Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Jumat, 05 Juli 2019

Kegiatan Sosial Guru di Sekolah Amerika


Kartu Ucapan Perpisahan
Kehidupan sosial orang Amerika lebih banyak berinteraksi dengan keluarga, komunitas atau teman tertentu (gereja, hobi, dan sebagainya) dan teman kerja daripada ke tetangga sekitar. Demikian juga guru dan staf sekolah di Amerika mempunyai kegiatan sosial dengan sesama teman kerja. Berikut adalah beberapa kegiatan sosial di sekolah saya.

Dana Sosial (Social Fund)
Setiap tahun kami membayar iuran $20 untuk dana sosial kepada pengurus kegiatan sosial guru dan staf sekolah. Ketika sudah membayar iuran sosial kami mendapatkan kartu ucapan terima kasih dan makanan ringan seperti coklat atau permen. Dana sosial ini digunakan untuk membeli kartu ucapan, bunga, dan hadiah untuk keluarga besar guru dan staf yang menikah, melahirkan, sakit, meninggal, mencapai prestasi tertentu, pindah dan keluar kerja.

Memberi Kartu Ucapan, Email atau SMS
Baik secara bersama-sama melalui pengurus kegiatan sosial atau secara individu guru dan staf sekolah saling memberikan ucapan untuk momen-momen tertentu baik bahagia maupun sedih. Ucapan tersebut disampaikan secara langsung secara pribadi atau bersama-sama dalam forum rapat dan atau menggunakan kartu, email atau SMS.

Ucapan Perpisahan
Menulis Kartu Bucket Filler
Khusus untuk memberikan apresiasi atau pujian khususnya berkaitan dengan kinerja di sekolah, guru dan staf sekolah saling mengisi kartu bucket filler yang ditempelkan di dinding dekat kantor sekolah. Ada juga yang memberikan kartu bucket filler secara langsung kepada guru atau staf sekolah.

Menengok Teman Sakit
Saat ada teman yang sakit dirawat di rumah sakit, beberapa teman dekat dan atau perwakilan pengurus kegiatan sosial diperbolehkan menengok dengan membawa kartu ucapan dan atau bunga. Menengok orang sakit di rumah sakit tidak boleh dilakukan bersama-sama banyak orang, biasanya hanya untuk keluarga dan teman dekat.

Menghadiri Pemakaman
Ketika ada keluarga guru atau staf meninggal akan diumumkan melalui email ke seluruh guru dan staf se-distrik. Bagi teman dekat biasanya diberi undangan acara pemakaman dan atau diminta mengisi ucapan, doa atau komentar tentang orang yang meninggal di link internet yang disediakan keluarga.

Penggalangan Dana (Fund Raising)
Penggalangan dana biasanya dilakukan untuk membantu lembaga tertentu pada momen tertentu (misalnya untuk yayasan kanker) atau keluarga guru dan staf yang benar-benar sangat membutuhkan dana yang besar misalnya untuk pengobatan kanker.

Doa Bersama
Doa bersama dilakukan ketika ada guru, staf sekolah dan keluarga yang sakit atau ada masalah serius. Pada pagi hari sebelum kegiatan sekolah dimulai, guru dan staf diminta berkumpul di ruang rapat kemudian dilakukan doa bersama dengan saling bergandengan tangan. Doa bersama ini selain mendoakan yang sakit agar segera sehat juga sebagai bentuk empati dan dukungan untuk guru dan staf yang keluarganya sakit atau untuk keluarga dari guru dan staf yang sakit. 

Baby Shower
Walaupun namanya baby shower tetapi sebenarnya kegiatan ini dilakukan ketika guru atau staf masih mengandung. Pengurus kegiatan sosial mengagendakan acara ini setelah pulang sekolah. Kegiatannya adalah pemberian hadiah dan ucapan selamat. Selain pemberian hadiah dan kartu ucapan oleh pengurus kegiatan sosial, biasanya baik sendiri maupun bersama-sama patungan memberikan kartu ucapan dan hadiah. Ada salah satu guru yang sukarela berkeliling untuk menarik uang kepada guru dan staf yang mau urunan untuk membeli hadiah.

Menghadiri Syukuran Pernikahan
Pesta pernikahan hanya dihadiri oleh keluarga dan teman dekat. Semua guru dan staf sekolah biasanya diundang pada acara semacam syukuran pernikahan yang dilakukan sebelum pernikahan untuk memperkenalkan calon suami atau istri. Syukuran pernikahan ini dilakukan di restauran atau di rumah guru atau staf yang akan menikah.

Memberikan Hadiah
Ada beberapa guru atau staf yang sering memberikan hadiah kepada teman kerja pada momen tertentu, misalnya saat hari Thanksgiving atau Natal. Biasanya hadiah berupa gift card belanja di toko tertentu atau barang.

Membawa Makanan ke Sekolah
Ada juga guru atau staf yang sering membawa makanan ke sekolah baik ketika ada momen tertentu atau semacam syukuran. Makanan akan ditaruh di ruang makan dan siapa saja boleh mengambil atau makan di ruang makan.

Permainan di Sekolah
Setiap tahun sekali, sekolah membuat kegiatan permainan semacam outbond tetapi di dalam ruangan (gymnasium) untuk semua guru dan staf sekolah. Guru dan staf sekolah dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian berlomba permainan tertentu. Tujuan kegiatan ini untuk membiasakan kekompakan tim dan rekreasi.

Makan Bersama di Sekolah (Potluck)
Hampir setiap bulan diadakan makan bersama guru dan staf sekolah. Masing-masing guru dan staf sekolah membawa makanan dan dimakan bersama. Agar makanan yang akan dibawa tidak sama, pengurus kegiatan sosial membuat daftar pembawa makanan dan jenis makanannya. Makanan yang khas atau belum umum diberi nama dan jenis bahannya. Jika ada yang tertarik untuk membuatnya, biasanya mereka akan bertanya tentang resepnya.

Pesta atau Makan Bersama di Luar Sekolah
Pada momen tertentu, misalnya saat Halloween, Thanksgiving atau Natal secara sukarela ada yang mengadakan pesta atau makan bersama di luar sekolah, baik di restauran maupun di rumah salah seorang guru atau staf sekolah. Jika pesta dilakukan di salah satu rumah guru atau staf sekolah, setiap yang datang membawa makanan dan dimakan bersama.

Apresiasi Kepada Asisten Guru dan Staf Sekolah
Setiap bulan April guru membuat acara apresiasi kepada asisten guru dan staf sekolah dengan menyiapkan sarapan atau makan siang. Guru secara bergantian melayani asisten guru dan staf sekolah yang sedang sarapan atau makan siang.

Apresiasi Kepada Guru
Sedangkan setiap bulan Mei, gantian asisten guru dan staf sekolah membuat acara apresiasi kepada guru dengan menyiapkan sarapan atau makan siang. Asisten guru secara bergantian melayani guru yang sedang sarapan atau makan siang.

0 comments:

Posting Komentar