Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Senin, 23 Oktober 2017

Kegiatan Assembly di SD Amerika


Assembly yang dihadiri Mayor Waterloo (facebook)
Tidak ada upacara bendera di sekolah Amerika, adanya assembly. Assembly adalah kegiatan di mana semua siswa dan staf sekolah berkumpul di satu tempat (misalnya gymnasium) untuk tujuan tertentu, misalnya pengumuman sekolah, pemberian penghargaan kepada siswa, bernyanyi bersama, dan lain-lain.  Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme setiap pagi sebelum memulai pelajaran siswa mengucapkan janji setia (pledge) dengan menghadap ke bendera Amerika Serikat dan meletakkan telapak tangan di atas dada. Berikut adalah bunyi janjinya:

"I pledge allegiance to the flag of the United States of America, and to the republic for which it stands, one Nation under God indivisible with liberty and justice for all."

Di sekolah saya assembly dilaksanakan sebulan sekali di hari Jumat minggu terakhir atau tanggal 30/31 sekitar pukul 2.30 - 3.00 siang/sore. Sebelum assembly siswa berbaris dari kelasnya masing-masing didampingi guru kelas, guru special needs, dan asisten guru dengan dipandu oleh sekretaris sekolah melalui speaker di setiap ruang kelas secara bergantian menuju ke gymnasium. Setelah sampai di ruang gymnasium siswa duduk sesuai tempat yang ditentukan berdasarkan kelasnya masing-masing.

Kegiatan assembly antara lain: pengumuman hal-hal penting yang disampaikan oleh kepala sekolah atau lead teacher, guru dan atau tamu sekolah seperti mayor dan superintendent, menyanyikan lagu "Leader in Me", mengucapkan janji siswa "Leader in Me", beberapa siswa berpendapat tentang pertanyaan yang diajukan oleh guru atau staf sekolah dan pemberian penghargaan kepada siswa. Petugas kegiatan assembly seperti pembawa acara, penampil slide presentasi, dan pengatur tempat duduk serta petugas lain adalah siswa yang dipandu oleh guru.

Penghargaan yang diberikan kepada siswa antara lain: siswa yang tertib dan aktif di kelas, siswa yang tertib di bus sekolah, siswa yang tertib saat makan siang, kelas yang mendapatkan golden ticket (paling tertib selama satu bulan), dan kelas yang presensi siswanya mencapai 96% dalam satu bulan.

1 komentar:

  1. mohon maaf, apakah ada artikel atau jurnal tentang kegiatan assembly yang diadakan diluar negeri. kalo ada mohon kirimkan ke saya. terimakasih

    BalasHapus