Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Selasa, 22 Januari 2019

Cara Belajar dan Tips untuk Persiapan Tes TOEFL iBT-Reading Section


Materi ini saya terjemahkan dari kursus online TOEFL® Test Preparation: The Insider’s Guide di edX tanpa mengubah isi, hanya saja tidak menyertakan quiz per pokok bahasan dan latihan tes reading. Saya sudah konfirmasi ke edX agar diperbolehkan menerjemahkan dan menaruh kursus ini di blog. Kursus tersebut bisa akses gratis. Silakan klik link di atas untuk mendaftar. Semoga bermanfaat.


Tantangan Reading: Reading and You



Bagian-bagian Academic Reading



Tentang Reading Section

Bagian pertama dari tes TOEFL iBT® adalah Reading section.
Bagian ini menggunakan bacaan-bacaan dari buku teks universitas. Bacaan-bacaan tersebut mungkin telah sedikit diubah agar sesuai dengan tujuan tes, tetapi merupakan asli materi akademik.
Topik-topik dari bacaan reading bisa bervariasi, tetapi kamu tidak butuh pengetahuan tentang topik tertentu lebih dahulu. Semua hal yang dibutuhkan untuk menjawab soal ada dalam bacaan, karena pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris, bukan pengetahuan tentang topik tertentu.
Ada 3 atau 4 bacaan reading yang terdapat sekitar 700 kata setiap bacaan. Setiap bacaan terdapat 12 sampai 14 pertanyaan pilihan ganda. Kamu bisa melihat bacaan ketika sedang mengerjakan soal. 
Sebagian besar pertanyaan mempunyai empat pilihan jawaban dan satu jawaban benar. Beberapa pertanyaan menyuruh kamu memilih dua jawaban benar dari beberapa pilihan jawaban. 
Kamu mempunyai 60 sampai 80 menit untuk menyelesaikan Reading section. Selama waktu tes, kamu bisa melihat kembali ke pertanyaan sebelumnya untuk meneliti dan mengganti jawaban. 
Kamu akan belajar lebih detil tentang Reading section melalui beberapa seri video tentang tipe-tipe pertanyaan Reading section.

Cara Pendekatan pada TOEFL iBT® Reading 



Mengatur Waktu
Selama mengerjakan Reading section, kamu mempunyai waktu tidak lebih dari 20 menit untuk membaca setiap bacaan dan menyelesaikan soal.  Kamu bisa menggunakan latihan gratis seperti TOEFL iBT ® Quick Prep(opens new window) dan mengatur waktumu sendiri. Ketika kamu latihan mengerjakan soal, kamu akan mengetahui berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk membaca bacaan dan menjawab soal sehingga bisa menyesuaikannya dengan waktu tes sesungguhnya. 

Tips

Ada beberapa kemampuan kunci yang kamu butuhkan untuk sukses di Reading section. Kamu harus bisa: 
1.  Memadukan informasi yang disajikan dalam teks  
Ini berarti kamu bisa membaca teks secara keseluruhan dan mengidentifikasi ide utama yang disampaikan penulis. Kamu harus bisa mengetahui hubungan antar kalimat dan kata dari informasi yang disampaikan. 
2.  Mengidentifikasi tujuan penulis
Ketika kamu membaca sebuah informasi, kamu harus bisa memahami mengapa penulis menyertakan sebuah informasi. Apakah informasi itu berupa contoh dari sebuah fenomena, detil pendukung sebuah argumentasi atau malah sebuah pendahuluan sebuah gagasan baru. Pemahaman akan struktur setiap paragraf dan keseluruhan teks sangatlah penting untuk memahami isi teks. 
3.  Scan teks dan temukan informasi-informasi yang spesifik
Untuk mengetahui apa yang terjadi dalam sebuah bacaan, kamu membutuhkan pemahaman menyeluruh dari setiap informasi-informasi spesifik yang membentuk ide utama. Ini sangat penting untuk bisa dengan cepat menemukan sebuah kalimat atau bagian paragraf yang membahas poin secara khusus. Ketika kamu telah menemukan kalimat itu, kamu bisa membaca kembali untuk memahami secara jelas apa yang disampaikan penulis.
4.  Memahami kosakata kademik yang digunakan dalam bacaan 
Sebuah artikel dalam surat kabar atau majalah mungkin menggunakan bahasa sehari-hari, bahasa yang digunakan dalam percakapan dan surat atau email. Akan tetapi bacaan akademik, terkait dengan sebuah subyek, mengandung kosakata khusus yang merupakan standar dalam tulisan akademik. Mungkin di sana ada kata-kata yang berkaitan dengan penyajian teori seperti: "propose", "hypothesis", "scenario". Atau bisa berupa kata-kata yang menghubungkan dua kalimat seperti: "however", "in addition", "thus". Seorang pembaca yang baik harus familier dengan tipe-tipe kosakata ini.

Tipe-tipe Pertanyaan di Reading Section

Factual/Negative Factual Questions

Factual Information dan Negative Factual Information menanyakan tentang fakta, detil, definisi atau informasi yang disampaikan penulis. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Inference dan Rhetorical Purpose Questions

Inference questions menanyakan tentang ide-ide dan argumentasi yang tidak secara eksplisit dikatakan dalam teks. 
Rhetorical Purpose questions hampir sama, menanyakan tentang mengapa penulis menyajikan sebuah informasi tertentu.
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Lebih Jauh tentang Rhetorical Purpose Sample Question

Dalam video Rhetorical Purpose question di atas, jawaban yang benar adalah pilihan jawaban C. Pada akhir paragraf, penulis menyebutkan bahwa kepunahan dinosaurus selalu membuat paleontologis terus bertanya/ingin tahu (intrigued). Kita menemukan jawaban mengapa mereka terus mencari tahu dalam dua kalimat berikutnya: "they were intrigued because the extinctions came so suddenly and occurred even though the dinosaurs had been flourishing for a long time". Oleh karena itu penulis menyertakan informasi tersebut untuk menjelaskan mengapa kepunahan Cretaceous selalu membuat paleontologis penasaran.
Pilihan jawaban A, B dan D semuanya menyertakan pernyataan yang benar dari bacaan, tetapi tidak tepat karena tidak satupun yang menyatakan alasan penulis (the rhetorical purpose) mengapa dinosaurus telah hidup dalam waktu yang lama tetapi kemudian tiba-tiba punah.
Pilihan jawaban A tidak benar karena tidak satupun di paragraf yang mendukung pernyataan penulis tentang kepunahan Cretaceous adalah "dokumentasi terbaik" dari kepunahan terbesar. Ketika pernyataan tersebut mungkin benar, tetapi tidak berkaitan dengan informasi yang ditanyakan dalam soal (tentang berapa lama dinosaurus saat terakhir dan dengan cepat punah).
Pilihan jawaban B tidak benar karena menyatakan sebauh fakta tentang kepunahan Cretaceous tetapi tidak memberitahukan mengapa penulis menyertakan informasi tentang kepunahan yang begitu cepat. 
Pilihan jawaban D tidak benar karena tidak berkaitan khusus dengan pernyataan mengapa ilmuwan selalu tertarik dengan masa kepunahan, tetapi lebih berkaitan dengan kalimat pertama dalam paragraf yang mendiskusikan tentang dampak buruk yang terjadi. Informasi ini sangat penting, tetapi bukan alasan mengapa penulis membicarakan tentang kepunahan dinosaurus yang tiba-tiba. 

Vocabulary Questions

Vocabulary questions mengukur apakah kamu mengetahui tentang makna dari kata-kata penting di dalam bacaan. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Reference Questions

Reference questions terlihat sama dengan Vocabulary questions. Sebuah kata atau frase ditandai (highlighted) dalam bacaan, dan kamu ditanya tentang kata tersebut kembali ke apa atau siapa. 
Biasanya kata itu berupa kata ganti orang atau benda seperti “she,” “they” atau “it”.
Juga bisa berupa kata ganti relatif seperti “which,” “that” atau “whom”.
Berikut ini adalah sebuah contoh dari Reference question, termasuk kutipan dari bacaan dengan kata yang ditandai.
In classic research Paul Ekman took photographs of people exhibiting the emotions of anger, disgust, fear, happiness, and sadness. He then asked people around the world to indicate what emotions were being depicted in them.
The word "them" in the passage refers to:
A.   emotions
B.    people
C.   photographs
D.   cultures
Jawaban yang benar adalah C, photographs.

Sentence Simplification Questions

Sentence Simplification questions menyuruh kamu untuk memilih sebuah kalimat yang maknanya sama dengan kalimat yang diberikan. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Insert Text Questions

Untuk Insert Text questions, kamu diberikan sebuah kalimat dan ditanyakan di mana kalimat tersebut semestinya berada. Pertanyaan ini mensyaratkan kamu memahami logika bacaan dan hubungan tata bahasa antar kalimat. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Prose Summary dan Fill in a Table Questions

Prose Summary questions menyuruh kamu untuk memilih ide-ide utama dari bacaan dengan membedakan dari ide-ide tambahan atau ide-ide yang tidak ada dalam bacaan. Fill in a Table questions menyuruh kamu untuk mengelompokkan dengan benar tentang kategori fakta-fakta yang disampaikan dalam bacaan.
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Bagaimana Penilaian Reading Section

Tes Reading section berisi pilihan ganda yang mana peserta tes harus memilih jawaban yang benar.
Tonton video ini untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana ETS memberikan nilai pada Reading dan Listening sections pada tes TOEFL®.


Petunjuk Latihan Tes Reading di Situs ETS

Bagian ini mengukur kemampuan kamu untuk memahami bacaan akademik dalam bahasa Inggris. 
Setiap kamu latihan satu bacaan, berikan 20 menit untuk membaca bacaan dan menjawab soal. 
Kamu boleh melihat kembali bacaan saat mengerjakan soal. Kamu juga bisa melewati pertanyaan atau soal yang sulit dan kembali lagi ketika waktu masih ada.
Catatan:
Soal-soal latihan yang ada di situs ETS adalah asli soal tes TOEFL iBT®  tetapi berbeda format. 
Hasil dari latihan tes bukan merupakan prediksi hasil yang mungkin kamu dapatkan pada tes TOEFL iBT®

Latihan

Pilih dua dari aktivitas-aktivitas di bawah ini dan selesaikan. Aktivitas ini berdasarkan pada tips yang dipresentasikan dalam video-video Inside the TOEFL® Test.
  1. Lakukan pencairan online dan temukan daftar akar kata dari bahasa Greek dan Latin, seperti di situs 60+ Greek and Latin Prefixes Arranged by Meaning(opens new window). Pilihlah 5 akar kata, dan temukan definisi paling tidak tiga kata yang menggunakan akar kata tersebut. 
  2. Pilihlah sebuah artikel seperti "The Heartbreak That May Have Inspired the Telegraph"(opens new window) tentang Samuel Morse dan buatlah catatan tentang poin-poin utama menggunakan salah satu format outline yang ada di akhir video tentang jenis pertanyaan Prose Summary/Fill in a Table.
  3. Menggunakan bacaan Reading dari TOEFL iBT Quick Prep Volume 2 (opens new window)(halaman 4-5 dan 10-11), pilih sebuah paragraf untuk dibaca. Sebagaimana yang kamu baca, buatlah catatan informasi penting dan tidak penting. Carilah teman untuk mengerjakan hal yang sama, kemudian bandingkan catatanmu dengan catatannya. 
  4. Menggunakan bacaan "The Heartbreak That May Have Inspired the Telegraph"(opens new window), temukan semua kata ganti yang bukan "he" (karena menunjuk kepada Samuel Morse) dan tentukan menunjukkan atau kembali ke apa atau siapa. Sebagai contoh, pada kutipan di bawah ini kamu dapat menemukan kata ganti "it" yang menujukkan kepada "the invention".
Soon, all types of news and messages were being tapped out across the country. The invention transformed communication, business, and the idea of news. It sped up the world, cutting the delivery of a message from Washington, D.C., to New Haven from four days to under four seconds.

Resources

Jika kamu mencari artikel untuk latihan bisa membaca materi-materi tambahan yang mempunyai kesamaan dengan bacaan TOEFL® Reading pada sifat dan isi, berikut adalah beberapa contohnya:  
Artikel tentang arkeologi dari Smithsonian Magazine:
Artikel baru tentang sains dan budaya dari National Geographic:
Sebuah artikel Encyclopedia Britannica tentang sejarah dan teknik-teknik panjat gunung:
Juga, baca bacaan tentang petunjuk cara bertahan dari sebuah universitas di Australia:
Review


0 comments:

Posting Komentar