Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 27 Januari 2019

Cara Belajar dan Tips untuk Persiapan Tes TOEFL iBT-Speaking Section


Materi ini saya terjemahkan dari kursus online TOEFL® Test Preparation: The Insider’s Guide di edX tanpa mengubah isi, hanya saja tidak menyertakan quiz per pokok bahasan dan latihan tes speaking. Saya sudah konfirmasi ke edX agar diperbolehkan menerjemahkan dan menaruh kursus ini di blog. Kursus tersebut bisa diakses gratis, silakan klik link di atas untuk mendaftar. Semoga bermanfaat.

Tantangan Speaking: Speaking dan Kamu




Tentang Speaking Section

Bagian ketiga dari tes TOEFL iBT® adalah Speaking section.
Pada bagian ini, kamu akan disuruh untuk berbicara dalam beberapa topik tentang pengalaman pribadi, situasi di kampus dan materi akademik.  
Speaking section membutuhkan waktu 20 menit untuk menyelesaikan semua pertanyaan. Ada 6 pertanyaan pada Speaking section. 
Pertanyaan 1 dan 2 merupakan Independent Speaking questions dengan topik yang kamu familier.
Pertanyaan 3 sampai 6 merupakan Integrated Speaking questions. Untuk setiap pertanyaan, kamu harus menggunakan lebih dari satu kemampuan. Beberapa pertanyaan mensyaratkan kamu untuk membaca, mendengarkan dan kemudian berbicara. Sedangkan beberapa pertanyaan lain mensyaratkan kamu untuk mendengarkan dan berbicara. Ketika kamu mendengarkan percakapan, kamu akan mendengar aksen dari Amerika Utara dan mungkin juga aksen dari U.K. 
Untuk semua pertanyaan Speaking, kamu menggunakan sebuah headset dengan sebuah microphone untuk merekam responmu. Responmu dikirim ke ETS untuk dinilai oleh beberapa penilai bersertifikat. Speaking section dinilai dengan skala 0-30. 
Kamu akan belajar lebih detil tentang Speaking section melalui beberapa seri video tentang tipe-tipe pertanyaan Speaking.

Berbicara dengan Komputer

Di bagian TOEFL iBT® Speaking section, kamu akan menggunakan sebuah headset dengan sebuah microphone untuk merekam responmu. Tonton video berikut untuk belajar lebih lanjut tentang berbicara dengan komputer. 

Waktu dan Cara Mengaturnya

Tes TOEFL® akan memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan 6 pertanyaan yang ada. Pada setiap pertanyaan kamu akan diberikan waktu tertentu untuk persiapan sebelum kamu memberikan respon. Tergantung tipe pertanyaan, kamu mempunyai waktu antara 15 sampai 30 detik untuk persiapan respon Speaking. Sangat penting bagi kamu menggunakan waktu tersebut untuk menentukan apa yang kamu ingin katakan, tapi jangan mencoba untuk menuliskan semua responmu; kamu tidak akan punya cukup waktu untuk menuliskan semua responmu. Para penilai mengharapkan mendengar speaking-mu secara natural, tanpa membaca dari sebuah catatan. Kemudian, kamu akan mempunyai waktu 45 sampai 60 detik untuk berbicara atau memberikan responmu. Tanda waktu akan disajikan hitung mundur pada layar komputer sehingga kamu akan mengetahui berapa waktu yang tersisa untuk persiapan dan berbicara. Tabel berikut menunjukkan berapa lama waktu yang kamu punya untuk persiapan dan berbicara pada setiap tipe pertanyaan.  
Tipe PertanyaanWaktu PersiapanResponse Time
115 detik45 seconds
215 detik45 seconds
330 detik60 seconds
430 detik60 seconds
520 detik60 seconds
620 detik60 seconds
Ingat, responmu sebaiknya hanya memberikan isi yang ditanyakan. Untuk pertanyaan 1 dan 2, coba berikan respon yang sederhana dan fokus pada ide utama yang kamu ingin sampaikan. Kemudian dukung ide utama dengan contoh-contoh atau detil. Untuk pertanyaan 3 sampai 6, jangan mencoba untuk mengulang setiap hal yang kamu dengar di percakapan atau perkuliahan. Kamu diharapkan menyelesaikan Speaking section sampai selesai dengan total waktu 20 menit. 

Jenis-jenis Pertanyaan Speaking Section

Lebih Jauh tentang Independent Questions 1 and 2

Independent Speaking questions bertanya tentang topik yang familier. Kamu harus berbicara tentang sebuah pilihan sikap atau membuat sebuah pilihan pribadi. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut tentang bagaimana pertanyaan ini disusun.

Independent Question 1

Question 1 selalu menyuruh kamu untuk memberikan deskripsi atau penjelasan tentang sesuatu. Kamu harus memberikan detil khusus dan contoh-contoh ketika merespon pertanyaan. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.

Independent Question 2

Pada question 2, kamu akan diberikan dua pilihan. Kamu harus memilih salah satu pilihan dan menjelaskan pilihanmu dengan memberikan alasan-alasan dan detil-detil. 

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Tips untuk Menjawab Independent Speaking Questions 1 and 2

Sekarang mari kita lihat beberapa tips tentang bagaimana cara untuk menjawab Independent Speaking questions. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Integrated Questions 3 and 5: Overview

Pertanyaan 3 dan 5 adalah Integrated Speaking questions tentang situasi di kampus. 

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut tentang bagaimana pertanyaan ini disusun.


Integrated Question 3

Pada pertanyaan 3, kamu akan ditanya tentang opini atau pendapat pembicara dan bagaimana hal itu berhubungan dengan ide-ide dalam sebuah bacaan. Catatan: kamu tidak akan bisa melihat bacaan tersebut ketika sedang berbicara responmu.

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Integrated Question 5

Pada pertanyaan 5, kamu akan mendengarkan percakapan pendek tentang masalah terkait kampus dan kamu akan disuruh untuk memberikan rekomendasi satu dari dua solusi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Tips untuk Menjawab Integrated Speaking Questions 3 and 5

Sekarang mari kita lihat beberapa tips tentang bagaimana cara menjawab pertanyaan 3 dan 5.

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Lebih Jauh tentang Integrated Questions 4 and 6 

Pertanyaan 4 dan 6 adalah Integrated Speaking questions tentang materi akademik di perkuliahan.

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut tentang bagaimana pertanyaan ini disusun.


Integrated Question 4

Pada pertanyaan 4, kamu disuruh untuk mengkombinasikan atau menggabungkan dan menyampaikan informasi dari sebuah bacaan dan sebuah perkuliahan. Catatan: kamu tidak akan bisa melihat bacaan ketika kamu sedang berbicara responmu.

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.

Integrated Question 6

Pada pertanyaan 6, kamu akan mendengarkan sebuah kutipan dari perkuliahan, kemudian ringkaslah poin-poin konsep utama dan contoh-contoh yang diberikan di perkuliahan tersebut. 

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Tips untuk Menjawab Integrated Speaking Questions 4 and 6

Sekarang mari kita lihat beberapa tips tentang bagaimana menjawab Integrated Speaking questions 4 and 6.

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Bagaimana Penilaian Speaking Section



Apakah Pronunciation dan Accent Mempengarui Penilaian?

Penilai TOEFL® telah disesuaikan untuk mendengar dari berbagai aksen dari seluruh penjuru dunia. Hal yang sangat penting adalah pengucapan kata-kata harus jelas sehingga responmu bisa dipahami oleh penilai. Sepanjang responmu bisa dipahami, itu sangat mungkin mendapatkan skor yang tinggi walaupun ada aksen dari bahasa utamamu. Jika kamu khawatir dengan pronunciation, kamu bisa menuju ke Resources section of Unit 4.9 untuk tips yang bermanfaat tentang mengecek dan meningkatkan pronunciation-mu.

Rubrik Penilaian Speaking

Bagian Speaking dinilai atau diskor pada skala 0-4 menggunakan sebuah rubrik atau petunjuk penyekoran. Rubrik ini menjelaskan karakteristik respon yang dikatakan (spoken) pada setiap level sehingga penilai bisa memberikan nilai yang tepat. 
Rubrik untuk Independent questions dan Integrated questions adalah mirip. Keduanya mengevaluasi speaking-mu pada bagian penyampaian (delivery), penggunaan bahasa (language use) dan pengembangan topik (topic development). Beberapa detil berbeda karena perbedaan tipe pertanyaan.
Kamu bisa melihat rubrik Speaking rubrics di sini: Speaking Rubrics(opens new window)
Rubrik tersebut betul-betul sama dengan rubrik yang penilai ETS gunakan ketika memberikan skor pada bagian Speaking. Tidak ada istilah rubrik “public version” dan “rater version”, seperti yang dimiliki tes-tes lainnya.
Jika kamu belajar bersama dengan seorang guru bahasa Inggris, kamu bisa meminta kepadanya untuk mengevaluasi latihan responmu menggunakan rubrik-rubrik ini.

Tentang Membuat Kesalahan

Sangat penting untuk diingat bahwa native speaker pun kadang membuat kesalahan ketika berbicara. Ketika berbicara responmu pada tes TOEFL®, kamu kadang diperbolehkan membuat beberapa kesalahan (errors) pada pronunciation, grammar dan vocabulary tetapi tetap mendapatkan skor yang tinggi. Skor yang tinggi tidak berarti sebuah respon atau jawaban yang sempurna, tetapi respon yang bisa dipahami.  Kenali dirimu sendiri dengan materi-materi dari rubrik untuk belajar apa yang penilai cari pada sebuah respon yang skornya tinggi. Dalam rubrik, kamu bisa melihat di sana ada ruang untuk kesalahan dalam delivery, language use, and topic development pun dalam kelompok skor tertinggi, sepanjang responmu tetap jelas dan kamu menyampaikan semua informasi yang relevan dengan pertanyaan. Jika kamu membuat sebuah kesalahan, jangan tertalu khawatir. Dengan cepat betulkan jika kamu tahu atau memungkinkan dan lanjutkan berbicara sehingga kamu bisa memberikan sebuah jawaban atau respon yang lengkap.

Petunjuk Tes Latihan Speaking di Situs ETS

Bagian ini mengukur kemampuanmu untuk berbicara dalam bahasa Inggris tentang beberapa topik yang berbeda. Untuk latihan berbayar bisa klik di sini.
Ada 6 pertanyaan dalam latihan tes ini. Setiap pertanyaan, kamu akan diberikan sedikit waktu untuk menyiapkan respon atau jawabanmu. Kemudian kamu akan menjawab pertanyaan selengkap-lengkapnya sesuai waktu yang diberikan. Durasi waktu setiap pertanyaan bisa dilihat di bagian "Waktu dan Cara Mengaturnya". 
Tes latihan ini menggunakan alat penilai otomatis yang membolehkan kamu merekam respon dan men-submit untuk penilaian elektronik oleh ETS.  Kamu akan dianjurkan untuk mengijinkan alat ini mengakses mikroponmu sebelum merekam setiap respon. Lihat syarat-syarat tambahan di bawah. 
Untuk setiap pertanyaan, setelah kamu membaca dan mendengarkan semua bagian pertanyaan, mulai waktu persiapan dengan memilih tombol BEGIN di bawah ikon mikropon. Ketika waktu persiapan sudah selesai, pilihlah tombol RECORD untuk memulai merekam respon atau jawabanmu. Mohon diperhatikan bahwa respon setiap pertanyaan hanya bisa di-submit satu kali
Kami menyarankan kamu mengambil latihan tes ini di tempat yang tenang atau sepi, gunakan kualitas mikropon yang bagus sehingga kamu bisa berbicara secara langsung menggunakan mikropon dengan volum suara normal. 
Ketika waktu merekam sudah habis, kamu bisa mendengarkan responmu untuk review. Kamu bisa merekam kembali responmu atau men-submit untuk dinilai. Ketika kamu sudah men-submit respon, kamu tidak bisa mengakses dan mengubahnya. Jika kamu tidak bisa men-submit responmu, silakan kontak toefltestprep@ets.org untuk informasi lebih lanjut.
Setelah kamu berhasil men-submit enam respon akan segera dinilai. Kamu akan menerima skor dalam jangka waktu 24 jam setelah submit responmu. 
Catatan:
Pertanyaan-pertanyaan latihan ini merupakan asli pertanyaan dari tes TOEFL iBT®, tetapi sudah disesuaikan dengan kebutuhan untuk latihan. Sebagai contoh: 
  • Walaupun kamu bisa mengontrol audio di latihan tes ini, pada tes yang asli kamu hanya bisa mendengarkan audio sekali, tanpa bisa menghentikannya. 
  • Transkrip percakapan dan perkuliahan hanya tersedia pada latihan tes, tetapi tidak pada tes asli. 
  • Pada latihan tes ini, kamu bisa mengontrol ketika memulai waktu persiapan dan respon. Pada tes asli, keduanya otomatis memulai dan tidak bisa dikontrol oleh peserta tes. 
Hasil dari latihan tes ini bukan merupakan prediksi seberapa hasil yang mungkin dicapai pada tes TOEFL iBT.
Skala skor dan informasi skor digunakan hanya untuk persiapan saja, bukan penilaian secara resmi dari ETS.  

Persyaratan Sistem

  • Mikrophon
  • Speaker atau headphone
  • Web browser:
    • Chrome (version 59 or later) adalah browser terbaik.
    • Firefox (version 54.0.1 or later) bisa digunakan, tetapi mungkin bisa terhambat ketika menggunakan Firefox pada smartphone.
  • Operating System
    • Catatan: iOS and OSX based Devices (all version of iPhone, iPad, and Mac) tidak bisa mendukung untuk saat ini.
Jika kamu sudah submit responmu tentang enam pertanyaan Speaking dalam latihan tes, yaitu dua Independent Speaking questions dan empat Integrated Speaking questions, maka responmu akan dinilai oleh mesin penilai otomatis yang disebut SpeechRater, yang mana melihat karakteristik kunci dalam respon speaking-mu dan memberikan skor. Ini akan memberikan kamu beberapa ide bagaimana responmu akan dinilai pada tes sebenarnya. 
Selanjutnya kamu akan melihat beberapa contoh respon dan skornya beserta komentar dari penilai tentang mengapa mereka mendapatkan skor tersebut. 
Kamu akan mengetahui bahwa beberapa respon dengan skor yang tinggi bukanlah jawaban yang sempurna, tetapi mereka memenuhi kriteria
Contoh Respon - Pertanyaan 1
Review:
Berikut ini adalah beberapa poin yang sangat penting untuk disertakan ketika menjawab pertanyaan 1, diikuti dengan contoh respon dan komentar dari penilai tes TOEFL ETS sesungguhnya. 
Poin-poin Penting:
Ketika kamu merespon pertanyaan ini, kamu harus memilih satu dari beberapa tipe atau genre buku dan menjelaskan alasannya mengapa kamu suka sekali buku tersebut atau mengapa kamu lebih menyukai jenis buku tersebut daripada yang lain. Pada responmu kamu harus memberikan dan membahas paling tidak satu alasan untuk menjelaskan mengapa kamu suka tipe buku tersebut. Boleh saja memberikan lebih dari satu alasan mengapa kamu suka tipe buku tertentu, tetapi kamu harus hati-hati tidak hanya memberikan banyak alasan tanpa memberikan penjelasan atau detil pendukung alasan-alasan tersebut. Daripada memberikan beberapa alasan, sebuah jawaban yang bagus adalah fokus pada satu alasan dan membahasnya dengan detil. Untuk mendukung alasanmu, kamu bisa berbicara tentang sebuah buku yang spesifik, sebuah pengalaman membaca sebuah buku tertentu atau beberapa pengalaman atau cerita yang menjelaskan mengapa kamu suka tipe buku tersebut.  

Contoh Respon:

Berikut ini beberapa respon dari Sarthak G. dari India dan Nihal O. dari Turkey. Mari kita lihat respon mereka bersama.
Transkrip respon Sarthak G yang mendapat skor tinggi:
I like reading biography books the most, there’re two reasons for it. First, uh, we can learn some pretty good productivity hacks from these books. Like I have read about Jerry Seinfeld where he uses the Seinfeld strategy, which is to at least write something daily, be it good, bad, but he used to write daily. Uh, second reason would be, you can find the right motivation. Um, like, as in the case when things are going down south for you, you can keep pushing for your dreams, you can keep on pursuing it, and, things will do go right, like in the case of Google founders, um, Larry Page and Sergey Brin—they were rejected by Yahoo, uh, but now they are successful. Google is a very successful company.
Komentar Penilai:
Ini adalah sebuah contoh dari respon dengan level tinggi. Di awal respon, Sarthak dengan jelas mengatakan pilihannya untuk buku biografi, kemudian menjelaskan mengapa dia sangat suka buku-buku biografi. Alasan pertamanya adalah dia adalah " that you can learn from biographies by seeing how other people do things." Alasan kedua adalah "that biographies can provide their readers with motivation." Dia menjelaskan bahwa pemilik Google sangat sukses walaupun sebelumnya tidak diterima bekerja di Yahoo, walaupun penjelasan tersebut tidak sepenuhnya jelas tentang bagaimana hal ini memotivasi Sarthak (atau jika dia telah belajar tentang hal itu di sebuah biografi). Respon ini akan lebih lengkap dan komplet jika Sarthak memberikan sebuah penjelasan yang jelas tentang bagaimana buku-buku biografi memotivasi dia.  Pada bagian penyampaian respon, Sarthak mempunyai aksen, tetapi dia berbicara dengan jelas dan aksennya tidak membuat pendengar kesulitan untuk memahaminya. Dia secara efektif menggunakan beberapa frase idiom seperti, “productivity hacks” dan “when things are going down south for you.” Sementara itu ada beberapa kesalahan kecil seperti, “second reason would be,” yang seharusnya “the second reason would be,” dan “things will do go right,” yang seharusnya “things will go all right”), respon tersebut secara garis besar sangat jelas dan cukup lengkap.
Transkrip respon Nihal O. dengan skor menengah:
I think adventure books more enjoyable than other books, because, uh, other books generally based on, uh, only one topic or only one event, but adventure books has lots of events and topics, uh, so I think adventure books more fluently and enjoyable than other books when I, uh, reading, uh, adventure books, uh, I can’t understand how I spent my time. Uh, it is so fast for me.
Komentar penilai:
Respon Nihal O. adalah level menengah. Dia dengan baik dan jelas mengatakan bahwa tipe buku yang dia paling senangi (buku petualangan) dan memulai untuk menjelaskan mengapa dia suka buku-buku tersebut, tetapi bagian-bagian penjelasannya agak kurang jelas. Contohnya, ketika dia berbicara tentang bagaimana kesenangan membaca buku-buku tersebut, dia berkata, “when I, uh, reading, uh, adventure books, uh, I can’t understand how I spent my time. Uh, it is so fast for me.” Cara yang lebih efektif untuk mengungkapkan ide ini adalah dengan mengatakan, “When I’m reading adventure books, time goes by so quickly. I’m so focused on what I’m reading that I lose track of time.” Secara grammar, respon ini membutuhkan peningkatan, seperti mengubah “adventure books more enjoyable than other books,” menjadi “adventure books are more enjoyable than other books,” atau mengatakan “adventure books have lots of events” dari pada mengatakan “adventure books has lots of events.” Nihal berbicara dengan beberapa keraguan dan terputus, tetapi pengucapannya cukup jelas. Untuk meningkatkan respon ini, dia bisa memberikan penjelasan yang lebih jelas untuk ide-idenya dan mencoba untuk mengurangi terputusnya antara kata-kata dan frase-frase. 

Contoh Respon - Pertanyaan 2
Review:
Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus ada ketika menjawab pertanyaan 2, beserta dengan contoh-contoh respon dan komentar dari penilai tes TOEFL sesungguhnya.
Poin-poin Penting:
Ketika kamu menjawab pertanyaan ini, kamu harus mengatakan apakah setuju atau tidak setuju dengan pernyataan bahwa "making mistakes is one of the best ways to learn", kemudian menjelaskan mengapa kamu berfikir demikian. Kamu bisa memilih salah satu pendapat dan kamu tidak akan dinilai berdasarkan pilihan yang kamu buat. Isi dari responmu akan dievaluasi berdasarkan pada seberapa baik kamu mendukung opinimu dan menjelaskan ide-idemu. Jika setuju bahwa making mistakes is one of the best ways to learn, kamu harus menggunakan contoh-contoh spesifik untuk menjelaskan mengapa making mistakes is a good way to learn or can help people learn. Jika kamu tidak setuju dengan pernyataan tersebut, kamu harus memberikan paling tidak sebuah alasan atau contoh untuk menjelaskan mengapa making mistakes is not a good way to learn.

Respon Peserta Tes Sesungguhnya: 

Transkrip contoh respon yang mempunyai level skor tinggi:
The statement if one of the best ways to learn, uh, by making mistakes, it’s, can be, um, can be discussed controversially but I personally think that the statement is complicate because, um, it is definitely one of the best ways to learn if you do mistakes yourself. I personally, uh, tried, uh, to, um, apply once for a consulting job and, uh, I made the mistake to not inform myself about the company and so I came to, um, to the assessment center and didn’t know anything so it was a great mistake, uh, performed by me and so afterwards I wouldn’t do this mistake again. So if I apply the next time, I will be, uh, prepared in a, in a correct manner.
Komentar penilai:
Ini adalah sebuah contoh yang mempunyai level skor tinggi. Pembicara memberikan respon yang lengkap, jelas setelah kesulitan di awal. Kalimat pertamanya membingungkan, tetapi kemudian dia bisa memberikan sebuah respon yang kuat. Dia membuat kesalahan pada beberapa tata bahasa dan pilihan kata seperti, “the statement is complicate” yang seharusnya “the statement is complicated” dan “I wouldn’t do this mistake again” yang seharusnya “I wouldn’t make this mistake again”), tetapi pesannya jelas dan kesalahan-kesalahan kecil ini tidak mempengaruhi maksud dia. Karena pembicara mengatakan pendiriannya atau pendapatnya tentang pernyataan dan memberikan sebuah contoh pribadi yang jelas, respon ini mudah dipahami dan pendapat pembicara merupakan penilaian yang baik. Penyampaiannya juga jelas dan tidak ada kata atau frase yang sulit dipahami.
Transkrip contoh respon yang mempunyai level skor menengah:
In my opinion, I totally agree with this statement. That learning by making mistakes is the one of the best ways, because a couple of reasons. For instance, when I was a high school students, uh, I always try to get a high degree in my math class. But at that time I really didn’t know about to how to resolve the every questions. So I tried the several ways even though I mistakes a lot of the time and I had to spend a lot of time to get the correct answer but after doing that, I, right now I couldn’t find the correct way and very easy and fast and the study guidelines so I can get the grade, the high grade.
Komentar penilai:
Ini adalah sebuah contoh respon yang mempunyai skor level menengah. Pembicara mempunyai aksen yang cukup kuat, tetapi hampir sebagian besar tetap mudah dipahami. dan dia memberikan respon yang berkelanjutan. Dia memulai dengan kuat dengan mengatakan opininya (yang mana setuju dengan pernyataan) dan mencoba untuk memberikan sebuah alasan pribadi untuk menjelaskan mengapa dia setuju dengan pernyataan tersebut. Contohnya sedikit kurang jelas dan tidak kurang menunjukkan bagaimana membuat kesalahan membantunya belajar matematika. Sebelum penjelasannya selesai, dia berkata, “right now I couldn’t find the correct way,” yang mana ini membingungkan, sepertinya dia ingin mengatakan bagaimana dia telah belajar untuk meningkatkan kemampuan matematikanya (pendengar akan berharap dia mengatakan seperti, “Now I can always find the correct way to solve a problem.”). Respon ini mempunyai beberapa masalah pada tata bahasa dan kosakata seperti kelebihan kata sandang, “how to resolve the every questions” dan “I tried the several ways” yang seharusnya “how to resolve every question" dan ”I tried several ways”), serta beberapa  kalimat yang membingungkan seperti, “I always try to get a high degree in my math class” yang seharusnya “I always tried to do well/get a high grade in math classes”).

Contoh Respon - Pertanyaan 3
Review:
Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus disertakan ketika menjawab pertanyaan 3, disertai dengan contoh-contoh respon dan komentar dari penilai TOELS sesungguhnya.
Poin-poin Penting:
Pada responmu untuk menjawab soal ini, kamu harus dengan jelas menyertakan dan menghubungkan informasi dari bacaan dan percakapan. Kamu bisa memulai responmu dengan menjelaskan secara singkat apa yang mahasiswa (Nancy) tulis dalam suratnya, Nancy menjelaskan bahawa sekarang ini mahasiswa tidak diperbolehkan makan di kelas dan mengusulkan agar kebijakan ini diubah sehingga mahasiswa bisa makan di kelas saat perkuliahan. Kamu harus menjelaskan bahwa lelaki di percakapan tersebut tidak setuju dengan usulan Nancy. Pertama, kamu bisa menjelaskan bahwa dia tidak setuju dengan ide Nancy yang mana makan di kelas saat perkuliahan akan membantu mahasiswa konsentrasi (karena mereka tidak akan kelaparan), suara makan di kelas justru bisa mengganggu konsentrasi. Kamu harus menjelaskan bahwa menurut dia pesta di kelas pada akhir semester (seperti yang Nancy sarankan) bukanlah merupakan sebuah alasan yang bagus untuk mengubah kebijakan. Dia berfikir bahwa pesta di kelas merupakan pemanfaatan waktu yang tidak baik, dia berpendapat bahwa di akhir semester lebih penting digunakan untuk membantu mahasiswa mengulang materi dalam rangka menyiapkan ujian akhir. 

Contoh Respon:

Ini adalah beberapa respon dari Khrystyna dari Ukraine dan Vu Anh P. dari Vietnam. Mari kita lihat bersama respon mereka.
Transkrip respon dengan skor tinggi:
The main point that I read in this letter was the student was complaining about the, um, that the food is not allowed at the classes because the classes tend to be pretty long and the people can, like students can be hungry and this is like, prevents concentration, you can’t concentrate when you’re hungry and the other opinion that you can’t you know like do the end-of-semester parties but the student at the conversation, I, is against it, uh, because, um, for the one person who’s eating it helps to concentrate, but for the other who hear like this munching and chewing sound it can be pretty distracting and I do agree with this. Um, and the classes that are at the end of the semester are very important so those parties are not necessarily in the crucial at the end of the year so that’s like those two guys’, students’ opinion. 
Komentar penilai:
Khrystyna memberikan sebuah respon dengan skor level tinggi. Dia tidak secara eksplisit mengatakan proposal (yang mana Nancy berfikir makan di kelas sebaiknya diperbolehkan), tetapi dia secara tidak langsung menyampaikannya dengan memberikan penjelasan bahwa penulis surat komplain tentang makanan yang tidak diperbolehkan di kelas dan dia juga menyertakan alasan-alasan mengapa orang yang menulis surat berfikir hal tersebut tidak baik seperti, “can’t concentrate when you’re hungry” dan “you can’t you know like do the end-of-semester parties”. Kemudian dia dengan jelas mengatakan bahwa mahasiswa dalam percapakan tidak setuju, beserta dengan alasan-alasan untuk ketidaksetujuannya. Khrystyna menggunakan beberapa frase yang sedikit kurang natural karena dia menggunakan beberapa kata depan yang tidak tepat, contohnya dia berkata “not allowed at the classes,” yang seharusnya “not allowed in the classes,” “the student at the conversation” yang seharusnya “the student in the conversation,” dan “not necessarily in the crucial” yang seharusnya “not necessarily crucial”), tetapi beberapa kesalahan ini tidak membuat respon sulit dipahami. Khrystyna menggunakan waktu dengan baik dan intonasi yang efektif untuk memberi penekanan pada poin-poin tertentu contohnya penekanannya pada “pretty” ketika dia berkata, “the classes tend to be pretty long”.
Transkrip dari respon dengan skor level menengah:
The newsletter suggest that, uh, students should, uh, be allowed to eat in class for two reasons. First of all, uh, eating in class may help students concentrate better, uh, because, uh, after a long class they can be very hungry. And the second reason is that, uh, they can have, uh, they can party at the end of the semester. However the man disagree with this. Uh, he, uh, gives two reasons. The first one, uh, is that, uh, he, uh, it’s maybe true that we can concentrate while we eat, but we will disrupt other because of the noise that we make while we are eating. And, uh, the second one is that, um, at the end of the semester, uh, more, most class will use that for reviewing for the exams, so using that time would not, uh, be appropriate and we will less prepare.
Komentar penilai:
Ini adalah contoh respon dengan skor menengah. Respon Vu Anh mencakup poin-poin utama dari surat mahasiswa dan percapakan antara mahasiswa, walaupun beberapa informasi penting hilang (tidak ada). Penjelasannya tentang proposal jelas, sebagaimana penjelasannya tentang mengapa makan di kelas mungkin membantu konsentrasi beberapa mahasiswa tetapi bisa mengganggu untuk beberapa mahasiswa yang lain. Penjelasannya tentang poin mengadakan pesta di akhir semester sedikit kurang jelas, karena dia tidak menjelaskan tentang mahasiswa tidak setuju tentang mengadakan pesta di kelas, Vu Anh berkata “using that time would not be appropriate,” tetapi tidak menjelaskan apa yang dia maksud dengan pernyataan tersebut atau bagaimana hal ini terhubung dengan pesta kelas. Sebuah cara penjelasan yang lebih jelas adalah Vu Anh bisa menyampaikan hal ini dengan mengatakan, “He doesn’t think using class time for parties is appropriate because students need that time to review for exams.” Pengucapan Vu Anh sedikit sulit dipahami dan kecepatannya sedikit lambat dan tercatat beberapa kata “uhs,” tetapi secara umum respon ini komprehensif (lengkap). Alasan ini bisa lebih jelas dengan lebih banyak variasi pada struktur tata bahasa yang digunakan; sebagai contoh, “we will less prepare,” akan lebih efektif dengan “students would be less prepared.” Vu Anh membuat beberapa pernyataan dengan kesalahan kecil, seperti “the newsletter suggest,” “the man disagree,” “most class”, tetapi juga bisa dengan efektif membuat pernyataan yang lebih panjang.
Contoh Respon - Pertanyaan 4
Review:
Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus disertakan ketika menjawab pertanyaan 4, disertai dengan contoh-contoh respon dan komentar dari penilai TOELS sesungguhnya.
Poin-poin Penting:
Ketika menjawab soal ini, adalah hal penting untuk memadukan informasi dari bacaan dan perkuliahan, kamu harus merangkum informasi penting dari perkuliahan profesor dan menjelaskan bagaimana hal itu mengilustrasikan konsep yang dijelaskan di bacaan. Salah satu cara adalah kamu bisa memulai responmu dengan menerangkan dengan jelas tentang the comfort zone bias, yang mana merupakan tendensi orang untuk membuat sebuah keputusan yang tetap membuat mereka nyaman, situasi yang tidak asing (familier), daripada mengambil resiko dengan mencoba situasi baru, walaupun jika sebuah situasi baru tersebut mungkin lebih baik bagi mereka. Kemudian kamu bisa membahas contoh dari profesor, jangan lupa untuk menghubungkannya dengan the comfort zone bias. Kamu bisa menjelaskan bahwa teman profesor mempunyai pekerjaan sebagai reporter berita dan telah nyaman dengan pekerjaan tersebut. Ketika dia ditawari pekerjaan impiannya (sebagai pereview film) menunjukkan the comfort zone bias dengan tidak mengambil pekerjaan baru tersebut karena dia tidak ingin beresiko dengan membuat sebuah perubahan. 

Respon Peserta Tes Sesungguhnya:

Transkrip dari respon dengan skor tinggi:
Well, in this case, uh, the man, uh, had, uh, he always dreamed about being a, a repor—a film reviewer, however he originally did not get that job so he was forced to be a, a journalist. Um, after years he got the option to be, um, a film reviewer, uh, he had that opportunity, but he was already, he was used to, to being, uh, working as a, in the news as a journalist, so that was his comfort zone. He was very familiar in a familiar setting he was, he knew his job so, uh, he, he didn’t want to take new risks so he decided to stay in his job as a, as a journalist and he did not, uh, take his dream job just because he preferred to stay, uh, within his comfort zone.
Komentar penilai:
Ini adalah sebuah contoh dari respon dengan skor tinggi. Pembicara merespon dengan pendekatan yang sedikit berbeda dari metode yang di jelaskan pada materi bagian Important Points, ketika dia secara tidak langsung menjelaskan konsep tentang comfort zone bias melalui responnya, dari pada memulai responnya dengan definisi konsep tersebut. Walaupun pembicara tidak pernah menggunakan frase “comfort zone bias,” dia dengan jelas menerangkan konsep tersebut melalui contoh dari jurnalis, menjelaskan bahwa jurnalis “was used to … working as a journalist … that was his comfort zone,” dan “didn’t want to take new risks … he did not take his dream job just because he preferred to stay within his comfort zone.” Pembicara menyampaikan dengan jelas, mengikursertakan penggunaan intonasi yang efektif, juga menggunakan kosakata yang efektif membuat respon sangat jelas dan mudah dipahami.
Transkrip dari respon dengan skor menengah:
Um, the subject is, uh, when man decide, uh, make a, make a decision, uh, they tend to make a decision familiar with, uh, him or comfortable for him rather than new situation. Um, in the lecture, uh, the professor said, uh, explain some example that his friend is working as a news reporter but, uh, his dream is to be film reviewer. Finally he, he, he’s going to get a new job as a film reviewer, uh, and that and, uh, if he, he, he is a, uh, he become film reviewer he can be pay, pay more but he refuse.
Komentar penilai:
Ini adalah sebuah contoh respon dengan skor menengah. Dalam respon ini, pembicara mengawali dengan mencoba mendefinisikan tentang konsep the comfort zone bias. Dia bisa menggunakan beberapa kosakata kunci dari bacaan ketika dia berbicara tentang decision making, the familiar/comfortable dan new situations. Definisi ini sedikit kurang jelas, sepertinya pembicara tidak menggunakan beberapa struktur tata bahasa untuk menyampaikan maksudnya. Sebagai contoh,  frase “they tend to make a decision familiar with him … rather than new situation” mengandung beberapa informasi kunci tetapi kurang jelas. Sebuah cara yang lebih efektif bisa dengan mengatakan “they tend to make decisions that allow them to stay in a familiar or comfortable situation, rather than trying out a new situation.” Ringkasan pembicara dari contoh dalam perkuliahan mengandung beberapa poin penting tetapi terlalu pendek. Kecepatan pembicara juga lamban dan sering terhenti antara kata-kata dan frase-frase. Pembiacara ini mungkin akan menghasilkan sebuah respon yang lebih lengkap jika dia bisa dengan nyaman menggunakan beberapa struktur tata bahasa dan berbicara lebih cepat dan mengalir (dengan sedikit terputus).

Contoh Respon - Pertanyaan 5
Review:
Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus disertakan ketika menjawab pertanyaan 5, disertai dengan contoh-contoh respon dan komentar dari penilai TOELS sesungguhnya.
Poin-poin Penting:

Dalam respon pertanyaan ini, kamu harus memulai dengan meringkas masalah yang ada dalam percakapan: seorang lelaki (Matt) butuh untuk membuat sebuah keputusan tentang apartemennya, sejak teman sekamarnya pindah ke luar kampus. Kamu diminta untuk membuat rekomendasi salah satu dari solusi dalam percakapan. Ada dua kemungkinan solusi: 1. Matt bisa tetap tinggal di dormitory-nya dan hidup bersama dengan teman sekamar yang baru, pihak universitas akan mencarikan teman sekamar dan dia tidak yakin apakah bisa cocok. 2. Matt bisa pindah di luar kampus dengan teman sekamarnya, yang mana akan menyenangkan dan biaya terjangkau, tetapi akan jauh dari kampus sehingga akan tidak mudah untuk pergi ke kampus. Kamu tidak disyaratkan untuk merangkum kedua solusi dalam responmu. Kamu bisa merangkum keduanya jika kamu suka, tetapi banyak waktu yang dibutuhkan untuk berbicara tentang kedua solusi yang mungkin membuat kamu tidak cukup waktu untuk membuat sebuah rekomendasi dan menjelaskan alasanmu tentang hal itu. Hal yang sangat penting adalah bahwa dalam responmu kamu harus memilih satu solusi dan menjelaskan mengapa kamu pikir itu adalah solusi terbaik.

Respon Peserta Tes Sesungguhnya:

Transkrip dari respon dengan skor tinggi:
The man’s problem here is that his roommate is moving off campus, so he has to make a decision about housing problem. He has two options. First one is to live on campus in the same dorm however with the same room—with a new roommate. The other one is to live off-campus with his friends. However, the problem with the, living off-campus is that the house is very far from the campus. Um, in my opinion I think the man should live on the campus because first of all, the campus, the, it is very convenient to go to school from the dorm room, and even though the man indicates that sharing room with the new roommate could be a problem, however I think they can talk it out. The man can talk to the new guy and can set up a schedule about the studying and bed time, uh, and, or other stuff. Uh, if, man follows this advice then he will be able to live happily 
Komentar penilai:
Ini adalah sebuah contoh dari respon dengan skor tinggi. Pembicara secara konsisten mengucapkan kata “live” dengan “leave,” yang mana bisa membuat pendengar bingung, tetapi pengucapan pembicara pada kalimat yang lainnya sangat jelas dan penyampaiannya sangat lancar. Dia membuat sedikit kesalahan kecil dalam tata bahasa, sebagian besar kesalahan penggunaan kata sandang, seperti “the man should live on the campus,” yang seharusnya “the man should live on campus,”  dan “sharing room with the new roommate,” yang seharusnya “sharing a room with the new roommate,” serta “a schedule about the studying,” yang seharusnya “a schedule about studying”. Akan tetapi, respon tersebut sangat lengkap. Walaupun hal ini tidak disyaratkan, pembicara merangkum kedua solusi dan tetap mempunyai cukup waktu untuk membuat sebuah rekomendasi yang jelas dan melengkapi rekomendasinya dengan detil dan contoh.
Transkrip dari respon dengan skor menengah:
Um, the problem of the speakers discussing is about the housing problem because the speaker’s roommate is moving out, uh, then the speaker need to find another, uh, solution of the housing like living in dorm with a new roommate or living off-campus with his old roommate, with other people. I will recommend the solution of living in dorm with another new roommates. Is because living with others have many problems and, uh, you should be able to solve it. And also, living off-campus is not just living with his old roommate. It is living off campus with a group of friends. And you need to, um, you need to face new people also the same problem exists why don’t you live in a less people—
Komentar penilai:
Ini adalah contoh respon dengan skor menengah. Pembicara menyampaikan respon ini dengan sedikit lambat, membuat sedikit kesulitan untuk mengikuti respon tersebut, tetapi pengucapannya sebagian besar jelas. Dia berhasil mendeskripsikan masalah dalam percakapan dan membuat sebuah rekomendasi untuk laki-laki agar tetap tinggal di dorm-nya bersama teman sekamar yang baru. Tetapi alasan dia untuk solusi ini kurang jelas. Dia berkata bahwa “living with others have many problems and you should be able to solve it.” Hal ini kurang jelasapakah “living with others” merujuk pada tinggal bersama teman sekamar yang baru atau tinggal bersama beberapa orang di luar kampus. Dia kemudian berkata “you need to face new people also the same problem exists,” dan juga karena keterbatasan tata bahasanya, hal ini sangat tidak jelas apa yang dia maksud. Jika pembicara mempunyai struktur tata bahasa sedikit lebih otomatis dan kontrol yang lebih baik, dia mungkin akan mampu mengungkapkan ide-idenya lebih baik dengan keterbatasan waktu yang ada. 
Contoh Respon - Pertanyaan 6
Review:
Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus disertakan ketika menjawab pertanyaan 6, disertai dengan contoh-contoh respon dan komentar dari penilai TOELS sesungguhnya.
Poin-poin Penting:

Ketika kamu merespon pertanyaan ini, kamu harus meringkas informasi kunci dari perkuliahan profesor tentang bagaimana hewan-hewan bertahan hidup di laut dalam. Secara khusus kamu harus menjelaskan bahwa beberapa hewan laut membuat adaptasi khusus yang bisa menolong mereka menemukan makanan di laut dalam. Kamu harus menjelaskan dua jenis adaptasi disertai dengan contoh-contohnya seperti yang profesor berikan. Adaptasi pertama adalah beberapa hewan laut dalam mempunyai bentuk tubuh yang bisa memangsa hewan yang lebih besar dari tubuhnya. Contoh dari adaptasi ini adalah Eel yang mempunyai mulut dan perut besar yang bisa melebar sehingga bisa memakan ikan yang lebih besar. Adaptasi kedua adalah beberapa hewan laut dalam bisa mengeluarkan cahaya untuk menarik perhatian mangsa. Contoh cari adaptasi ini adalah ikan Angler yang menggunakan cahaya dekat mulutnya untuk menarik perhatian ikan lainnya kemudian jika sudah mendekat akan dia makan. 

Respon Peserta Tes Sesungguhnya:

Transkrip dari respon dengan skor tinggi (Lan-Ting C. dari Taiwan):
Animals that live in the deepest part of the ocean usually have special adaptations due to the scarce food, um, down there. Um, one, one adaptation is animals have body features to eat, eat the prey that are larger than their size. For example, eels have big mouth and a stomach that can expand so that allows the eel to eat, um, prey that’s larger than its size. Um, the, the amount of food eaten can, um, sustain the eel for a long time. And another way, another adaptation, is, um, body structures that can generate light. For example the angler fish has a structure that, that can generate light which is close to its mouth and it attracts other fish and can provide food for the angler fish.
Komentar penilai:
Respon ini menyertakan informasi kunci dari perkuliahan profesor. Dia menjelaskan ide tentang hewan yang hidup di laut dalam mempunyai adaptasi untuk mencari makanan. Dia menjelaskan dua jenis adaptasi dan contoh-contohnya: bentuk tubuh (contohnya: Eel dengan mulut dan perut besar) dan kemampuan mengeluarkan cahaya (contohnya: ikan Angler menggunakan cahaya dekat mulutnya untuk menarik ikan lain). Pengucapan Lan-Ting sangat jelas, walaupun dia terdengar agak malu dan sering terputus antar kata-kata dan menggunakan “um.” Tetapi respon tersebut secara garis besar sangat mudah dipahami. Pada beberapa kasus, Lan-Ting menggunakan kosakata dengan efektif dari perkulihan dan dari pengetahuannya, seperti “eels have … a stomach that can expand so that allows the eel to eat, um, prey,” dan “the amount of food eaten can, um, sustain the eel for a long time.” Ada beberapa kesalahan kecil pada tata bahasa seperti “eels have big mouth,” yang seharusnya “eels have a big mouth”), tetapi secara umum respon ini tepat dan jelas.
Transkrip dari respon dengan skor tinggi (Kildare G. dari Brazil):
Fish and marine species that live in the deep oceans have some adaptations in their bodies to allow them to survive that kind of harsh environment of lack of food. Uh, the professor in the lecture talked about two species that live in the deep oceans. The first one is the eel fish. This fish developed the ability to eat big fishes. In fact, bigger than itself! So when this fish eat these species they’ll have a bunch of nutrients that will allow him to stay, uh, alive in that environment for a long period of time. The second fish is the angler fish. It has the ability to generate light. And this light will attract other species and these species will be eaten. Also this light will allow the fish to see in the deep ocean.
Komantar penilai:
Ini adalah contoh respon dengan skor menengah. Kildare mencakup sebagian besar materi dari perkuliahan profesor, tetapi pada bagian alasan penjelasannya sedikit terbatas. Kildare menjelaskan contoh Ell dengan baik, tetapi contoh ikan Angler membutuhkan lebih detil. Ketika dia berkata, “and this light will attract other species and these species will be eaten,” ini kurang jelas siapa yang akan memakan spesies lain. Untuk membuat lebih jelas, Kildare bisa berkata, “and this light attracts other species, and since the light is near the angler fish’s mouth, the angler fish can easily eat the other fish/species that are attracted to the light.” Kildare menggunakan intonasi yang bagus ketika memberikan respon, contohnya ketika dia menekankan “in fact, bigger than itself!” untuk menjelaskan bahwa Eel bisa memakan mangsa yang sangat besar. Dia berbicara dengan kecepatan yang mudah dipahami, tapi jika dia berbicara sedikit lebih cepat dia akan punya cukup waktu untuk memberikan respon yang lebih lengkap. 

Latihan

Pilih dua dari beberapa aktivitas di bawah ini dan selesaikan. 
  1. Latihan berbicara dalam percakapan menggunakan spoken dialogue system (klik di sini untuk latihan). Setiap percakapan selayaknya kamu bertemu dengan seorang mahasiswa. Sistem akan menggunakan pengenal pembicaraan untuk mendengarkan apa yang kamu katakan dan berbicara balik kepadamu. 
  2. Berfikirlah selama 20 detik tentang apa yang kamu lakukan kemarin, kemudian rekam perkataamu sendiri selama sekitar 45 detik. Ingat, gunakan verb past tense. Kamu bisa mengerjakan hal yang sama untuk hal yang akan kamu lakukan besok, gunakan verbs in the future tense. Share responmu dengan pembelajar yang lain dengan mengunggah file audiomu di website seperti Google Drive, SoundCloud, YouTube atau YouKu.
  3. (opens new window)Carilah gambar-gambar dari majalah, surat kabar atau internet. Lihatlah gambar tersebut dan jelaskan dalam satu menit. Coba jelaskan satu gambar lebih dari sekali, gunakan kata sifat yang berbeda dan tambahlah detil. 
  4. Pikirkan tentang sebuah masalah yang mempunyai lebih dari satu solusi. Berbicaralah tentang salah satu solusi terbaik. Buatlah rekomendasi bagaimana seseorang seharusnya mengatasi masalah tersebut. 
  5. Cari surat kabar online dari sebuah English-speaking university. Lihat beberapa topik seperti admissions, housing, student activities, registering for classes, school-improvement plans, sports, dan yang lainnya. Kemudian pilih satu artikel untuk didiskusikan dengan temanmu atau dalam kelompok belajar.
  6. Cari materi listening and reading dengan topik yang sama. Materi bisa mengandung padangan yang sama atau berbeda. Kemudian siapkan sebuah outline untuk satu menit termasuk opinimu, dua poin untuk mendukung opinimu, dan satu detil atau alasan untuk mendukung setiap poin.
  7. Bacalah sebuah artikel surat kabar yang pendek, rekam ringkasannmu.  Kemudian buatlah transkrip rekaman tersebut dengan menulis apa yang kamu katakan. Review transkrip dan pikirkan cara lain untuk berbicara dengan makna yang sama. 
  8. Cari textbooks in English yang termasuk pertanyaan-pertanyaan di dalamnya setiap akhir chapter, dan latihan menjawab pertanyaan dengan suara keras. Mulai dengan materi yang kamu familier, kemudian berganti dengan materi yang kurang familier.
Sumber Belajar
Berikut adalah daftar sumber-sumber tambahan untuk belajar. Sumber-sumber ini menawarkan informasi tentang spoken English dan cara-cara untuk latihan speaking in English. 
Cari sebuah teman percakapan teman gratis dan gunakan sofware yang kamu suka seperti Skype®, WeChat® atau Google® Hangouts:
Latih bahasa Inggrismu dan dapatkan umpan balik dari sebuah komunitas speakers. Di sini kamu bisa posting file audio speaking dan pengguna lain bisa mendengar dan memberikan umpan balik pada pengucapanmu dan intonasi. Kamu juga bisa memberikan komentar pada pembicaraan mereka. 
Baca tentang bentuk-bentuk dari spoken English:
Bekerjalah pada pengucapanmu:
·         http://www.dictionary.com/(opens new window) atau translate.google.com(opens new window): akses online dictionary atau translator yang memberimu pilihan untuk mendengar seorang pembicara mengucapkan kata-kata yang kamu cari. Setelah kamu mendengarkan pengucapannya, kamu bisa mencoba mengucapkan seperti yang pembicara ucapkan.  
Fokus pada pola intonasi dari pembicara native English, demikian juga pada pengucapan kata-kata mereka dengan mendengarkan percakapan normal atau kecepatan lambat:
Bekerjalah untuk membangun kepercayaan speaking-mu:
·         https://www.reddit.com/r/PublicSpeaking/(opens new window): di sini ada beberapa tips untuk public speaking yang diunggah oleh pengguna, termasuk bagaimana membangun kepercayaan diri untuk berbicara di depan sebuah grup. Kamu juga bisa menanyakan dan mendapat jawaban atau memberi komentar pada pertanyaan orang lain. 


Review


3 komentar:

  1. Cerita pengalamannya pak, kok bisa menjadi asisten guru di Amerika.. Saya jg seorang guru, saat berkunjung ke blog anda saya menjadi tertarik dan ingin tahu prosedur menjadi tenaga pengajar di Amerika, blog nya sangat bermanfaat dan menginspirasi 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca beberapa tulisan saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Saya menjadi guru di SD Muh Condongcatur Sleman Yogyakarta selama 12 tahun. Tahun 2016 saya harus mengikuti istri yang studi lanjut di UNI Cedar Falls, Iowa, AS. Agar bisa berkomunikasi dan mudah mencari kerja saya ambil kelas bahasa Inggris di Hawkeye Community College di kota Waterloo. Setelah mendapatkan kartu ijin kerja kemudian saya bekerja paruh waktu (Jumat-Ahad) di restauran Pakistan "Masala" dan juga asisten guru di Grin & Grow Childcare. Kemudian saya mencoba melamar sebagai asisten guru SD. Setelah beberapa kali wawancara di beberapa sekolah saya diterima di Fred Becker Elementary School di kota Waterloo.

    BalasHapus