Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 31 Desember 2017

Pembelajaran Matematika Penjumlahan di SD Amerika


Seperti halnya mata pelajaran Menulis dan Membaca, Matematika juga merupakan mata pelajaran pokok di sekolah dasar Amerika. Mendampingi siswa dalam pembelajaran matematika khususnya penjumlahan memberikan pemahaman baru buat saya tentang menghargai perbedaan cara menjawab soal dan memahami tingkat kemampuan berfikir siswa. Hal ini karena setiap siswa mempunyai cara terbaik yang dikuasai untuk menyelesaikan soal penjumlahan disesuaikan dengan kemampuan berfikir siswa. Berikut ini beberapa cara penjumlahan yang saya temui di kelas 4:

Ilustrasi soal: Anto mempunyai 257 buku bacaan, ibunya membelikan buku bacaan bekas sebanyak 114 karena sedang obral. Berapa jumlah semua buku yang dimiliki Anto sekarang?

Cara 1 (Algoritma):

     1   (menyimpan 10)
   257
+114
  371 

Cara 2 (memecah angka):

200 + 100 = 300 (ratusan)
  50 + 10 =   60 (puluhan)
    7 + 4 =   11 (satuan)
300 + 60 + 11 = 371

atau

250 + 110 = 360
7 + 4 =   11
360 + 11 = 371

Cara 3 (penjumlahan vertikal):

  257
+114
     11 (satuan)
     60 (puluan)
 +300 (ratusan)
   371

atau

  257
+114
  300 (ratusan)
    60 (puluhan)
  +11 (satuan)
  371

Cara 4 (garis):

257 + 10 + 10 + 10 +10 +10 +10 +10 +10 + 10 + 10 +10 + 4 = 371

         +10   +10  +10  +10  +10   +10   +10   +10  +10   +10  +10   +4
<----|------|------|------|------|------|------|------|------|------|------|------|-----|---->
     257   267  277   287   297   307  317   327   337   347   357   367 371

atau

257 + 100 + 10 + 4 = 371

         +100               +10   +4
<----|-----------------|------|----|---->
     257                 357   367 371

atau

257 + 4 + 10 + 100 = 371

         +4   +10     +100
<----|-----|--------|--------------|---->
     257 261      271             371

Visualisasi dengan tulisan tangan
Cara 5 (membulatkan angka):

257 + 3      = 260 (ditambah 3)
260 + 100 = 360
360 + 14    = 374
374 - 3       = 371 (hasil dikurangi 3)

Catatan: mohon maaf angka-angka di keterangan garis tidak pas tempatnya, saya sudah berusaha tetapi belum berhasil. Angka-angka sudah pas pada tempatnya sebelum dipublish.

Baca juga tulisan tentang: Pembelajaran Menulis Teks Non Fiksi di SD Amerika

2 komentar:

  1. Wah, lagi-lagi informasi yang menarik, Pak Haryanto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, Bu. maaf hampir satu tahun baru direspon he he

      Hapus