Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 05 November 2017

Kapan Siswa SD di Amerika Berbaris?


Siswa berbaris (mlive.com)
Saya pertama kali melihat siswa berbaris agak heran, saya kira siswa SD di Amerika bebas untuk masuk dan keluar kelas. Berbaris (line up) merupakan salah satu cara untuk menjaga ketertiban siswa selama pergi dan kembali dari kelas ke tempat atau ruang lain. Berbaris juga bertujuan agar siswa yang sedang bepindah tempat tidak mengganggu kelas yang lain.

Berbaris merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan (expectation) dan dilatih setiap awal tahun ajaran baru, minggu pertama masuk sekolah. Ada beberapa expectation yang dilatih di awal ajaran baru, antara lain: penggunaan kamar mandi, bermain di playground, makan siang di cafeteria, assembly di gymnasium, dan drill simulasi tornado dan kebakaran.

Siswa berbaris bisa berdasarkan nomor urut atau kelompok yang tertib atau bisa juga berdasarkan tempat duduk yang lebih dekat dengan pintu keluar. Barisan dilakukan di dalam kelas tetapi kadang juga di depan kelas. Setelah barisan lurus dan tenang baru siswa diminta berjalan menuju tempat atau ruang yang dituju.

Beberapa kegiatan yang siswa harus berbaris adalah sebagai berikut: perpindahan dari kelas ke ruang specials (musik, media, olahraga, dan art), assembly, bathroom break, makan siang, recess, simulasi bencana, kembali dari ruang specials, kembali dari playground, kembali dari kamar mandi, kembali dari assembly, dan kembali dari simulasi bencana. Setiap barisan menuju ke tempat atau ruang lain selalu diantar guru kelas dan ketika kembali ke ruang kelas dijemput guru kelas, kecuali saat menuju playground untuk istirahat hanya bersama asisten guru.

0 comments:

Posting Komentar