Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Rabu, 20 Februari 2013

Media Online yang Praktis, Valid dan Bermanfaat


strategi.id
Perkembangan teknologi informasi khususnya internet di Indonesia begitu pesat. Tidak hanya di kota-kota saja, bahkan internet telah bisa dinikmati sampai di pelosok-pelosok desa. Indonesia sekarang menempati posisi ketiga terbesar pengguna internet setelah Amerika dan Cina.

Perkembangan internet yang pesat juga diikuti perkembangan media online. Karena kecenderungan masyarakat yang ingin praktis dan cepatdalam mendapatkan berita serta bisa berinteraksi dengan media, maka perkembangan media online pun juga berkembang dengan cepat. Media online kini telah menggeser peran media cetak.

Sekarang ini telah banyak media online yang ada di Indonesia, yaitu antara lain kompas.com, okezone.com, detik.com, tempointeraktif.com, vivanews.com, batamtoday.com, metrotv.com, dan liputan6.com. Hal yang menarik adalah beberapa media cetak dan televisi juga membuat media online seperti pada beberapa contoh tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa media konvensional seperti media cetak dan televisi tidak mau ditinggalkan masyarakat sehingga mereka harus mengikuti tren masyarakat yang lebih menyukai media online.
Ada beberapa karakteristik media online yang menyebabkan masyarakat lebih menyukainya, yaitu antara lain:
Real time, informasi yang tersedia merupakan informasi terbaru, bahkan kejadian yang sedang berlangsung pun sudah bisa disampaikan.
Multimedia capability, informasi yang disajikan bisa perpaduan teks, suara, gambar, dan video sehingga pembaca mudah memahami informasi.
Audience control, pembaca bisa memilih informasi apa saja yang diinginkan.Dalam sebuah media online biasanya ada beberapa rubrik, misalnya berita, olahraga, otomotif, pendidikan, kesehatan, dan forum.
Nonlienarity, informasi yang disampaikan berdiri sendiri, pembaca tidak harus membaca informasi sebelumnya atau beberapa informasi secara berurutan agar bisa memahaminya.
Duplication, informasi dapat dengan mudah digandakan (misalnya dikirim ke teman atau forum melalui email, facebook, twitter, dan di-copy kemudian di-upload ke web blog) sehingga proses penyabaran informasi lebih cepat dan mudah.
Retrievability, informasi yang tersimpan sebelumnya bisa diakses dengan mudah karena media online mempunyai basis data yang memadai.
Unlimited space, informasi yang disampaikan dapat lebih banyak dan lengkap karena tidak ada batasan jumlah teks atau halaman dan ruang penyimpanan.
Permanence, informasi yang disimpan lebih tahan lama karena media penyimpanannya dalam bentuk digital.
Interactivity, pembaca bisa memberikan umpan balik berupa pendapat atau komentar terhadap suatu informasi yang disampaikan.
Mobile, informasi bisa diakses di mana dan kapan saja melalui piranti yang portable, misalnya netbook, PC tablet, dan handphone.
Free, informasi yang diakses gratis, tidak ada biaya berlangganan.

Dengan banyaknya keuntungan dan kemudahannya, ke depan media online akan menjadi sumber informasi utama masyarakat. Oleh karena itu kevalidan dan kemanfaatan informasi merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Apalagi media saat ini masih merupakan institusi yang paling dapat dipercaya masyarakat dalam penyampaian informasi yang benar.
Dengan kepraktisan, kevalidan, dan kemanfaatan informasi bagi pembaca, maka media online akan tetap eksis dan diperlukan masyarakat.

Referensi
http://aditianurulhuda.blogspot.com
http://yo2kq.multiply.com

0 comments:

Posting Komentar