Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Sabtu, 21 Oktober 2017

Asisten Guru di Amerika


Paraeducator (facebook.com)
Asisten guru di Amerika sering disebut paraeducator, paraprofessional, instructional support, instructional aide, atau teacher assistant. Hampir semua sekolah di Amerika memiliki asisten guru karena semua sekolah publik merupakan sekolah inklusi. Sekolah harus memberikan layanan pendidikan kepada semua siswa berdasarkan kebutuhan dan potensinya. Setiap sekolah yang mempunyai anak berkebutuhan khusus baik dalam bidang akademik, sosial, maupun behavior harus membuat layanan khusus dalam bentuk IEP (individualized education program) dan asisten guru untuk membantu guru kelas dan guru special needs dalam pemberian layanan.

Tugas Asisten Guru
Asisten guru bertugas atas perintah dan dalam pengawasan guru kelas (general classroom teacher) dan special needs teacher. Asisten guru bertugas membantu siswa yang memerlukan bantuan dalam bidang akademik, sosial, dan behavior baik khusus satu siswa maupun beberapa siswa serta tugas lain yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dan sekolah. Dalam pelaksanaannya walaupun asisten guru ditugaskan untuk mendampingi satu atau beberapa siswa ABK, asisten guru juga harus membantu siswa lain yang membutuhkan. Dalam bidang akademik asisten guru membantu siswa yang kesulitan dalam pelajaran seperti membantu menjelaskan kembali dengan bahasa yang lebih mudah, menggunakan metode atau media lain, dan membantu dalam pengerjaan tugas. Asisten guru membantu siswa ABK untuk bersosialisai dengan siswa lain, misalnya membantu mencarikan siswa bermain saat recess atau membantu supaya aktif dalam kegiatan kelompok. Sedangkan ketika ABK atau siswa lain mengalamai masalah behavior seperti marah dengan berteriak-teriak atau mencoba menyakiti orang lain, asisten guru membantu supaya calm down dengan mengajak berdialog dengan bahasa yang baik. Bila siswa tersebut tidak bisa dikendalikan, maka kami membawa ke ruang intervention. Jika siswa bisa pergi ke ruang intervention tanpa dipaksa, maka itu lebih baik karena memang anak diajarkan untuk pergi ke ruang intervention jika merasa tidak bisa mengendalikan diri. Tetapi jika siswa benar-benar membahayakan orang lain, maka asisten guru harus membawanya dengan cara restraint. Restraint adalah cara untuk mengendalikan siswa dengan memegang kedua tangan siswa dari belakang kemudian disilangkan. Cara ini untuk aman untuk siswa dan staff. Asisten guru dilatih khusus untuk mengatasi anak yang seperti ini. Behavior Intervention Specialist bertugas untuk membantu siswa yang tidak bisa dikendalikan oleh asisten guru agar calm down dan siap kembali mengikuti pelajaran di kelas.

Syarat untuk Menjadi Asisten Guru
Untuk menjadi asisten guru minimal harus lulus high school, tetapi diutamakan telah lulus program 2 tahun dari college bidang pendidikan (semacam D2). Saya sendiri memberanikan diri untuk mendaftar karena saya punya ijazah bachelor pendidikan di Indonesia (S1) dan pengalaman mengajar di SD selama 12 tahun serta pengalaman melayani ABK selama 9 tahun di Indonesia. Saya juga sebelumnya pernah menjadi asisten guru childcare dan menangani ABK selama 4 bulan di sini.

Proses Pendaftaran dan Seleksi
Untuk menjadi asisten guru saya mendaftar online di website Waterloo Community School District (WCSD) dan mengisi form. Setelah selesai mengisi form, saya diminta untuk memilih sekolah yang ada lowongan asisten guru. Selanjutnya kepala sekolah akan menelpon untuk memberitahu jadwal wawancara jika kandidat dianggap sesuai kriteria sekolah. Tahap selanjutnya adalah wawancara. Saya sudah sampai tahap wawancara sebanyak 4 kali di sekolah yang berbeda di distrik Waterloo dan Cedar Falls. Alhamdulillah, pada wawancara keempat saya dinyatakan diterima oleh kepala sekolah, tetapi status saya adalah pegawai WCSD.

Kelanjutan Karir
Asisten guru yang mempuyai ijazah program 2 tahun bidang pendidikan dari college atau di atasnya bisa menjadi guru kelas atau special needs teacher dengan melanjutkan studi di universitas baik secara mandiri maupun difasilitasi WCSD.

0 comments:

Posting Komentar