Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 04 Februari 2018

Pembelajaran Menulis Ringkasan Teks Non Fiksi di SD Amerika



Membuat ringkasan teks atau bacaan non fiksi merupakan bagian dari kegiatan pelajaran menulis di kelas 4. Kegiatan ini terus dilakukan berkali-kali sampai materi bacaan non fiksi dalam pelajaran Menulis dan Membaca selesai.

Meringkas bacaan non fiksi seperti halnya membuat tulisan non fiksi menggunakan pedoman pertanyaan 5W dan 1H, yaitu what, who, where, when, why, dan how. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembelajaran menulis ringkasan bacaan non fiksi di kelas 4:

Diskusi Bagaimana Membuat Ringkasan (Summarize)
Pembelajaran diawali dengan mengingatkan siswa tentang pedoman dalam menulis bacaan non fiksi yaitu pertanyaan 5W dan 1H, demikian juga dalam membuat ringkasan bacaan non fiksi juga berpedoman hal yang sama.
What are we learning about, apa yang sedang kita pelajari?
Who are we talking about, siapa yang sedang kita bicarakan?
Where is this taking place, di mana tempat terjadinya hal/peristiwa ini?
When is this information happening, kapan terjadinya hal/peristiwa ini?
Why is this happening, mengapa hal/peristiwa ini terjadi atau penting?
How is this happening, bagaimana hal/peristiwa ini terjadi?
Catatan: tidak semua pertanyaan bisa dijawab atau ada dalam bacaan, oleh karena itu hanya pertanyaan yang bisa /ada dalam bacaan yang digunakan.

Diskusi Membuat Ringkasan Cerita Fiksi
Guru menampilkan sebuah teks di board dengan projector. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi membuat peta konsep menggunakan pedoman pertanyaan 5W dan 1H. Guru memberi contoh merangkai peta konsep menjadi kalimat dan paragraf dengan bahasa sendiri menjadi ringkasan bacaan.

Membaca Buku/Bacaan Non Fiksi dan Membuat Peta Konsep
Siswa memilih buku non fiksi yang disukai dari perpustakaan kelas atau bacaan yang disiapkan guru. Kegiatan selanjutnya siswa membaca buku atau bacaan tersebut tanpa bersuara sekitar 10-30 menit sambil membuat peta konsep dengan berpedoman pada pertanyaan 5W dan 1H. Jika belum selesai bisa dilanjutkan pada pembelajaran hari berikutnya.

Peta konsep

Menulis Ringkasan dengan Bahasa Sendiri
Siswa kemudian merangkai pertanyaan dan jawaban dalam peta konsep menjadi kalimat dan paragraf dengan bahasa mereka sendiri.

Mengedit Tulisan
Sebelum tulisan diserahkan kepada guru, siswa mengeditnya baik ejaan kata maupun kalimat. Siswa biasanya menulis ulang tulisan agar lebih rapi.

Membacakan Tulisan di Depan Guru dan atau Menyerahkan ke Guru
Tulisan yang sudah diedit dan atau ditulis ulang kemudian di serahkan kepada guru dan atau siswa diminta membacakan di depan guru bersama 3-5 siswa dalam kelompok kecil. Kemudian guru memberikan masukan, pujian, dan koreksi. Masukan dan koreksi guru bisa dalam hal ejaan kata, kalimat, maupun isi bacaan.

Merevisi Tulisan
Siswa merevisi tulisan berdasarkan masukan dan koreksi dari guru.

Membacakan Tulisan di Depan Kelas
Beberapa siswa secara sukarela atau diundi membacakan tulisannya di depan kelas. Biasanya ada tanya jawab atau diskusi pendapat siswa yang lain jika bacaan yang diringkas sama satu kelas untuk memberi kesempatan siswa lain yang mungkin berbeda pendapat dalam menentukan poin-poin yang dianggap penting dalam sebuah teks.

0 comments:

Posting Komentar