Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Sabtu, 17 Agustus 2013

Energi Alternatif adalah Solusinya


kompasiana.com
Bahan bakar minyak (BBM) sebagai salah satu sumber energi utama untuk pembangkit listrik suatu saat akan habis. BBM merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yang bila manusia terus mengkonsumsinya maka suatu saat tidak lagi dapat ditambang. Celakanya banyak dari masyarakat kita yang boros dalam menggunakan listrik, sehingga akan mempercepat habisnya BBM.

Kita tentu tidak ingin mengalami keadaan tanpa listrik, malam yang gelap gulita, pabrik-pabrik tidak berproduksi, tidak bisa melihat TV, tidak bisa bekerja dengan bantuan komputer, dan keadaan sulit lainnya. Oleh karena itu mencari dan memanfaatkan sumber energi alternatif adalah suatu keharusan saat ini.

Sebenarnya energi alternatif banyak terdapat di sekitar kita yang keberadaannya tidak akan habis, bahkan mungkin kita tidak sadar karena dianggap sudah biasa. Contoh energi alternatif adalah sinar matahari, angin, tumbuhan jarak, tumbuhan singkong, minyak kelapa sawit, gas bumi, nuklir, kotoran hewan, ombak laut, dan air terjun.

Energi alternatif tersebut sebagian sudah dimanfaatkan, baik di Indonesia maupun di luar negeri, namun masih dalam skala kecil belum menyeluruh. Misalnya saja pemanfaatan sinar matahari dengan solar cell-nya untuk sumber listrik di daerah terpencil, angin untuk sumber energi aero generator, tumbuhan singkong dan minyak sawit dijadikan bahan bakar pengganti BBM, kotoran hewan dimanfaatkan untuk sumber energi lampu, gas bumi untuk sumber energi pembangkit listrik, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan energi alternatif banyak keuntungannya, yaitu antara lain energi yang dihasilkan besar, tidak akan habis, tidak menimbulkan polusi. Hal yang menjadi masalah besar dalam pemanfaatannya adalah biaya yang besar dan teknologinya yang mahal, baik dalam biaya maupun SDM-nya.

Sudah saatnya pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat untuk ambil bagian dalam memanfaatkan dan mengembangkan sumber energi alternatif supaya kita terhindar dari krisis energi.

0 comments:

Posting Komentar