Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Jumat, 13 Oktober 2017

Menjadi Asisten Guru Sekolah Dasar di Amerika


New Employee

Saya adalah pegawai baru di Waterloo Community School District (WSCD), Iowa, Amerika Serikat. Posisi saya adalah Special Needs Paraeducator atau Paraprofessional atau Instructional Support atau Teacher Assistant (setiap state atau bahkan district mempunyai istilah yang berbeda-beda) di public school, Becker Elementary School. Saya akan sharing tentang kegiatan dan program di sekolah saya dengan harapan semoga bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman guru di Indonesia. Saya tidak bermaksud menganggap sekolah di sini lebih bagus, tetapi mungkin ada hal-hal baik yang bisa kita tiru. Tentu saja setiap negara mempunyai sistem pendidikan sendiri-sendiri yang mungkin ada persamaan dan perbedaan satu dengan yang lain tergantung fokus, keadaan masyarakat, dan sumber daya yang dimiliki.

Berikut ini adalah kegiatan saya selama 3 hari sebelum tahun ajaran baru 2017/2018 dimulai:

Professional Development
Semua staff Becker Elementary School, Waterloo, Iowa, Amerika Serikat masuk pertama ke sekolah pada hari Senin, 21 Agustus 2017. Selama 3 hari mulai Senin sampai Rabu adalah jadwalnya professional development, semacam persiapan menjelang tahun ajaran baru yang akan dimulai hari Kamis, 24 Agustus 2017 setelah libur summer break selama kurang lebih 2,5 bulan. Adapun kegiatan selama professional development adalah sebagai berikut:

Senin, 21 Agustus 2017
Setelah sampai di sekolah saya disuruh kepala sekolah untuk menuju ruang Special Needs (SN) Resource dan menemui supervisor saya yang merupakan Special Needs Teacher, Ms. Rachel. Karena special needs teacher kelas 4 juga pegawai baru, kami didampingi special needs teacher kelas 5, Ms. Melissa. Kami bertiga menempati room 307. Ms. Melissa membantu saya menjelaskan tentang jobs dan ruangan-ruangan yang akan kami gunakan selama bekerja. Seperti suasana di Indonesia, setiap bertemu dengan staff lain selalu mengucapkan "Good Morning!" dan menanyakan keadaan "How are you?" dan memperkenalkan diri walaupun sangat sulit untuk mengucapkan kembali nama-nama mereka, apalagi menghafalkan. Hal yang berkesan adalah beberapa staff dengan penuh kehangatan mencoba membangun hubungan yang lebih erat dengan mencoba melafalkan nama saya berkali-kali agar sesuai pelafalan dalam bahasa Indonesia. Mereka juga mengenali saya sebagai "mantan" guru di Indonesia yang katanya mereka tahu dari kepala sekolah.
Kegiatan berikutnya adalah menghadiri Opening Day Celebration di West High School. Seluruh staff Becker naik school bus berwarna kuning menuju West. Seperti halnya ketika kita di Indonesia saat bersama teman-teman guru dan karyawan dalam satu bus, setelah saling menyapa mereka terlibat sibuk dalam percakapan yang riuh sampai dalam ruangan auditorium West tempat acara. Setelah emcee memulai acara, ruangan auditorium pun menjadi hening. Acara ini merupakan semacam apresiasi dan membangkitkan semangat kepada semua staff untuk menghadapi tahun ajaran baru. Acaranya antara lain, pertama memperkenalkan guru dan staf lain yang berprestasi di tahun ajaran kemarin, staf yang telah menyelesaikan studi master, dan staf yang telah memberikan pelayanan lebih dari 10 tahun. Kedua, testimoni dari beberapa staf tentang pengalaman mereka bekerja di WCSD. Ketiga, penampilan beberapa siswa yang mengikuti kegiatan Writing Project. Keempat, penghargaan kepada donatur yang membantu pendanaan di WCSD. Perlu diketahui bahwa sekolah publik di sini bukan lembaga milik pemerintah tetapi mendapatkan dana dari pemerintah city, state, dan federal (dana berasal dari pajak) dan bantuan masyarakat dan atau lembaga swasta lainnya. Kelima, penanyangan video dari setiap sekolah tentang "Why Waterloo School?". Keenam, pemaparan superintendent (semacam pengawas sekolah) tentang program-program ke depan dan keberhasilan WSCD di tahun ajaran sebelumnya.
Setelah acara Opening Day Celebration selesai kami kembali ke Becker. Kami diberi waktu istirahat selama 30 menit. Kemudian acara dilanjutkan dengan foto bersama seluruh staff Becker dan dilanjutkan staff meeting. Dalam acara staff meeting diisi perkenalan staf baru yang dikemas dengan game (lead teacher menampilkan profil staf baru, kemudian staf yang lain diminta menebak mana bagian yang bukan merupakan profil staff tersebut), penyampaian visi misi sekolah oleh kepala sekolah, penyampaian tentang teknis kegiatan di tahun ajaran baru oleh beberapa koordinator staf/kegiatan, dan dilanjutkan tanya jawab teknis kegiatan.

Selasa, 22 Agustus 2017
Agenda hari ini adalah masing-masing staf mengerjakan persiapan sendiri-sendiri atau per kelas/bidang. Guru-guru menghias kelas, menempelkan nama-nama siswa di meja dan loker, dan persiapan lainnya. Setiap tahun ajaran baru siswa diacak kembali sehingga teman-teman sekelasnya banyak yang baru. Setiap anak mempunyai loker sendiri-sendiri untuk menyimpan barang-barangnya. Saya diminta membantu secretaris sekolah, Ms. Barb untuk menempatkan surat-surat dan kiriman paket staf di mailbox-nya masing-masing, menghitung folder setiap kelas untuk tempat PR atau pengumuman/edaran yang dibawa siswa pulang, dan mengitung striker ucapan ulang tahun untuk setiap kelas, kemudian saya inisiatif untuk membagikan ke beberapa guru yang belum mengambil folder dan stiker.
Kegiatan kami selanjutnya adalah students support meeting pada jam 10. Students support terdiri dari paraeducator (asisten guru) dan behavior intervention specialist (BIS). Lead teacher (semacam wakil kepala sekolah yang khusus menangani kegiatan siswa di luar kelas) menyampaikan tentang tugas dan jadwal kami di luar kelas, yaitu supervision di hallway, cafeteria (saat makan siang), playground (saat istirahat), dan cara membuat laporan di sistem komputer jika terjadi major injury saat kami bertugas.
Siangnya saya diundang ke kantor WSCD untuk mengikuti orientasi pegawai baru. Sesampainya di kantor saya diminta foto untuk ID card. Kemudian kami (sekitar 10 pegawai baru) mendapatkan penjelasan tentang hal-hal yang harus dilakukan (mengaktivasi email khusus pegawai, menggunakan AESOP jika akan tidak masuk kerja, periksa fisik ke dokter, drug test di laboratorium, penggunaan ID card) dan diminta mengisi berbagai form (pajak, background check, data data bank untuk tranfer gaji). Saya juga diminta fotokopi ijazah, transkrip nilai, paspor, social security number (SSN), dan working permit. Setelah selesai kegiatan orientasi kami diberi ID card. Selanjutnya adalah penjelasanan tentang benefit yang akan diterima sebagai pegawai WCSD, yaitu antara lain asuransi kesehatan, asuransi gigi, dana pensiun, asuransi jiwa, dan berbagai jenis asuransi lain yang bisa diikuti secara pribadi.

Rabu, 23 Agustus 2017
Kegiatan hari ketiga di pagi hari saya diminta membantu menata buku dan cromebook di perpustakaan. Perpustakaan dan laboratorium komputer mempunyai ruang masing-masing tetapi dalam pengelolaannya dipimpin oleh guru media sekaligus pegawai perpustakaan.
Di siang hari adalah pertemuan kembali seluruh staf untuk persiapan hari pertama masuk sekolah. Kepala sekolah memberikan motivasi kepada seluruh staf untuk bekerja sebagai teamwork untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Lead teacher menyampaikan kembali tentang teknis kegiatan lunch dan recess. Acara dilanjutkan dengan diskusi hal-hal teknis yang perlu diperjelas.
Setelah staff meeting selesai seluruh staf kembali ke ruang masing-masing untuk melanjutkan pekerjaan.

Disambut dengan Coklat 
Minggu pertama bekerja di Becker terasa mulai akrab dengan teman-teman baru. Sekolah dan guru special needs memberi coklat dan ucapan selamat datang di Becker. Bahasa Inggris saya sebenarnya belum bagus, tapi kepala sekolah dan teman-teman guru dan staf lain bisa memahami dan mencoba membantu jika saya kesulitan saat memberikan penjelasan.


Ucapan selamat datang kepada staf baru

Dana Sosial
Seperti budaya di Indonesia, di sini juga ada semacam dana sosial. Setiap staf membayar dana sosial per tahun. Koordinator kegiatan sosial juga memberi coklat sebagai ucapan terima kasih telah membayar dana sosial. Dana sosial digunakan untuk memberi buah tangan (gift) untuk staf yang menikah, ulang tahun, dan melahirkan. Staf atau keluarga yang sakit dan atau operasi di rumah sakit diberi bunga. Keluarga staf yang meninggal diberi ucapan belasungkawa.

Coklat selamat datang dan terima kasih

0 comments:

Posting Komentar