Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 30 Juni 2019

Sekolah Negeri (Public School) dan Sekolah Swasta (Private School) di Amerika


Salah satu sekolah publik, Becker Elementary
Sekolah di Amerika ada tiga macam, yaitu sekolah publik atau sekolah negeri (public school) dan sekolah swasta (private school) serta homeschool. Berikut sedikit catatan tentang jenis-jenis sekolah di Amerika berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya.

Public School
Sekolah publik merupakan sekolah yang dibangun oleh pemerintah kota (city). Sedangkan pengelolaannya dilakukan oleh distrik. Distrik terdiri dari dua bagian, yaitu Board of Education (Dewan Pendidikan) dan School District (Distrik Sekolah).

Board of Education
Keberadaan dewan pendidikan ini merupakan amanat dari Konstitusi Negara Bagian (Constitution of the State). Dewan pendidikan bertugas untuk menyusun kebijakan dan memberikan arahan secara umum kepada distrik sekolah berdasarkan hukum negara bagian, kebijakan dan peraturan distrik serta keinginan masyarakat. Dewan pendidikan mempunyai tujuh anggota yang dipilih setiap empat tahun.

School District
Distrik sekolah merupakan pelaksana harian seluruh kegiatan pendidikan yang dipimpin oleh superintendent (semacam kepala dinas). Semua pegawai dan guru merupakan pegawai distrik, bukan pegawai pemerintah. Pengangkatan pegawai distrik dilakukan oleh distrik, sedangkan pengangkatan guru dan staf sekolah dilakukan oleh distrik dengan usulan dari kepala sekolah.

Pendanaan
Distrik memperoleh dana untuk penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah kota (city), negara bagian (state) dan pemerintah pusat (federal) yang sebagian besar diperoleh dari pajak.

Penyediaan Sekolah Publik
Distrik harus menyediakan sekolah publik untuk semua anak usia sekolah di wilayahnya, baik penduduk tetap maupun penduduk sementara. Penduduk tetap terdiri dari warga negara Amerika dan penduduk tetap tetapi masih warga negara asing (permanent resident) serta imigran resmi. Sedangkan penduduk tidak tetap merupakan warga negara asing yang sementara tinggal di kota tersebut baik untuk sekolah, kuliah dan bekerja. Sekolah harus menerima semua anak yang bertempat tinggal di sekitar sekolah yang ingin masuk sekolah. Bahkan anak yang orang tuanya tidak mempunyai tempat tinggal tetap (menumpang di rumah orang lain atau tinggal di shelter) dan anak imigran tidak resmi tetap boleh bersekolah di sekolah publik.

Kasus 1: Siswa Melebihi Daya Tampung Sekolah
Di sekolah anak saya ada bangunan sementara yang bisa dipindah (modular building) digunakan untuk ruang kelas (mobile classrooms) karena jumlah siswa melebihi daya tampung yang dimiliki sekolah. Ketika pemerintah kota membangun sekolah baru, maka sebagian siswa yang rumahnya lebih dekat ke sekolah tersebut pindah. Kelas sementara pun dipindahkan dari sekolah.

Kasus 2: Daya Tampung Sekolah Berlebih
Setelah ada sekolah baru, maka daya tampung di sekolah anak saya dan sekolah baru pun melebihi dari jumlah siswa yang bersekolah. Sama dengan sekolah saya juga saat itu mempunyai ruang kelas yang sisa atau mempunyai daya tampung yang berlebih.

Private School
Sekolah swasta biasanya berafiliasi atau dibangun dan diselenggarakan oleh komunitas agama tertentu, misalnya komunitas Kristen, Katolik dan Islam. Sekolah swasta bisa menambahkan kurikulum keagamaan atau kekhasan dari komunitasnya. Siswa yang bersekolah di sekolah swasta karena kemauan anak atau orang tua dengan pertimbangan layanan pendidikan agama atau layanan pendidikan lainnya, bukan karena tidak diterima di sekolah publik. Sekolah publik tidak boleh menolak siswa apapun keadaannya.

Homeschool
Dari obrolan dengan beberapa orang tua yang melaksanakan homeschool, mereka memilih homeschool karena ingin anaknya banyak mendapatkan pendidikan agama dan memberi kebebasan dan fleksibilitas anak dalam belajar. Kurikulum dan material homeschool bisa dibeli ke dari penerbit atau lembaga homeschool. Ada beberapa lembaga homeschool yang berafiliasi ke komunitas agama tertentu, tetapi ada juga yang bersifat umum. Orang tua yang menyelenggarakan homeschool harus mendaftar ke distrik dan juga mengikuti penilaian negara bagian. Sebagai catatan, penilaian negara bagian digunakan untuk memetakan mutu pendidikan dalam rangka perbaikan pendidikan.

0 comments:

Posting Komentar