Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 14 Januari 2018

Pembelajaran Matematika Pembagian dengan Sisa di SD Amerika


Pembagian dengan sisa (mathisfun.com)
Pembagian dengan sisa akan menghasilkan jawaban yang berbeda jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari walaupun angkanya sama. Berikut ini beberapa situasi dan cara menyelesaikan soal pembagian dengan sisa yang dipelajari di kelas 4 di sekolah tempat saya bekerja.

Situasi 1 (membagi siswa dalam kendaraan):

Siswa kelas 4 SD Tunas Harapan yang berjumlah 110 akan melakukan trip ke Gunung Purba Nglanggeran, Gunung Kidul. Sekolah akan menyewa beberapa bus untuk mengantar siswa untuk kegiatan ini. Setiap bus yang akan disewa mempunyai 20 tempat duduk. Berapa jumlah bus yang diperlukan?

110 : 20 = ?

110 = 100 + 10
100 : 20 = 5 sisa 10

5 bus bisa membawa 100 siswa, tetapi masih ada 10 siswa yang membutuhkan bus, maka sekolah perlu menyewa 6 bus agar semua siswa bisa berangkat.

Jawaban: jumlah bus yang diperlukan adalah 6.

Catatan: ketika siswa disuruh menjawab soal ini bisa juga muncul berbagai jawaban yang benar dan logis. Misalnya, jumlah bus yang diperlukan 5 karena 10 anak tetap bisa ikut dengan menambah kursi darurat atau berdiri. Mungkin juga ada yang menjawab, jumlah bis yang disewa 5 untuk membawa 100 siswa, sedangkan 10 siswa lainnya naik mobil guru.

Situasi 2 (membagi benda yang tidak sewajarnya dipotong):

Seorang guru ingin menghadiahi pensil dengan jumlah yang sama kepada 20 siswanya. Guru tersebut mempunyai 110 pensil. Berapa jumlah pensil yang diterima setiap siswa?

110 : 20 = 5 sisa 10

Bukan sebuah cara yang wajar memotong pensil sisanya kemudian diberikan kepada siswa, maka guru bisa menyimpan 10 pensil tersebut.

Jawaban: setiap siswa mendapatkan 5 pensil.

Situasi 3 (membagi uang):

Pada sebuah kegiatan market day di SD Sinar Bangsa, kelas 4 yang berjumlah 20 siswa berhasil menjual sejumlah barang dagangan mereka dan mendapatkan keuntungan Rp 110.000,00. Mereka ingin membagi keuntungan dengan jumlah yang sama. Berapa jumlah uang yang didapat setiap siswa?

110.000 : 20 = 5.000 sisa 10.000

Uang bisa dibagi menjadi nilai yang lebih kecil. Sisa Rp 10.000,00 bisa dibagi 20 menjadi Rp 500,00 sehingga setiap siswa mendapatkan Rp 5.500,00.

Jawaban: setiap siswa mendapatkan Rp 5.500,00.

Catatan: uang $110 cukup besar nilainya sehingga bisa dijadikan contoh soal dengan angka yang sama dengan soal-soal lainnya, tetapi Rp 110 terlalu kecil nilainya dan tidak masuk akal dijadikan contoh untuk perhitungan jumlah uang dalam kegiatan nyata sehari-hari.

Situasi 4 (membagi benda yang wajar dipotong):

Pada kegiatan kerja bakti sekolah setiap kelas mendapatkan 110 bungkus roti sebagai snack termasuk kelas 4 yang berjumlah 20 siswa. Berapa jumlah roti yang diterima setiap siswa?

110 : 20 = 5 sisa 10

Setiap siswa mendapatkan 5 bungkus roti. Kemudian 10 bungkus roti sisanya masing-masing bisa dibagi menjadi dua bagian. Sehingga setiap siswa mendapatkan tambahan setengah bagian roti.

Jawaban: setiap siswa mendapatkan 5 1/2 bungkus roti.

Catatan: ada kemungkinan jawaban siswa yang lain, misalnya sisa 10 bungkus roti diberikan kepada guru atau kelas lain yang jumlah siswanya lebih banyak. Setiap jawaban siswa yang masuk akal (mereka bisa menjelaskan alasannya) adalah benar.

Baca juga tulisan tentang: Pembelajaran Matematika Pembagian di SD Amerika

0 comments:

Posting Komentar