Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 28 Januari 2018

Pembelajaran Menulis Ringkasan Cerita Fiksi di SD Amerika



Seperti yang sudah saya sampaikan pada tulisan-tulisan sebelumnya bahwa mata pelajaran Menulis merupakan salah satu mata pelajaran pokok di SD Amerika selain pelajaran Matematika dan Membaca. Setiap hari ada pembelajaran menulis. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi cerita bagaimana tahapan pembelajaran menulis ringkasan (summary) untuk cerita fiksi di kelas 4. Pembelajaran menulis cerita fiksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

Diskusi Bagaimana Membuat Ringkasan (Summarize)
Pembelajaran diawali dengan curah pikiran bagaimana menurut pendapat siswa cara membuat ringkasan cerita fiksi. Guru memimpin diskusi tersebut dan mencatat poin-poin penting atau kata kunci pendapat siswa. Guru kemudian membantu merangkum poin-poin pendapat siswa disesuaikan dengan teori cara membuat ringkasan cerita fiksi.
Berikut ini adalah poin-poin yang harus ada dalam ringkasan cerita fiksi:
Somebody, who are the main characters? (Siapa tokoh-tokoh utama dalam cerita?)
What, what did the characters want? (Apa yang diinginkan tokoh-tokoh utama?)
But, what problems or obstacles did they face? (Apa masalah atau rintangan yang mereka hadapi?)
So, how did they try to solve their problems? (Bagaimana mereka mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut?)
Then, what was the resolution? How did the story end? (Apa penyelesaian masalah tersebut? Bagaimana cerita berakhir?)
Dalam pembelajaran lain juga pernah disampaikan tentang poin-poin atau unsur-unsur lain dalam membuat ringkasan cerita fiksi, yaitu:
Character, who is in the story? (Tokoh utama, siapa yang ada dalam cerita?)
Setting, where does the story take palce? (Latar, di mana cerita terjadi?)
Problem (masalah yang dihadapi tokoh utama)
Solution (penyelesaian masalah)
Moral of the story (nilai-nilai yang terkandung dalam cerita)

Diskusi Membuat Ringkasan Cerita Fiksi
Guru membacakan sebuah cerita di depan kelas. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi mengidentifikasi poin-poin dalam cerita. Guru memberi contoh merangkai poin-poin cerita menjadi kalimat dan paragraf dengan bahasa sendiri menjadi ringkasan cerita.

Membaca Buku Cerita Fiksi dan Mengidentifikasi Poin-poin Cerita
Siswa memilih buku cerita fiksi yang disukai dari perpustakaan kelas, siswa juga diperbolehkan membawa buku dari rumah. Kegiatan selanjutnya siswa membaca buku tersebut tanpa bersuara sekitar 20 menit sambil mengidentifikasi dan mencatat poin-poin dalam cerita pada buku atau kertas rekat. Jika belum selesai bisa dilanjutkan pembelajaran berikutnya.

Merangkum Poin-poin dalam Cerita
Poin-poin dalam cerita yang sudah diidentifikasi kemudian dirangkum dan ditulis dalam tabel seperti berikut.


Who
What
But
So
Then






Siswa juga diperbolehkan menulis rangkuman poin-poin tidak menggunakan tabel, sesuai dengan kesukaan masing-masing siswa.

Merangkai Poin-poin Cerita Menjadi Kalimat dan Paragraf
Siswa kemudian merangkai poin-poin cerita menjadi kalimat dan paragraf dengan bahasa mereka sendiri.

Mengedit Tulisan
Sebelum ringkasan cerita diserahkan kepada guru, siswa mengedit tulisan baik ejaan kata maupun kalimat. Siswa biasanya menulis ulang tulisan agar lebih rapi.

Membacakan Tulisan di Depan Guru dan atau Menyerahkan ke Guru
Tulisan yang sudah diedit dan atau ditulis ulang kemudian di serahkan kepada guru dan atau siswa diminta membacakan di depan guru bersama 3-5 siswa dalam kelompok kecil. Kemudian guru memberikan masukan, pujian, dan koreksi. Masukan dan koreksi guru bisa dalam hal ejaan kata, kalimat, maupun poin-poin cerita.

Merevisi Tulisan
Siswa merevisi tulisan berdasarkan masukan dan koreksi dari guru.

Membacakan Cerita di Depan Kelas
Beberapa siswa secara sukarela atau diundi membacakan tulisannya di depan kelas.

Kegiatan membuat ringkasan ini terus dilakukan selama pembelajaran Membaca dan Menulis materinya masih tentang cerita fiksi.

Baca juga tulisan tentang: Pembelajaran Menulis Cerita Fiksi di SD Amerika

0 comments:

Posting Komentar