Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Minggu, 24 Februari 2019

Cara dan Alat Komunikasi di Sekolah Amerika


verycampus.com
Komunikasi di sekolah Amerika bertujuan untuk menyampaikan informasi dua arah dari dan ke distrik, sekolah, guru, staf sekolah, siswa dan orang tua. Ada beberapa jenis cara dan alat komunikasi di sekolah sesuai dengan tujuan dan sumber informasi, antara lain dengan tatap muka, telepon, email, website, surat, facebook dan aplikasi. Tatap muka tetaplah cara komunikasi yang paling efektif dan utama jika keadaan memungkinkan, tetapi dalam tulisan ini akan menjelaskan cara komunikasi dengan menggunakan alat baik sebagai cara untuk menyampaikan informasi maupun cara untuk berkomunikasi sebelum tatap muka.

Komunikasi Distrik dengan Guru dan Staf Sekolah
Distrik merupakan pelaksana dan penanggung jawab keberlangsungan sekolah di sebuah kota dari Pre Kindergarten sampai High School (PK-12). Setiap distrik mempunyai kebijakan sendiri-sendiri dalam mengelola sekolah. Ada beberapa cara dan alat komunikasi antara distrik dan guru serta staf sekolah.


Telepon
Telepon digunakan distrik untuk menyampaikan informasi penting dan darurat seperti ketika sekolah diliburkan karena cuaca buruk dan informasi khusus untuk guru atau staf tertentu seperti undangan pelatihan atau meeting yang harus segera ditindaklanjuti. Semua guru dan staf sekolah akan mendapatkan telepon oleh mesin (rekaman suara) dan email untuk informasi darurat. Sedangkan guru dan staf sekolah bisa menggunakan telepon untuk bertanya suatu hal atau masalah, membuat janjian pertemuan dan keperluan lainnya dengan pegawai distrik.

Email dan Website
Email merupakan sarana utama untuk berkomunikasi antara distrik dan guru atau staf sekolah. Hampir semua informasi disampaikan menggunakan email baik informasi harian maupun informasi penting dan darurat. Penyampaian informasi penting dan darurat menggunakan semua alat komunikasi elektronik, yaitu telepon, email, website dan juga facebook. Sedangkan sebagian informasi yang dibutuhkan guru dan staf sekolah ada di website distrik. Guru dan staf biasanya berkomunikasi dengan pegawai distrik melalui email. Setiap guru dan staf sekolah dibuatkan akun gmail oleh distrik.

Surat
Surat digunakan untuk menyampaikan informasi yang penting dan khusus untuk guru atau staf tertentu tetapi tidak mendesak seperti undangan pelatihan atau pertemuan yang masih berjangka lebih dari satu bulan.

Komunikasi Distrik dengan Orang Tua

Telepon, Email, Website dan Facebook
Seperti halnya komunikasi dengan guru dan staf sekolah, penggunaan telepon dan email juga untuk menyampaikan informasi penting dan darurat seperti setika sekolah diliburkan karena cuaca buruk. Semua orang tua akan ditelepon oleh mesin dan juga diemail untuk menyampaikan informasi tersebut. Informasi darurat juga ada di website dan facebook. Sedangkan informasi penting tapi tidak darurat disampaikan melalui email, website dan facebook. Khusus facebook biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi tentang kegiatan distrik, kegiatan pembelajaran, kegiatan sekolah dan prestasi siswa dalam olahraga dan bidang lainnya. Jika orang tua ingin berkomunikasi dengan pegawai distrik bisa melalui telepon dan email serta tentu saja datang langsung ke kantor distrik.

Surat Edaran
Surat edaran biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi dengan format yang membutuhkan isian dan harus dikembalikan ke sekolah atau distrik seperti data siswa. Ada juga format isian yang disampaikan melalui email dan diisi secara online seperti survei atau polling.

Infinitive Campus
Infinitive campus merupakan aplikasi sistem informasi siswa (student information system). Semua data siswa ditaruh di aplikasi ini yang mana bisa diakses oleh guru dan staf sekolah yang berwenang, administrator (sekretaris sekolah, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah) dan distrik. Sedangkan untuk orang tua bisa mengakses informasi akademik dan rekam jejak siswa (student records) serta data lainnya seperti data pribadi siswa.

Komunikasi Sekolah dengan Orang Tua

Telepon, Email, Website dan Facebook/Instragram
Telepon digunakan untuk menyampaikan informasi penting dan darurat seperti ketika siswa sakit di sekolah orang tua menjemputnya. Orang tua bisa menggunakan telepon untuk meminta ijin kepada sekolah saat siswa tidak masuk sekolah atau siswa dijemput awal, menghubungi guru atau kepala sekolah dan bertanya tentang sesuatu hal. Sedangkan untuk informasi penting baik informasi sekolah maupun PTA (parent teacher organization) atau PTO (parent teacher organization) yang tidak darurat disampaikan melalui email dan website. PTA atau PTO merupakan wadah untuk menfasilitasi keterlibatan orang tua siswa dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan sekolah. Facebook dan Instagram digunakan selain untuk menyampaikan informasi penting juga berisi tentang kegiatan pembelajaran dan kegiatan sekolah serta kegiatan PTA  atau PTO.

Surat Edaran
Surat edaran biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi dengan format yang membutuhkan isian dan harus dikembalikan ke sekolah atau distrik seperti data siswa dan jadwal PTC (parent teacher conference). Ada juga format isian yang disampaikan melalui email dan diisi secara online seperti survey dan jadwal PTC.

Komunikasi Guru dan Orang Tua

Telepon, Email dan SMS
Telepon dan email merupakan cara komunikasi utama antara guru dan orang tua. Guru menyampaikan kejadian penting yang perlu diketahui orang tua melalui telepon atau email. Orang tua pun bisa berkomunikasi dengan guru untuk keperluan apapun dengan telepon dan email seperti pemberitahuan tentang siswa sakit dan ijin tidak masuk sekolah. Guru atau orang tua menggunakan SMS untuk berkomunikasi sebagai alternatif jika tidak bisa menggunakan telepon atau email.

Student Planner
Siswa mencatat apa yang hari ini dipelajari, PR dan berapa lama membaca buku di rumah di buku student planner. Orang tua bisa melihat buku tersebut untuk memantau perkembangan siswa.

hiphomeschoolmoms.com

Leader Binder
Hasil tes, sebagian karya siswa (matematika, writing dan reading), data grafik nilai, dan penilaian diri siswa ditaruh di Leader Binder. Leader Binder dibawa pulang siswa setiap hari Jumat dan dikembalikan hari Senin agar dicek orang tua untuk memantau perkembangan siswa dan bahan diskusi dengan siswa.

Take Home Folder
Jika ada informasi dan surat edaran dari sekolah atau penawaran kegiatan dari pihak ketiga melalui sekolah akan dimasukkan dalam stopmap yang dibawa siswa pulang ke rumah setiap hari.

Aplikasi
Untuk menyampaikan informasi tentang kegiatan pembelajaran siswa atau kegiatan kelas guru menggunakan aplikasi seperti ClassDojo atau SeeSaw. Orang tua bisa juga berkomunikasi dengan guru melalui aplikasi tersebut.

Komunikasi Sekolah dengan Guru dan Staf Sekolah

Email
Email adalah cara komunikasi utama antara sekolah (administrator) dan guru serta staf sekolah. Hampir semua informasi baik sekolah maupun pribadi (menikah, sakit, pesta) diinformasikan melalui email.

Telepon, SMS dan Walkie Talkie
Telepon biasanya untuk menyampaikan informasi yang sifatnya penting dan darurat atau harus segera ditindaklanjuti. Guru dan staf sekolah bisa menggunakan telepon dan email untuk memberitahukan ketika sakit atau terlambat serta membuat janjian bertemu dengan kepala sekolah. Jika guru atau staf sekolah sakit dan tidak berangkat ke sekolah selain memberitahu sekolah juga harus mengisi aplikasi ketidakhadiran yang disebut Aesop (Frontline). Sedangkan walkie talkie digunakan oleh staf sekolah khusus (interventionist) yang menangani siswa dengan gangguan perilaku karena membutuhkan komunikasi antar staf dan administrator dengan cepat.

Pengeras Suara dan Intercom
Setiap kelas ada pengeras suara dan interkom. Pengeras suara digunakan untuk menyampaikan informasi umum harian untuk staf dan siswa seperti menu makan siswa, istirahat di kelas karena cuaca buruk, pertemuan guru, memanggil siswa untuk assembly, memanggil staf sekolah atau administrator dan lain-lain. Sedangkan interkom digunakan untuk berkomunikasi secara khusus misalnya memanggil siswa yang dijemput orang tua dan memanggil guru untuk menelpon ke kantor.

Komunikasi Antar Guru dan Staf Sekolah

Email
Email digunakan sebagai alat komunikasi utama antar guru dan staf sekolah khususnya untuk keperluan sekolah tetapi juga bisa untuk keperluan pribadi.

Telepon dan SMS
Setiap kelas dan ruangan ada telepon yang digunakan untuk keperluan sekolah. Telepon tersebut digunakan untuk keperluan yang harus segera ditanggapi. Sedangkan penggunaan telepon seluler dan SMS biasanya untuk keperluan pribadi.

Komunikasi Guru dan Siswa

Email
Setiap siswa dibuatkan akun gmail oleh distrik. Akun ini digunakan untuk beberapa tujuan antara lain mendapatkan informasi atau tugas dari guru yang biasanya berisi link ke aplikasi tertentu dan sebagai user pada aplikasi pembelajaran yang digunakan di kelas seperti Raz-Kids, Prodigy Math Games, XtraMath, Studio Code, Edify Learning, Freckle Education, dan lain-lain.

Aplikasi
ClassDojo dan SeeSaw adalah dua aplikasi yang sering digunakan guru dan siswa untuk menunjang pembelajaran dan komunikasi dengan siswa. 

0 comments:

Posting Komentar