Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Jumat, 29 Desember 2017

Pembelajaran Menulis Teks Non Fiksi di SD Amerika


Pembelajaran menulis teks non fiksi yang dilakukan di kelas 4 yang saya dampingi berkaitan dengan pelajaran social studies (IPS) dengan tema "American Revolution". Sehingga antara pelajaran menulis dan IPS bisa dipadukan/diselaraskan. Tahapan pembelajarannya sebagai berikut:

Materi menulis ditempel di papan
Membaca Teks
Siswa membaca teks yang diberikan guru tentang American Revolution yang terdiri dari beberapa chapter/bagian antara lain: Stamp Act, Townshend Acts, Boston Massacre, Boston Tea Party, The Battle of Lexington, dan The Battle of Saratoga. Membaca teks dilakukan dengan dua cara, yaitu membaca nyaring bergantian beberapa siswa dengan sukarela dan membaca sendiri-sendiri tanpa suara per bagian.

Diskusi Kelas
Setelah selesai membaca per bagian dilanjutkan diskusi kelas tentang apa nama kejadian (what), siapa yang terlibat (who), di mana terjadinya (where), kapan terjadi (when), mengapa peristiwa itu terjadi (why), dan bagaimana kejadiannya dan dampaknya (how) serta apa yang bisa kita pelajari dari peristiwa tersebut.

Mencari dan Membaca Teks Lain
Siswa diberi tugas untuk mencari dan membaca teks lain tentang bagian-bagian American Revolution dari tulisan di internet maupun di buku. Agar siswa fokus pada tema yang dipelajari, guru memberikan alternatif link website yang sebelumnya sudah dicek. Sekolah menyediakan cromebook sebanyak lebih dari jumlah siswa 2 kelas yang bisa dipinjam untuk pembelajaran di kelas. Siswa bisa meminjam buku di perpustakaan kelas maupun perpustakaan sekolah. Siswa mencatat tentang bagian-bagian American Revolution dengan kaidah 5W + 1H menggabungkan dari beberapa tulisan.

Membuat Perencanaan Pembuatan Teks
Siswa diberi tugas membuat teks non fiksi tentang bagian-bagian American Revolution menggunakan bahasa sendiri. Sebelum menulis teks siswa membuat perencanaan penulisan dengan berpedoman pada kaidah 5W + 1H.

Menulis dan Mengedit Teks
Kegiatan selanjutnya adalah menulis teks tentang bagian-bagian Revolusi Amerika. Di sela-sela menulis siswa mengedit teks baik pilihan kata maupun isinya per paragraf.

Membacakan Teks di Depan Guru
Setelah teks selesai, siswa akan membacakannya di depan guru dan atau guru membaca teks siswa satu per satu dalam kelompok kecil. Guru akan memberikan masukan atau koreksi baik dari teknis menulis maupun isi teks.

Mengedit Teks
Tahap selanjutnya adalah mengedit teks berdasarkan masukan dan koreksi dari guru.

Mempublikasikan Teks
Siswa menulis teks dengan tulisan yang rapi dari hasil editan terakhir kemudian diserahkan kepada guru untuk dinilai dan hasilnya dilaporkan kepada orang tua pada saat Parent-Teacher Conferences (semacam rapotan).

Baca juga tulisan tentang: Pembelajaran Menulis Cerita Fiksi di SD Amerika

0 comments:

Posting Komentar