Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Sabtu, 10 November 2018

Pemilu di Amerika Serikat


Tanggal 6 Nopember 2018 yang lalu telah dilaksanakan pemilu serentak di seluruh negara bagian di Amerika. Pemilu kali ini disebut pemilu antara atau sela (midterm election) karena di tengah antara pemilu presiden sebelumnya (2016) dan yang akan datang (2020), khususnya untuk pemilu kongres (midterm congressional election). Sedangkan untuk pemilu negara bagian (state) dan lokal (county dan city) dilaksanakan setiap tahun. County merupakan wilayah yang meliputi beberapa city, mungkin setingkat kabupaten di Indonesia. Sedangkan city merupakan wilayah terkecil yang setara dengan kecamatan di Indonesia. Tidak ada lagi unsur pemerintahan di bawah pemerintah city. Sebagian besar urusan dasar penduduk di bawah layanan pemerintah city.

Saya berkesempatan melihat salah satu proses pemilu di sebuah vote/polling place, semacam tempat pemungutan suara (TPS) di kota Cedar Falls, Iowa. Sebelum menjemput anak saya yang kecil dari sekolah pre school-nya, saya mencoba melihat-lihat proses pemungutan suara. TPS yang saya kunjungi berada di sebuah gereja. Penunjuk TPS terlihat dipasang di tempat parkir.


Petunjuk TPS
Kemudian saya masuk ke ruang lobi membaca pengumuman-pengumuman berkaitan dengan pemilu. Berikut adalah foto-foto pengumuman tentang pemilu:

Tidak boleh diskusi tentang politik di TPS
Contoh surat suara 1
Contoh surat suara 2
Pemilih harus membawa KTP/SIM untuk bisa memilih di TPS
Penjelasan tentang hak pemilih
Pernyataan tentang pemilih yang berhak memilih
Catatan bagi pemilih yang pernah dipenjara

Catatan: mohon maaf foto-foto kualitasnya tidak bagus karena menggunakan kamera handpone murah (BLU Dash)
Selanjutnya saya memasuki ruang TPS. Saya memperkenalkan diri kepada seorang petugas atau panitia pemungutan suara (PPS) bahwa saya berasal dari Indonesia dan bertanya apakah boleh melihat proses pemilihan suara. Beliau bilang boleh dan mempersilakan untuk berdiri di pojok ruangan agar tidak menghalangi antrian pemilih. Tidak lama kemudian seorang petugas (kemungkinan ketua panitia) menghampiri saya. Beliau kemudian memperkenalkan diri dan menanyakan keperluan saya. Singkat cerita saya memperkenalkan diri dan sedikit tanya jawab mengapa saya tinggal di sini dan aktivitas saya. Beliau selanjutnya menjelaskan tentang pemilu dan proses pemilu di Amerika khususnya di Iowa. Saya pun antusias mendengarkan penjelasan beliau dan beberapa kali mengajukan pertanyaan. Diakhir perbincangan saya mengucapkan banyak terima kasih atas penjelasan dan diperkenankan melihat serta mengambil foto proses pemungutan suara. Beliau pun mengapresiasi keingintahuan saya tentang pemilu di Amerika. Berikut adalah rangkuman hasil tanya jawab, mengamati sekitar, membaca buku dan artikel di internet.

Kapan pemilu di Amerika dilaksanakan?
Pemilu dilaksanakan setiap tahun pada hari Selasa minggu kedua bulan Nopember. Setiap penduduk sudah mengetahui tentang jadwal pemilu.

Bagaimana bentuk undangan atau pemberitahuan tentang pemilu?
Tidak ada undangan secara pribadi kepada pemilih. Pengumuman tentang pemilu melalui media massa baik cetak maupun elektronik termasuk internet.

Siapa yang dipilih dalam Pemilu?
Pemilu setiap tahun berbeda-beda yang dipilih. Untuk tahun ini untuk memilih perwakilan lokal tingkat county (semacam kabupaten), gubernur negara bagian, sekretaris negara bagian dan anggota kongres. Pada pemilu tahun sebelumnya (2017) salah satunya memilih mayor. Mayor adalah kepala daerah sebuah city. Sedangkan pada pemilu 2016 salah satunya memilih presiden.

Bagaimana calon pemilih mendaftar sebagai pemilih?
Ada tiga cara mendaftarkan diri sebagai pemilih, yaitu mendaftar online, mendaftar di kantor district court (semacam kantor KPUD) dan mendaftar di TPS pada waktu hari pemungutan suara.

Bagaimana jika pemilih berpindah tempat tinggal?
Jika pemilih sudah mendaftarkan diri (registered) berpindah tempat tinggal tetapi masih dalam satu negara bagian tidak ada masalah, hanya perlu membawa ID card (semacam KTP atau SIM) ke TPS terdekat dengan rumahnya. Data pemilih sudah tersimpan di laptop panitia secara online. Jika pemilih pindah ke negara bagian lain harus mendaftarkan ke KPUD.

Pukul berapa waktu pemungutan suara?
Pemungutan suara dimulai pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore. Pemungutan suara dimulai pagi dan ditutup sore karena untuk memberi kesempatan kepada pemiih yang bekerja bisa memilih sebelum atau sesudah kerja. Hari pemilu merupakan hari kerja biasa, bukan hari libur (tidak diliburkan).

Bagaimana proses pemungutan suara?
Pemilih atau calon pemilih (jika belum mendaftar) membawa ID card ke TPS di sekitar rumahnya. Petugas melakukan scan ID card untuk mengecek data pemilih. Selanjutnya petugas di meja lain akan memberikan surat suara. Pemilih melakukan pemilihan atau pencoblosan di bilik suara. Kemudian pemilih meletakkan surat suara di scanner besar. Jika ada data yang salah atau memilih tidak sesuai ketentuan diberi kesempatan sampai 3 kali untuk memperbaiki. Ada ketentuan yang hanya boleh memilih satu calon yang dipilih dan ada juga yang boleh memilih lebih dari satu calon yang dipilih.

Suasana TPS
Bilik pemungutan suara
Apakah ada saksi saat pemungutan suara?
Setiap partai peserta pemilu biasanya mengutus saksi yang mengawasi jalannya pemungutan suara di setiap TPS.

Partai apa saja yang ikut pemilu?
Ada dua partai besar peserta pemilu, yaitu Partai Republik dan Partai Demokrat. Ada juga partai kecil yang juga merupakan peserta pemilu, yaitu Partai Hijau (Green Party) dan Libertarian Party.

Apakah ada cara lain untuk melakukan pemungutan suara?
Cara pemungutan suara yang lain disebut absentee ballot yang mana pemilih memilih untuk melakukan pemungutan suara di rumah. Panitia pemilihan akan mengirim surat suara ke rumah dan setelah pemilih menentukan pilihannya kemudian surat suara dikirim ke district court melalui pos. Absentee ballot dilaksanakan beberapa minggu sebelum pemungutan suara di TPS.

Apakah cara pemungutan suara sama setiap state?
Setiap state mempunyai cara pemungutan suara sendiri-sendiri yang mungkin sama atau berbeda dari state-state lain. Bahkan ada 3 state, yaitu Washington (bukan Washington DC), Colorado dan Oregon memakai sistem absentee ballot atau mail voting.

Bagaimana cara kampanye?
Kampanye dilaksanakan dengan berbagai cara antara lain, yaitu diskusi/dialog/kampanye di ruang tertutup (termasuk di kampus/universitas), memasang plakat di halaman rumah relawan atau simpatisan dan memasang iklan di media massa cetak dan elektronik termasuk media sosial.

Plakat calon perwakilan di negara bagian Iowa
Plakat kampanye di depan rumah simpatisan atau relawan
Untuk informasi lebih lanjut tentang pemilu Amerika bisa baca di sini.

0 comments:

Posting Komentar