Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Selasa, 26 Desember 2017

Pembelajaran Menulis Cerita Fiksi di SD Amerika


Pembelajaran menulis di SD Amerika merupakan salah satu mata pelajaran pokok selain Matematika dan Membaca. Pengalaman saya mendampingi siswa belajar menulis di kelas ada beberapa hal yang menjadi catatan menarik. Saya mendampingi siswa kelas 4 triwulan pertama dan setengah triwulan kedua (Agustus sampai Desember 2017) ada empat materi menulis, yaitu menulis cerita fiksi, tulisan non fiksi, membuat ringkasan cerita fiksi, dan membuat ringkasan bacaan non fiksi.

Tahapan Menulis Cerita Fiksi
Pembelajaran Bahasa Inggris
Sebelum memulai materi menulis dan juga di sela-sela praktik menulis siswa belajar tentang beberapa materi bahasa Inggris seperti: tanda baca (titik, koma, tanda seru, titik dua, tanda petik), tema cerita, karakter tokoh cerita, latar cerita, alur cerita, dan majas. Pembelajaran bahasa Inggris juga dikaitkan dengan pembelajaran membaca yang dilakukan dengan berbagai metode seperti: menemukan tanda baca di buku cerita kemudian didiskusikan kegunaannya dengan melihat polanya, praktik membuat majas dengan kata-kata yang disiapkan guru, dan mengidentifikasi tema dan latar sebuah cerita. Antara pelajaran membaca, menulis, dan bahasa Inggris merupakan satu kesatuan yang saling terkait. Catatan-catatan materi pembelajaran pada kertas besar di tempel di dinding kelas agar siswa bisa melihat kembali dengan mudah, tentu saja juga siswa diberi kesempatan untuk menulis catatan materi pelajaran. Bahkan siswa juga diminta menuliskan tentang materi pelajaran yang ditemukan saat membaca cerita pada kertas rekat (sticky note) kemudian ditempelkan pada kertas catatan materi pelajaran.

Materi ditempel di dinding kelas
Mencari Ide Cerita
Mencari ide cerita dimulai dari kejadian yang pernah dialami tetapi berkesan bagi siswa, misalnya ada siswa yang mendapatkan ide cerita dari pengalamannya memelihara kucing. Siswa kemudian akan membuat cerita fiksi tentang kucing.

Membuat Perencanaan Cerita
Guru membacakan sebuah cerita kemudian diskusi tentang tokoh, karakter tokoh, latar, dan alur cerita kemudian membuat catatan dan contoh yang berkaitan dengan perencanaan cerita. Siswa kemudian akan membuat rencana ceritanya tentang tokoh cerita, latar cerita, dan alur cerita (prolog, mulai timbul masalah, masalah semakin berkembang, puncak masalah, mencari solusi untuk mengatasi masalah, masalah terselesaikan, epilog).

Menulis Cerita
Guru memeriksa perencanaan cerita yang dibuat siswa, jika perencaan siswa sudah sesuai yang diharapkan kemudian dilanjutkan dengan menulis cerita. Menulis cerita bisa beberapa kali pertemuan dan berbeda-beda waktunya setiap siswa. Sambil menulis siswa menggunakan kamus atau bertanya kepada siswa lain dan atau guru/asisten guru untuk memastikan penulisan kata yang benar. Siswa juga mengedit setiap paragraf yang sudah ditulis, baik tentang pemilihan kata maupun isi cerita.

Mengedit Cerita
Setelah siswa menulis cerita sekitar 2 sampai 5 halaman kemudian tulisan diedit lagi. Jika siswa merasa tulisannya sudah bagus kemudian dibacakan di depan guru dan atau dibaca guru. Guru akan memberi masukan dan catatan baik tentang cerita maupun teknis menulis.

Mempublikasikan Cerita
Tahap selanjutnya adalah mempublikasikan cerita. Mempublikasikan cerita adalah menulis cerita yang dianggap sudah bagus di kertas dengan tulisan rapi dan dikumpulkan untuk dinilai guru sebagai laporan kepada orang tua.

Untuk pembelajaran menulis cerita non fiksi dan membuat ringkasan akan saya tulis dalam tulisan berbeda.

Baca juga tulisan tentang: Mata Pelajaran dan Jadwal Pelajaran SD di Amerika

0 comments:

Posting Komentar