Guru MA (S2)
Guru dengan ijazah Master of Arts (S2) untuk masa kerja 3 tahun adalah $41,813 per tahun. Setiap tahun gaji naik sekitar $1,000. Gaji akan dibayarkan per bulan walaupun saat libur summer guru tidak bekerja (sekitar 2,5 bulan). Sehingga gaji yang diterima setiap bulannya adalah $3,485 jika dirupiahkan dengan kurs $1 = Rp13.000 adalah Rp 45.305.000. Atau jika dihitung per jam sekitar $26.13.

Catatan: mohon maaf saya tidak menemukan data gaji guru dengan ijazah S2 untuk masa kerja di bawah 3 tahun.

Minimum Wage (UMR) di Iowa
Minimum wage atau semacam UMR-nya State Iowa adalah $7.25 per jam atau $1.160. Jika gaji guru dibandingkan dengan UMR, maka gaji guru S1 dengan masa kerja 1 tahun adalah 2,44 kali atau 244% dari UMR.

Catatan
Gaji tersebut adalah gaji kotor karena belum dipotong pajak city, pajak state, federal dan SSN (social security number/jaminan sosial) yang jumlahnya sekitar 23% dari gaji.

8 komentar:

  1. Sukses pak Har,,asst guru di Amerika..itu sdh hebat nantinya kl udh balik ke Indnsia..bs lsg jadi KepSek.

    BalasHapus
  2. Pak Antok ..apa dasar penentuan gaji guru tersebut? Apakah sama semua atau ada sistem lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya besarnya gaji guru berdasarkan masa kerja dan pendidikan terakhir, Pak.

      Hapus
  3. setuju, Mas. Guru di sini juga banyak yang bekerja sampingan. ada yang masih ada hubungannya dengan dunia pendidikan seperti menulis buku, menjual media pembelajaran atau semacam lks online. ada juga yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan tetapi merupakan passion, seperti chef di restoran, dll. terima kasih sharingnya, Mas.

    BalasHapus
  4. Pak sy mau nanya, kalo mau mengajar di amerika itu perlu teaching sertification ya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Pengalaman saya pernah ditawari oleh distrik tempat saya bekerja,beasiswa kuliah lagi 2 tahun (5 semester-4 semester reguler dan 1 summer semester) untuk mendapatkan sertifikat menjadi guru.

      Hapus
  5. Pak, saya bisa ngajar online untuk pelajaran matematika dengan biaya yang sangat murah, pengalaman 13 tahun,jika ada yang berminat boleh rekomendasikan saya untuk mereka yang kurang mampu di AS.(video bisa dilihat di youtube:"amos matematika"

    BalasHapus