Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Kamis, 15 Februari 2018

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?



Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling baik, mudah ataupun efektif. Sebelum tahun 2000, siswa hanya diajarkan satu cara yang dianggap paling efektif oleh guru untuk menyelesaikan soal Matematika. Siswa memperhatikan guru saat memberi contoh menyelesaikan soal Matematika dengan satu cara di papan tulis dan siswa kemudian menyalinnya di buku tulis. Cara tersebut digunakan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan soal yang lain.

Manfaat Diajarkannya Beberapa Cara untuk Menyelesiakan Soal Matematika
Soal Matematika bisa diselesaikan dengan berbagai cara. Guru yang memaksakan hanya menggunakan satu cara yang dianggap paling baik untuk menyelesaikan soal Matematika akan membuat siswa banyak kehilangan kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan berfikir mereka. Mengajarkan siswa dengan berbagai cara dalam menyelesaikan soal Matematika juga merupakan cara alamiah otak bekerja dalam kehidupan sehari-hari. Ketika berbelanja di toko, maka otak bekerja dengan cepat untuk menghitung harga barang yang harus kita bayar dengan cara memperkirakan, membulatkan, menggandakan ataupun menghitung setengahnya. Dengan mengajari siswa berbagai cara untuk menyelesaikan soal Matematika membantu siswa menuangkan apa yang ada dalam pikirannya di atas kertas. Setiap siswa mempunyai cara yang berbeda-beda dalam memahami dan memecahkan soal Matematika sesuai dengan kemampuan berfikir, pengetahuan sebelumnya, dan pengalaman. Siswa diharapkan mempunyai cara menyelesaikan soal Matematika dengan cara mereka sendiri yang menurut mereka paling efektif sehingga menumbuhkan kepercayaan diri bahwa mereka mampu menyelesaikan soal Matematika. Ketika siswa sudah mengetahui cara mereka sendiri kemudian mereka bisa menggunakannya untuk menyelesaikan soal yang lebih kompleks (digit yang kebih banyak). Dampaknya adalah siswa menjadi lebih semangat dalam belajar Matematika dan terus belajar karena mereka belajar berdasarkan tingkat kemampuan berfikir dan pengetahuan serta pemahaman mereka. 

Apakah Siswa diajari Cara Algoritma?
Algoritma adalah cara singkat untuk menyelesaikan soal Matematika tetapi akan sulit dipahami oleh sebagian siswa karena abstrak. Oleh karena itu sebelum diajarkan cara algoritma, siswa harus mengerti dan memahami bagaimana cara algoritma bekerja. Siswa diajarkan dengan berbagai cara untuk menyelesaikan soal Matematika yang pada dasarnya merupakan runtutan cara yang sesuai dengan tingkat kemampuan berfikir siswa yang pada akhirnya diarahkan menuju pemahaman cara standar algoritma.

Sumber bacaan:

0 comments:

Posting Komentar