Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Jumat, 13 Oktober 2017

Waktu Sekolah SD di Amerika


woodscharter.org
Sekolah di Amerika khususnya di Iowa berlangsung Senin sampai Jumat (5 hari) dengan lama waktu belajar sekitar 7 jam per hari atau 35 jam per minggu. Dalam penentuan jam masuk dan jam pulang setiap district bisa sama bisa juga berbeda. Di sekolah saya (district Waterloo) sekolah dimulai pukul 08.50 sampai 3.35, khusus pre kindergarten dan kindergarten sampai pukul 3.30. Sedangkan di sekolah anak saya (district Cedar Falls) sekolah masuk pukul 08.45 dan pulang pukul 3.45, tetapi khusus hari Rabu pulang pukul 1.45 karena digunakan staff untuk professional development. Di sekolah saya guru dan staff lain masuk pukul 08.15 dan pulang pukul 3.45 dengan dikurangi waktu untuk lunch selama 30 menit (tidak dihitung jam kerja) dan break 2 kali masing-masing 15 menit (morning dan afternoon).

District Waterloo
Senin - Jumat 08.50 - 3.35 (kelas 1 sampai kelas 5)
Senin - Jumat 08.50 - 3.30 (pre kindergarten dan kindergarten)

District Cedar Falls
Senin - Selasa  08.45 - 3.45
Khusus Rabu   08.45 - 1.45
Kamis - Jumat 08.45 - 3.45

Mengapa sekolah masuk agak "siang"?
Jam 08.45 di musim panas (summer) memang matahari sudah tinggi karena matahari terbit sekitar pukul 5. Sedangkan di awal musim gugur (fall) dan akhir musim semi (spring) matahari terbit sekitar pukul 7, sehingga pukul 08.45 itu matahari belum tinggi. Saat akhir musim fall sampai awal musim spring matahari terbit sekitar pukul 8 bahkan di bulan Desember dan Januari di atas pukul 8. Sehingga pemerintah mengundur waktu 1 jam dari seharusnya mulai bulan November sampai Maret agar jam sekolah dan jam kerja tidak terlalu pagi.

Kegiatan Sebelum Sekolah dan Sesudah Sekolah
Untuk orang tua yang bekerja atau tidak bisa mengantar-jemput sebelum dan sesudah waktu sekolah bisa mengikutkan anaknya pada kegiatan sebelum dan sesudah jam sekolah dengan biaya sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan oleh pihak ketiga tetapi bertempat di sekolah.

Sarapan di Sekolah
Waterloo Community School District/WCSD (semacam dinas pendidikan/pengelola sekolah-sekolah publik se-Waterloo) menyediakan sarapan di sekolah untuk siswa yang menghendaki. Waktu sarapan dimulai pukul 08.30 sampai 08.45.

Makan Siang di Sekolah
WCSD juga menyediakan makan siang untuk siswa. Siswa yang tidak mendaftar makan siang dari district bisa membawa makan siang dari rumah dan dimakan bersamaan dengan siswa yang lain di cafeteria sekolah.

Pembagian Kelas
Pembagian kelas sekolah dasar setiap distrik bisa berbeda. Di distrik Waterloo kelas dimulai dari pre kindergarten, kindergarten, dan kelas 1 sampai kelas 5. Sedangkan di distrik Cedar Falls mulai dari kindergarten sampai kelas 6.

Waktu Istirahat (Recess)
Pre kindergarten, kindergarten, kelas 1, dan kelas 2 mendapatkan 2 kali recess. Sedangkan kelas 3 sampai kelas 5 hanya satu kali recess selama 30 menit. Saat recess semua anak harus bermain di playground, tetapi jika anak suka membaca boleh membaca tetapi di dalam playground. Jika cuaca buruk (hujan, sangat dingin) siswa bermain di gymnasium, ruang art, dan laboratorium komputer. 

0 comments:

Posting Komentar