Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Sabtu, 16 Februari 2019

Cara Belajar dan Tips untuk Persiapan Tes TOEFL iBT-Writing Section


Materi ini saya terjemahkan dari kursus online TOEFL® Test Preparation: The Insider’s Guide di edX tanpa mengubah isi, hanya saja tidak menyertakan quiz per pokok bahasan dan latihan tes writing. Saya sudah konfirmasi ke edX agar diperbolehkan menerjemahkan dan menaruh kursus ini di blog. Kursus tersebut bisa diakses gratis, silakan klik link di atas untuk mendaftar. Semoga bermanfaat.

Tantangan Writing: Writing dan Kamu




Tentang Writing Section

Bagian keempat dan terakhir dari tes TOEFL iBT® adalah Writing section.
Writing section mempunyai dua pertanyaan esai dan membutuhkan 50 menit untuk menyelesaikannya. 
Pertanyaan 1 adalah Integrated Writing question. Untuk pertanyaan ini, kamu akan membaca sebuah bacaan dan mendengarkan sebuah perkuliahan pendek sebelum menulis responmu. Kamu mempunyai waktu 20 menit untuk menulis responmu.
Pertanyaan 2 adalah Independent Writing question. Untuk pertanyaan ini, kamu akan memberikan opinimu pada sebuah isu. Kamu mempunyai waktu 30 menit untuk menulis responmu. 
Writing section dinilai dengan skala 0-30.

Kamu akan belajar lebih detil tentang Writing section melalui seri video tentang dua tipe Writing question.

Gambaran Pertanyaan 1: Integrated Writing

Dalam pertanyaan Integrated Writing, kamu akan membaca sebuah bacaan tentang sebuah topik akademik selama sekitar 3 menit. Kemudian kamu akan mendengar sebuah perkuliahan pendek terkait dengan topik di bacaan. Kamu akan diminta untuk meringkas poin-poin di perkuliahan dan menjelaskan bagaimana poin-poin tersebut berkaitan dengan poin-poin di bacaan. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih jauh tentang bagaimana pertanyaan ini disusun.


Tips Cara Menjawab Pertanyaan 1: Integrated Writing
Berikut adalah tips tentang bagaimana cara menjawab Integrated Writing question. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.


Mengatur Waktu

Untuk 20 menit pertanyaan Integrated, gunakan sebagian besar waktumu untuk meringkas isi perkuliahan yang relevan, yaitu isi perkuliahan yang menunjukkan atau berhubungan dengan poin-poin dalam bacaan. Referensi dari bacaan adalah penting, tetapi tugas utamanya adalah meringkas perkuliahan yang berhubungan dengan bacaan. Hematlah waktu dalam menyusun responmu dengan mengikuti urutan poin-poin pada perkuliahan.
Selama merespon pada pertanyaan Writing, sebisa mungkin tepat waktu. Usahakan menyelesaikan tulisan esaimu saat hitungan waktu mundur masih 4 atau 5 menit. Gunakan waktu tersisa untuk melihat kembali tulisanmu dan mengeditnya jika diperlukan.

Pertanyaan 2: Independent Writing

Dalam pertanyaan Independent Writing, kamu akan disajikan sebuah pertanyaan yang menyuruh kamu untuk memberikan opini pada sebuah isu.

Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.



Tips Cara Menjawab Pertanyaan 2: Independent Writing 

Berikut adalah tips tentang bagaimana cara menjawab Independent Writing question. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test berikut untuk belajar lebih lanjut.

Mengatur Waktu

Untuk 30 menit pertanyaan Independent, pertama pikirkan tentang apa yang ingin kamu sampaikan. Tentukan poin-poin utama yang akan kamu buat dan tulislah dalam urutan logika. Pre-writing ini bisa menghemat waktumu dengan menyajikan substansi dan arahan untuk tulisanmu. Ketika menulis, tetap fokus pada pemberian alasan-alasan yang tepat, contoh-contoh dan detil. 
Selama merespon pada pertanyaan Writing, sebisa mungkin tepat waktu. Usahakan menyelesaikan tulisan esaimu saat hitungan waktu mundur masih 4 atau 5 menit. Gunakan waktu tersisa untuk melihat kembali tulisanmu dan mengeditnya jika diperlukan.

Bagaimana Penilaian Pertanyaan 1: Integrated Question



Bagaimana Penilaian Pertanyaan 2: Independent Question



Rubrik Skor Writing

Pertanyaan Writing dinilai dengan skala 0-5 menggunakan sebuah rubrik atau petunjuk penilaian. Rubrik ini menjelaskan tentang karakteristik dari sebuah respon tulisan setiap level skor sehingga penilai bisa memberikan skor yang tepat.
Rubrik untuk Integrated question dan the Independent question sangat mirip. Keduanya menilai tulisanmu pada 3 kategori, yaitu development, organization, dan language use. Beberapa detil berbeda karena perbedaan tipe pertanyaan.
Kamu bisa melihat rubrik Writing di sini: Writing Rubrics(opens new window)
Rubrik tersebut benar-benar sama dengan rubrik yang digunakan oleh penilai ETS ketika mereka menilai respon writing. Tidak ada istilah rubrik “public version” dan “rater version” seperti pada tes yang lain.
Jika kamu belajar bersama dengan guru bahasa Inggris, kamu bisa meminta beliau untuk menilai respon latihanmu menggunakan rubrik tersebut.
Petunjuk Latihan Tes di Situs ETS (Berbayar)
Bagian ini mengukur kemampuan menulismu dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi dalam lingkungan akademik. 
Ada dua pertanyaan dalam latihan tes.
Untuk Question 1, kamu akan membaca sebuah bacaan dan mendengarkan sebuah perkuliahan dengan topik yang sama. Kamu mungkin perlu membuat catatan selama membaca dan mendengarkan. Kemudian kamu akan menulis sebuah respon dari sebuah pertanyaan berdasarkan apa yang telah kamu baca dan dengarkan. Kamu bisa melihat kembali bacaan ketika sedang menjawab pertanyaan. Kamu mungkin bisa menggunakan catatanmu untuk membantu menjawab pertanyaan (catatanmu tidak akan dinilai pada tes TOEFL). Kamu mempunyai waktu 20 menit untuk membuat rencana dan menulis responmu.
Untuk Question 2, kamu akan menulis sebuah esai berdasarkan pengetahuan dan pengalamanmu. Kamu mempunyai waktu 30 menit untuk merencanakan dan menyelesaikan esaimu. 
Laihan tes ini menggunakan alat penilai otomatis yang mengijinkan kamu men-submit Writing responmu pada penilaian elektronik oleh ETS. Lihat persyaratan sistem di bawah ini. 
Untuk setiap pertanyaan, setelah kamu membaca dan atau mendengar semua bagian pertanyaan, mulailah penghitung waktu dengan memilih tombol BEGIN dan tulislah esaimu di dalam kotak yang disediakan. Ketika kamu sudah menyelesaikan esaimu, pilih tombol SUBMIT untuk mengirimnya kepada penilai. Mohon dicatat bahwa respon untuk setiap pertanyaan hanya bisa di-submit satu kali
Setelah kamu men-submit kedua respon, mereka akan dinilai. Kamu akan menerima sebuah rentang skor setelah 24 jam kamu men-submit respon terakhir. 

Catatan:

Pertanyaan pada latihan adalah pertanyaan pada tes TOEFL iBT® sesungguhnya, tetapi formatnya disesuaikan untuk latihan. Sebangai contoh:
  • Walaupun kamu bisa mengatur audio di tes latihan, pada tes sesungguhnya kamu hanya akan mendengarkan audio sekali tanpa bisa menghentikannya. 
  • Transkrip perkuliahan tersedia pada latihan tes, tetapi tidak pada tes sesungguhnya. 
  • Pada latihan tes kamu bisa memulai penghitung waktu untuk setiap esai. Pada tes seungguhnya, penghitung waktu akan memulai secara otomatis dan tidak dapat dikontrol oleh peserta tes. 
Hasil dari latihan tes bukan merupakan prediksi tentang seberapa hasil yang akan kamu peroleh pada tes TOEFL iBT sesungguhnya.
Rentang skor dan informasi skor hanya digunakan untuk latihan, bukan merupakan skor sesungguhnya. 

Persyaratan Sistem

  • Speaker atau headphone
  • Web browser:
    • Chrome (version 59 or later) adalah browser yang optimal.
    • Firefox (version 54.0.1 or later) bisa digunakan, tetapi mungkin tidak lancar ketika menggunakan Firefox pada phone.
  • Operating System
    • Catatan: iOS dan OSX tergantung Devices (all version of iPhone, iPad, and Mac) tidak bisa support untuk saat ini.
Kamu sudah submit responmu dari dua pertanyaan Writing, yaitu Integrated Writing question; di mana kamu sudah membaca sebuah bacaan dan mendengarkan sebuah perkuliahan, kemudian menulis tentang bagaimana perkuliahan berhubungan dengan bacaan. Pertanyaan yang lain adalah Independent Writing question yang menyuruh kamu menulis tentang pendapatmu pada sebuah topik atau isu. 
Responmu akan dinilai oleh mesin penilai otomatis yang disebut e-rater, yang bisa melihat karakteristik-karakteristik kunci dalam tulisanmu dan memberikan skor. Hal ini bisa memberikan kamu pengalaman tentang bagaimana responmu akan dinilai pada tes sesungguhnya. 
Selanjutnya kamu akan melihat beberapa tambahan contoh respon dan skornya serta komentar dari penilai tentang bagaimana mereka mendapatkan skor tersebut.
Contoh Respon Pertanyaan 1
Review:
Berikut ini adalah catatan topik-topik yang sangat penting untuk disertakan ketika menjawab pertanyaan 1, diikuti dengan contoh respon dan komentar dari penilai TOEFL sesungguhnya. 
Catatan Topik:
Kamu harus memahami alasan-alasan yang disampaikan dalam perkuliahan tentang mengapa four-day workweek tidak penting dan bukan ide yang bagus. Pernyataan dosen atau penulis tentang manfaat dari four-day workweek yang disampaikan dalam bacaan adalah: benefits to companies, to the country as a whole, dan as well as to individuals.
Sebuah respon dengan skor tinggi akan mengandung beberapa poin berikut yang disampaikan oleh dosen dalam perkuliahan yang menunjuk pada poin-poin dalam bacaan: 

Poin-poin dalam Bacaan

Poin-poin Sanggahan dalam Perkuliahan

Companies will profit from four-day workers because these workers will be more alert and make fewer mistakes in their work.
Company profits could actually decrease due to extra money companies will need to spend on health benefits, training, space, or equipment for extra workers.
A policy of having four-day workers opens up more jobs and could reduce unemployment nationwide.
Unemployment may not decrease because companies could just ask workers to work overtime or expect four-day workers to complete five days of work in four days.
The extra day off would improve individuals’ quality of life by allowing them more time with family and more leisure time.
The quality of life of people working four-day weeks could suffer because they could have fewer chances for career advancement or be more likely to be laid off.



Contoh Respon Tes TOEFL Sesungguhnya

Berikut adalah contoh respon dari PAbreu dari Portugal dan Mariana dari Venezuela. 

Bacalah respon PAbreu’s dengan skor tinggi berikut:
In the lecture, the professor makes a series of points that cast doubt on all the arguments presented in the reading passages about the advantages of a four-day workweek.
First of all, the professor does not believe that offering the four-day workweek to the employees will not have an impact on the company's profits. In fact, the professor argues that it is very unlikely that profits will increase, being much more probable that they will actually decrease. This decrease in profits would occur due to an increase in expenses that would follow the adoption of this workweek scheme by the employees. If the company has to contract new employees, it necessarily has to spend more in training, medical assistance, and maybe even in the expansion of the office and buying of new equipment to accommodate them.
Secondly, and taking into account all the expenses that can come from hiring new employees, as just explained, the professor does not think that there would be a reduction of unemployment rates (as suggested in the reading passage) as it is very likely that companies would opt for alternatives that do not bring new costs. These options might include asking the employees to work overtime to compensate for the hours lost or raising the expectations to the employee having the four-day workweek, i.e., assuming that the employee will do in this time the same amount of work we used to do on the five-day workweek.
Finally, even though the professor recognizes that having more free time could improve the quality of life of the individual employees, as stated in the reading passage, he does not think that those benefits would come without risks. According to the professor, the employees that opt for the four-day workweek would be the firsts to be fired if the company needs to reduce the costs and would less likely progress in their careers, since companies prefer to give high responsibility positions to employees that are committed to their work and are available for the required duties for longer periods of time.
Komentar penilai:
Dalam respon dengan skor tinggi ini, PAbreu dengan suskes memilih informasi penting dalam perkuliahan dan dengan jelas menerangkan bagaimana informasi ini membantah informasi pada bacaan. Respon tersebut disusun sangat rapi: setiap paragraf pada bagian tubuh esai selalu dimulai dengan ungkapan bahawa dosen tersebut tidak setuju dengan salah satu hal pada bacaan yang mengklaim tentang manfaat four-day workweek; kemudian menunjukkan, dalam sebuah cara yang jelas dan runtut, alasan-alasan dosen tentang ketidaksetujuannya. Respon mengandung beberapa kesalahan bahasa seperti pada akhir kalimat paragraf 3, PAbreu menggunakan pronoun “to” yang seharusnya “for” pada frase “expectations to the employee”; juga pada akhir kalimat yang sama, dia menggunakan pronoun “we” yang seharusnya “he” atau “she” untuk merujuk kembali ke kata "employee"; dan pada kalimat terakhir dari paragraf 4, PAbreu merujuk ke “employees that opt for the four-day workweek” sebagai “the firsts to be fired…”, hal ini tidak tepat dengan menggunakan kata “first” untuk jamak, seharusnya menggunakan frase “first ones”. Tetapi kesalahan kecil ini tidak mencegah seorang pembaca untuk memahami isi respon atau hubungan antara bacán dan perkuliahan yang PAbreu buat.
Bacalah respon Mariana dengan skor tinggi berikut:
The lecture talks about the negative points regarding the installment of a four-day work week in American work places. 

He begins the lecture by stating that, despite the fact that workers with a shortened workweek will be given a smaller salary, companies will lose money if this new policy were instated. Because several employees would work less, they would probably require more workers; which would be costly for the company, as they would have to pay for things such as medical insurance, or augment the office spaces to accommodate more people. These extra costs would quite easily cut into the company's profits, and not be beneficial.

The teacher argues that, unlike what is suggested in the reading, the idea of a four day week will not increase employment spaces. On the other hand, he feels that companies will most likely expect employees with a shortened workweek to do the same amount of work in four days that they used to do in five. Because of that workers will have to endure much more stress and working conditions would be more unpleasant. 

Lastly, he does agree with the reading regarding the fact that a four day week would give employees more time with personal matters, such as family or recreational activities. However, he also finds a downside to this when he explains that working only four days would make the employee less likely to gain considerable promotions in their work fields. Also, he says that in the case of an economic downfall, four day workers would be the first to be fired. In conclusion, despite the positive points made in the reading, it can be said that the teacher is against the idea of a four day week and has several valid arguments to support his position.
Komentar penilai:
Pada respon dengan skor tinggi ini, penulis secara umum bekerja dengan baik dalam pemilihan informasi yang relevan dari perkuliahan dan menyampaikannya dengan baik dan jelas. Respon penulis sedikit kurang lengkap untuk membahas poin perkuliahan kedua, penulis hanya menyebut satu dari dua cara yang perusahaan coba untuk menghindari biaya memperkerjakan tambahan karyawan baru. Hal yang sama dalam membahas perkuliahan poin ketiga (tentang karyawan 4-hari kerja akan terlewat dari promosi jabatan), penulis melewatkan beberapa informasi, dia tidak menjelaskan penjelasan profesor tentang mengapa hal itu mungkin terjadi. Ada sedikit ketidakjelasan yang penulis gunakan pada frase “will not increase employment spaces”; frase tersebut bisa dimaknai secara harfiah bahwa "tidak akan menambah ruang kerja pegawai" padahal yang dimaksud mungkin "tidak akan menambah jumlah pegawai". Ada beberapa bahasa yang susah dipahami atau kesalahan penggunaan seperti pada frase transisi “On the other hand” pada paragraf 3 adalah kurang tepat (“On the contrary” mungkin yang dimaksud). Penggunaan koma juga sebaiknya dihilangkan setelah kata "On the other hand". Tetapi kesalahan tersebut kecil dan secara keseluruhan tidak berdampak pada penyampaian penulis.

Contoh Respon Pertanyaan 2
Review:
Berikut ini adalah catatan topik-topik yang sangat penting untuk disertakan ketika menjawab pertanyaan 2, diikuti dengan contoh respon dan komentar dari penilai TOEFL sesungguhnya. 
Catatan Topik:
Topik ini mudah diakses, secara umum penulis mempunyai banyak hal untuk dikatakan dalam respon untuk pernyataan ini. Tidaklah mengejutkan, banyak respon yang menyatakan keduanya bagus, baik traveling in one's own country maupun traveling to a foreign country. Travel, secara umum memberikan pengalaman dan kesempatan untuk melihat dan belajar tentang orang dan tempat baru. Orang tumbuh dan berkembang melalui traveling.
Orang yang setuju dengan pernyataan bahwa traveling di negeri sendiri lebik baik akan memberikan alasan: travel is not expensive, it is comfortable, convenient, and easy. One doesn't need any foreign language skills to travel in one’s own country. Different cultures, places, and languages mungkin tidak disampaikan sebagai alasan.
Orang yang lebih memilih perjalanan ke luar negeri biasanya memberikan alasan: that travel is broadening and one can learn about a different culture. Pada era globalisasi adalah penting untuk mengetahui dunia, tidak sekedar negara sendiri. Penulis mungkin menyebutkan kota atau negara tertentu sebagai contoh walaupun mungkin banyak esai yang lebih menjelaskannya secara umum.
Sedikit penulis yang membahas tentang travel dalam istilah emigration/immigration dari satu negara ke negara lain. Karena pernyataan pada soal tidak menentukan alasan tertentu untuk travel, maka tulisan tergantung topik dan dinilai beradasarkan topik tersebut.  

Contoh respon:

Kami telah memilih respon dari Aarcha Z. dari Norwegia dan Chao dari China. 
Bacalah respon Aarcha Z dengan skor tinggi.
I think that people benefit more from traveling to foreign countries. I travel to experience new sights, cultures and food. How can you do that if you just travel in your own country? You have to go to South America to see the great work that Native Americans made centuries ago, to Spain to be greeted with the Spaniards’ hospitality and to Japan to eat authentic Japanese-style barbecued eel. By travelling in your own country, you won’t experience anything new – you’ll still see the things you’re used to see, be in the same culture as your own and eat the same things you always eat.

In addition to that, travelling to another country gives you the perfect excuse to learn a new language. For example, I’m planning to go to France next year, and I’ve already started learning basic French with the help of apps on my mobile phone. Learning a new language is a wonderful thing, as it not only helps you get around in foreign countries, but also makes you attractive in the job market. If you’re travelling in your own country, you will never truly need to learn a new language, and will therefore miss out on the opportunity that it brings.

One of my favorite things to do when I’m travelling is to go shopping – and nothing is more fun than to shop in foreign countries. I’m not saying that you won’t be able to shop if you’re travelling in your own country. What I am saying is that you’ll be able to buy things abroad that you won’t be able to buy back home. For instance, when I was in Japan I bought a beautiful necklace made from a rare black pearl. I wouldn’t have been able to buy it if I never went to Japan!

To conclude, I would like to say that I disagree with the statement. People benefit more from travelling to foreign countries than from travelling in their own country. This is because one will be able to experience new things, learn new languages and buy exclusive items when travelling abroad.
Komentar penilai:
Dengan jelas dan gamblang, respon ini secara efektif menjelaskan topik dengan mendeskripsikan tiga keuntungan dari travel ke luar negeri, dengan membandingkan kekurangan travel di negeri sendiri. Secara umum esai ini disusun dengan baik dan lengkap, dengan pengembangan ide yang konsisten yang mana traveling ke luar negeri menawarkan banyak kesempatan yang tidak didapatkan di negeri sendiri: the opportunity to experience new places, to learn a foreign language, to buy things you won’t find elsewhere. Contoh yang diberikan tepat dan membuat kenangan dengan penggunaan detil yang mencolok dan khusus, seperti ketika Aarcha menyebutkan ketika makan “authentic Japanese-style barbecued eel” dan ketika membeli sebuah “beautiful necklace made from a rare black pearl”. Bahasa Aarcha secara umum bagus dan menunjukkan beberapa macam susunan kalimat, seperti pada paragraf 1, Aarcha mengikuti sebuah pertanyaan retorikal pendek dengan sebuah kalimat panjang tentang spesifik pengalaman travel ke negara-negara tertentu. Respon ini tercatat hanya mengandung satu atau dua kesalahan kecil pada kata: “you’ll still see the things you’re used to see”, yang seharusnya “you’ll still see the things you’re used to seeing”. 
Bacalah respon Chao dengan skor tinggi.
When it comes to the question whether it's more beneficial to travel internationally or domestically, everyone will have their own answer given their individual characteristics such as their needs, interests, and budget. From my perspective, given same amount of travel time and budget, I deem I can benefit more from travelling in my own countries. I will detail my reasoning as follows.
 
The most critical reason is time. As a traveler, I would prefer spending more time exploring my destination rather than getting stuck at the security checkpoint, sitting in the airplane, and waiting in a long queue at the custom, which are often associated with international travel. For example, if I have a week of vacation, instead of spending 2 days on the way, I could choose a destination that may only take me couple hours to get there that means I have 1 more extra vacation day.
 
Secondly, more time at the destination enables me to explore and interact with the people and surroundings more. I personally prefer a more in depth traveling experience than a superficial glance of tourist attractions. International trip is often meticulously organized because of the language barriers. In comparison, as I travel in my own country, I can freely tour around my destination, chatting to local people, enjoy the street food that makes the trip a lot more interesting.
 
Lastly, international travel can cost travelers significantly more comparing to a domestic one. Admittedly, cost of a trip is often determined personal choice and preference but a lot fees, such as visa and currency exchange, are often inevitable. In addition, to save money in another unknown country can be a lot more challenging.
 
In all, despite the fact that international travel may leave me an exciting memory, as a traveler I feel I benefit more from traveling within the country when considering time, money and travel experience.
Komentar penilai:
Pada respon dengan skor tinggi ini, penulis menunjukkan kesesuaian dengan topik dan mengerjakannya dengan baik, pengembangan perbandingan yang bagus antara travel international dan domestik dengan menata respon dan mempertahankan pilihannya pada travel domestik. Secara umum penulis mendukung setiap poin dengan contoh dan penjelasan yang tepat. Ketika menjelaskan tentang penghematan waktu dari travel domestik, penulis dengan tepat menjelaskan bagaimana frustasinya dan hambatan pada travel internasional dengan menyertakan contoh seperti “getting stuck at the security checkpoint, sitting in the airplane, and waiting in a long queue at the custom”. Penulis juga menggunakan struktur kalimat dan penggunaan kosakata yang akurat seperti  “meticulously”, “superficial”, dan “admittedly”. Ada beberapa sedikit kesalahan bahasa, seperti beberapa kelalaian kata seperti (“given [the] same amount”, “take me [a] couple [of] hours”, “often determined [by] personal choice”), tetapi tida berpengaruh pada makna. 

Latihan

Pilih dua dari beberapa aktivitas berikut dan kerjakan. 
  1. Buatlah sebuah vocabulary journal dan carilah sinonim dari beberapa kata yang bermanfaat. Tulislah kata-kata tersebut di www.thesaurus.com(opens new window) untuk menemukan sinonim dan eksplor bagaimana kata-kata dengan makna yang sama saling berhubungan. Kamu bisa share beberapa kata baru dengan teman yang juga sedang belajar.(opens new window)
  2. Carilah sebuah artikel pendek dari situs berita seperti cnn.com, bbc.com, atau reuters.com. Latihlah parafrase dengan menulis kembali menggunakan bahasamu sendiri.
  3. Carilah sebuah rekaman perkuliahan dari kursus online seperti di edx.org. Dengarkan perkuliahan tersebut dan buatlah catatan tentang poin-poin utamanya. Ini adalah aktivitas yang baik dilakukan bersama teman, karena kamu berdua bisa mengerjakan sendiri-sendiri dan kemudian membandingkan catatan masing-masing. 
  4. Baca dua artikel dengan topik yang sama dan tulislah rangkuman keduanya. Kemudian jelaskan apa kesamaan dan perbedaan keduanya.
  5. Carilah sebuah esai di surat kabar atau majalah atau dari internet yang mengungkapkan sebuah opini. Bacalah dan tulis tentang mengapa kamu setuju atau tidak setuju dengan opini penulis. Berikan waktu 30 menit untuk membuat rencana, menulis, dan merevisi esaimu. 

Sumber Belajar

Berikut adalah beberapa tambahan sumber belajar writing. Sumber-sumber ini menawarkan informasi tentang written English and ways for you to practice writing in English. 
Eksplore handbook online dan sumber lain pada academic writing dari beberapa universitas di USA, Canada, the UK dan Australia.
·         http://www.une.edu.au/current-students/resources/academic-skills/fact-sheets(opens new window) (lihat pada the fact sheets on writing and paragraph types.)
Bacalah esai-esai pendek, kemudian lihatlah pada pertanyaan-pertanyaan pada akhir esai. Tulislah respon untuk menjawab pertanyan-pertanyaan tersebut. Cobalah untuk menggabungkan beberapa kata kunci yang digunakan pada esai pada responmu.
Bacalah beberapa pelajaran pendek, kemudian aplikasikan apa yang kamu telah pelajari dengan menulis respon dari berbagai tugas.

0 comments:

Posting Komentar