Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 12 November 2017

Semua Kelas dan Sekolah Publik di Amerika Inklusi?


Ruang Kelas di Sekolah Amerika
Setiap sekolah publik di Amerika tidak boleh menolak anak berkebutuhan khusus (ABK) berdasarkan undang-undang federal (the Individuals Disabilities Education Improvement Act of 2004). Dengan demikian hampir semua sekolah publik di Amerika merupakan sekolah inklusi yang mana ABK bisa belajar bersama siswa-siswa lain. Walaupun begitu, khususnya di Iowa masih ada sekolah khusus (semacam SLB) untuk melayani ABK yang orang tuanya tidak mau menyekolahkan di sekolah publik. Sebagai konsekuensinya hampir setiap kelas paralel mempunyai guru special needs dan staff pendukung seperti asisten guru dan behavior intervention specialist.

Berdasarkan data hampir 50% ABK di sekolah Amerika adalah anak berkesulitan belajar spesifik (special learning disabilities) dan 8% merupakan anak emotional disturbance, anak yang tidak bisa mengendalikan emosi (Julie Causton-Theoharis, 2009). Menurut pengamatan saya sekitar 4-6 siswa di kelas dengan jumlah siswa 30 adalah anak berkesulitan belajar dan 1-2 anak dengan gangguan emosi. Dua jenis ABK tersebut hampir selalu ada di setiap kelas.

Anak berkesulitan belajar spesifik merupakan gangguan satu atau lebih proses psikologi untuk memahami sesuatu atau penggunaan kalimat dalam tulisan dan ucapan. ABK ini ditandai dengan kesulitan mereka untuk mendengar, berfikir, mengucapkan, membaca, menulis, mengeja, dan menggerjakan perhitungan matematika ((Julie Causton-Theoharis, 2009). Sedangkan anak dengan gangguan emosi menunjukkan perilaku mudah marah, tidak bisa mengendalikan diri, menendang benda-benda di sekitarnya, mencoba menyakiti diri sendiri atau orang lain, berteriak-teriak, dan perilaku lain yang tidak terkendali dan tidak semestinya.  

0 comments:

Posting Komentar