Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Jumat, 16 November 2018

Pengembangan Profesional Guru di Amerika


hallr.com
Pengembangan profesional (professional development/PD) untuk guru dan staff sekolah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di sekolah Amerika baik oleh district maupun sekolah. Berikut ini secara singkat penjelasannya berdasarkan pengalaman saya.

Kapan pengembangan profesional guru dilakukan?
Setiap district mempunyai cara dan waktu PD yang berbeda-beda. Sebagai contoh di sekolah saya PD dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 8.00-8.30 pagi dan setiap bulan pada hari Jumat pertama. Jika hari Jumat merupakan hari libur, maka diganti hari Seninnya. Saat pelaksanaan PD bulanan siswa diliburkan. Contoh lainnya di sekolah anak saya, PD dilakukan setiap minggu pada hari Rabu siang. Setiap hari rabu siswa pulang awal pukul 12.00 karena untuk PD guru dan staff sekolah.


Agenda PD mingguan (klik gambar untuk membaca)
Apa saja jenis-jenis pengembangan profesional guru?
Ada beberapa jenis PD, yaitu PD yang diselenggarakan oleh district, sekolah, AEA, dan mandiri. PD yang diselenggarakan oleh district biasanya dilakukan bersama-sama dengan guru-guru dari sekolah lain, tergantung materinya. Jika materinya umum untuk semua guru dan atau staff sekolah biasanya dilakukan di auditorium high school yang bisa menampung ratusan sampai ribuan orang. Biasanya untuk materi umum dalam bentuk ceramah dan dialog. Jika materinya khusus dengan peserta bawah seratus orang, biasanya dilakukan di salah satu sekolah. Materi khusus biasanya dengan metode workshop atau pelatihan skill tertentu.
PD yang diselenggarakan oleh sekolah ada dua macam, yaitu umum (untuk semua guru dan staff sekolah) dan khusus (sesuai bidang). PD khusus sesuai bidang misalnya guru kelas, guru special, dan instructional support (asisten guru). Bisa juga dibagi berdasarkan mata pelajaran, misalnya Matematika, Menulis dan Membaca.
PD yang diselenggarakan oleh Area Education Agency (AEA) biasanya untuk skill tertentu dan berbentuk training di kelas maupun online. AEA adalah lembaga semacam LPMP yang membantu sekolah baik negeri maupun swasta untuk pengembangan professional guru dan staff sekolah. Ada training yang wajib diikuti oleh guru dan staff sekolah, ada juga training yang sifatnya sukarela. Ada training yang berlisensi, ada juga training yang hanya mendapatkan sertifikat. Ada training yang dibiayai district (gratis bagi guru dan staf sekolah, biasanya training wajib) dan berbayar (biasanya training berlisensi).
PD mandiri bersifat sukarela yang mana guru bisa mengikuti training atau pelatihan yang diselenggarakan oleh AEA, asosiasi guru, asosiasi profesional, atau instansi lain. Setiap guru mempunyai rencana pengembangan profesional setiap tahun.

Agenda PD bulanan (klik gambar untuk membaca)
Siapa narasumber pengembangan profesional guru?
Narasumber PD antara lain kepala sekolah, teacher leader (wakil kepala sekolah), instructional coach (guru pelatih) dan narasumber dari luar (AEA, dosen, motivator, praktisi/ahli dari instansi lain dan praktisi/ahli dari district lain yang sukses). Guru pelatih biasanya guru senior dan atau berprestasi yang telah mengikuti pelatihan khusus dan atau telah menyelesaikan jenjang S2 atau S3. Guru pelatih bertugas untuk membantu dan membimbing guru kelas, guru spesial, guru special education dan asisten guru. Jenis-jenis guru pelatih sesuai bidang pelajaran dan atau kerja, yaitu antara lain Matematika, Literasi, Special Education, Behavior dan Instructional Support.


PD ceramah umum dan diskusi
Apa bentuk kegiatan pengembangan profesional guru?
Bentuk kegiatan PD disesuaikan dengan waktu dan tujuan. PD mingguan biasanya dilakukan briefing singkat dan diskusi/brainstorming untuk evaluasi dan penjelasan kegiatan atau hal baru. Sedangkan PD bulanan biasanya berupa training, review training yang sudah pernah dilakukan, workshop, diskusi dan ceramah umum.

0 comments:

Posting Komentar