Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Rabu, 20 Februari 2019

Tips untuk Persiapan dan Saat Tes TOEFL iBT


Persiapan Saat Tes TOEFL iBT



Di Tempat Tes TOEFL iBT® 
Tonton video tentang tempat tes TOEFL iBT® untuk melihat apa yang harus kamu lakukan saat hari tes, ketika kamu: 
    • Tiba di tempat tes
    • Check in
    • Mengerjakan tes
    • Report atau cancel skormu
    • Sign out


Tips Saat Hari Tes

Apa yang Dibawa
Kamu perlu membawa dua hal ke tempat tes: 
    1. Registration Number-mu dari Registration Confirmation-mu dari online account(opens new window).
    2. Identification (ID) document yang berlaku dan diterima. Lihat persyaratan di lokasi tesmu di Identification Requirements page(opens new window).
Apa yang Diharapkan
    • Sebelum memasuki ruang tes, kamu mungkin akan discan dengan alat elektronik sebagai contoh, metal-detector.
    • Kamu akan difoto dan disuruh menempati tempat duduk yang sudah ditentukan. Hal itu juga akan ada di laporan skor.
    • Kamu akan disuruh untuk menandatangani sebuah pernyataan confidentiality agreement yang mengatakan kamu tidak akan berbagi segala informasi tentang apa yang ada dalam tes.
    • Kertas corat coret disediakan dan harus dikembalikan pada akhir tes. Kamu harus telah menggunakan semua kertas sebelum meminta lainnya kepada staf tes. 
Apa yang Dilakukan 
    • Kamu sebaiknya tiba di tempat tes paling tidak 30 menit sebelum tes dimulai. 
    • Tunjukkan kartu identitas yang masih berlaku dan diterima. Lihat persyaratan di lokasi tesmu di Identification Requirements page(opens new window).
    • Jika kamu butuh bantuan selama tes dengan alasan apapun, angkat tanganmu. 
Apa yang Tidak Boleh Dilakukan
ETS mempunyai aturan yang ketat tentang keamanan tes untuk memastikan tidak ada satu orang pun yang melakukan kecurangan. Jika kamu tidak mengikuti aturan, kamu bisa disuruh pergi dari tempat tes, skormu dibatalkan, dan kamu bisa tidak boleh lagi mengambil tes pada waktu yang lain. 

Berikut adalah beberapa aturan keamanan tes paling penting:
    • Tidak boleh mengerjakan tes atau sebagian tes untuk orang lain atau orang lain mengerjakan tes atau sebagian tes untuk kamu. 
    • Tidak boleh mencoba untuk memberikan atau menerima bantuan saat tes. 
    • Tidak boleh mengerjakan bagian tes apapun ketika belum disuruh untuk mengerjakannya.
    • Tidak boleh menggunakan alat bantu tidak resmi selama tes dan istirahat, termasuk: 
      • telepon genggam dan jam apapun jenisnya
      • alat perekam, pen-scan, pendengar, dan kamera
      • catatan, materi persiapan tes, atau kertas corat-coret bukan yang disediakan staf 
    • Tidak boleh meninggalkan ruang tes atau tempat tes tanpa ijin selama tes dan istirahat. 
Ada banyak contoh hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan (you can read a longer list here(opens new window)), tetapi paling tidak kamu sudah tahu tentang hal-hal penting yang tidak boleh dilakukan di atas. Singkatnya, kamu harus jujur tentang siapa kamu dan kerjakan tesmu sendiri. 

Informasi Umum dan Tips

    1. Mulailah registrasi atau pendaftaran di sini: https://www.ets.org/bin/getprogram.cgi?test=toefl(opens new window).
    2. Registrasi ditutup 7 hari sebelum waktu tes. Terlambat mendaftar 4 hari sebelum waktu tes akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar US$40.
    3. Jika kamu ada masalah dengan online registration, silakan hubungi TOEFL iBT® Regional Registration Center di lokasi tesmu. Cari kontak informasinya di Contact Us page(opens new window).
    4. Jika kamu membutuhkan akomodasi tes karena difabel atau kebutuhan tertentu berkaitan dengan kesehatan, kamu tidak bisa menggunakan online registration system atau dengan phone. Cari informasi tentang akomodasi tes di request accommodations and register for the test(opens new window).

Persyaratan Identification (ID)

Sebagai bagian dari komitmen ETS untuk keamanan tes, ada beberapa persyaratan kartu identitas yang ketat untuk semua peserta tes TOEFL. Pastikan kamu memahami dan mengikuti persyaratan tentang persyaratan ID. Jika kamu tidak mengikuti persyaratan, kamu akan diminta pergi dari tempat tes dan uang pembayaranmu tidak dikembalikan. 
    1. Cek persyaratan ID untuk negaramu di Identification Requirements page(opens new window). Kamu disyaratkan untuk memasukkan paling tidak satu jenis kartu identitas sebelum kamu melakukan registrasi waktu tes. 
    2. Pastikan nama di akun TOEFL iBT benar-benar sama dengan namamu yang tercantum di ID. Jika kamu ingin menggantu nama di akunmu, hubungi TOEFL Services Headquarters dengan telepon di +1-609-771-7100 atau 1-877-863-3546, atau dengan email di toefl@ets.org(opens new window). Kamu tidak bisa menggantii namamu sendiri di akunmu.

Biaya dan Pembayaran

Biaya tes tergantung lokasi di mana kamu akan mengambil tes. Lihat biaya tes untuk lokasimu di Select Your Location page.(opens new window)
Ini adalah beberapa cara pembayaran untuk semua lokasi:
    1. Credit atau debit card: American Express®, Discover®, JCB®, MasterCard® atau VISA®.
    2. PayPal® account
    3. Electronic check (e-check) jika kamu punya akun bank di United States atau U.S. territories.
Biaya tes dalam US Dollar. Kamu punya pilihan membayar dengan beberapa mata uang di bawah ini. Nilai tukar dihitung berdasarkan nilai tukar saat hari registrasi. 
    • Euro
    • Indian Rupee
    • Japanese Yen
    • South Korean Won

Bantuan

Jika kamu butuh bantuan apapun berkaitan dengan registrasi tes TOEFL, kamu bisa menghubungi TOEFL Regional Registration Center (RCC). Cari RRC-mu di www.ets.org/toefl/contact(opens new window).

Penerimaan Skor

Sekitar 10 hari setelah tes, kamu akan menerima sebuah email yang memberitahu tentang skormu yang telah tersedia di TOEFL iBT online account-mu. Selama tiga hari setelah skormu tersedia, kamu bisa mengunduh dan mencetak laporan skormu dalam bentuk kopi PDF dari akunmu. 
Lihatlah list of dates (PDF)(opens new window) untuk melihat kapan skor dijadwalkan akan ditampilkan untuk setiap tes.
Jika kamu memilih untuk menerima laporan skor cetak, skormu akan dikirim melalui pos sekitar 13 hari setelah tes. Pengiriman dari United States membutuhkan 7-10 hari dan tambahan waktu untuk pengiriman ke lokasi di negara lain.

Pengiriman Skor ke Institusi

Biaya tesmu termasuk pengiriman laporan skor TOEFL® resmi ke TOEFL Destinations(opens new window) yang kamu pilih sebelum tes. Penerima laporan skor bisa ditambahkan atau dihapus melalui TOEFL iBT® online registration system sampai pukul 21.00 (waktu tempat tes) pada hari yang sama dengan waktu tes. Untuk perubahan yang dibuat setelah pukul 21.00 ada biaya sebesar US$20 untuk setiap permintaan laporan skor.
Laporan skor resmi akan dikirim secara langsung ke penerima yang telah kamu tentukan sekitar 13 hari setelah tes. Perlu dicatat bahwa waktu pengiriman bisa berbeda tergantung bagaimana penerima laporan skor memilih cara mereka menerimanya. ETS tidak bisa mengontrol pengiriman surat ke berbagai lokasi di seluruh dunia. Butuh sekitar 7-10 hari untuk mengiriman surat dari U.S. dan 4-6 minggu ke lokasi di luar U.S.. Untuk informasi khusus, silakan hubungi kantor pos terdekat. 

Sumber Belajar untuk Persiapan dan Latihan Tes dari ETS

ETS menawarkan berbagai materi latihan untuk membantu kamu menyiapkan tes TOEFL iBT® dan membangun keterampilan bahasa Inggrismu. Sebagian besar sumber belajar menggunakan pertanyaan tes sesungguhnya yang telah digunakan sebelumnya dari pembuat soal tes. 
Sumber Persiapan dan Latihan Gratis
TOEFL Go! is the official TOEFL app from ETS. Prepare for your TOEFL test with access to free sample questions, useful tips and resources, and in-app purchases of Reading, Listening, Speaking and Writing practice tests with scores provided by ETS within 24 hours. Download the free official TOEFL Go! app today from either the App store: https://itunes.apple.com/us/app/toefl-go!/id1021245372?mt=8  or Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.ets.MTPO and see how it can help you succeed! 
TOEFL® Interactive Sampler(opens new window) provides free unlimited access to past TOEFL iBT questions from all four sections of the test that you can download and use to practice as often as you like. Includes interactive Reading and Listening questions, as well as sample responses to Speaking and Writing questions.
TOEFL iBT® Test Questions(opens new window) provides a free set of TOEFL iBT questions used in previous tests, so you can become familiar with the types of questions and content on the actual test, and understand how the TOEFL iBT test is structured and formatted.
TOEFL iBT® Quick Prep(opens new window) is a free practice tool that provides TOEFL iBT questions from past tests. There are four Quick Prep Volumes; each includes questions from all four sections of the test. Audio passages are included for Volumes 3 and 4.
TOEFL iBT® Test Prep Planner(opens new window) is a free eight-week planner that helps you set weekly practice goals and stay on track with tips and tasks for the weeks leading up to test day. The planner helps you understand how to prepare for the test effectively and to build the English-language skills needed for success on the TOEFL® test.
Sumber Persiapan dan Latihan Berbayar
TOEFL® Practice Online(opens new window) is the only official practice test that gives you the experience of taking the real TOEFL iBT test. You will be able to review and answer authentic test questions and receive scores within 24 hours and performance feedback on all four skills measured on the test — reading, listening, speaking and writing.
TOEFL® Practice Online Speaking Series(opens new window) uses previously administered test questions and simulates the real TOEFL iBT testing experience. Your spoken communication skills are scored using ETS’s SpeechRaterSM, a speech recognition technology that assesses pronunciation, fluency, vocabulary and grammar. Scores and feedback are available within 24 hours of the time responses are received.
The Official Guide to the TOEFL® Guide, Fourth Edition(opens new window) has three full-length tests plus hundreds of valuable tips. Available in eBook and paper book format, this guide provides a comprehensive all-in-one reference to the TOEFL test with skill-building tips to help you do your best.
The Official TOEFL iBT® Tests, Volume 1, Second Edition(opens new window) contains five real past tests and all of the audio passages on disc. Available in eBook and paper book formats, this prep book gives you lots of TOEFL iBT test practice. It also includes the TOEFL® Test Prep Planner to help you create an eight-week plan to prepare for the test.
The Official TOEFL iBT® Tests, Volume 2(opens new window) includes 5 additional real past tests with previously administered Reading, Listening, Speaking, and Writing questions. Each practice test has an answer key, sample Speaking and Writing responses, and audio scripts. The DVD-ROM includes the 5 practice tests in an interactive format, and audio tracks for the listening passages.
The TOEFL® Online Prep Course(opens new window)  is an online tutorial that helps prepare students for the TOEFL iBT test by creating a personalized learning path with up to 80 hours of course content over a 6-month subscription. The course includes diagnostic tests, robust exercises, automated scoring, structured self-assessments and a grade book.

Ayo, Gapai Impianmu



0 comments:

Posting Komentar