Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Selasa, 22 Januari 2019

Cara Belajar dan Tips untuk Persiapan Tes TOEFL iBT-Listening Section


Materi ini saya terjemahkan bebas dari kursus online TOEFL® Test Preparation: The Insider’s Guide di edX tanpa mengubah isi, hanya saja saya tidak menyertakan quiz per pokok bahasan dan latihan tes listening. Saya sudah konfirmasi ke edX agar diperbolehkan menerjemahkan dan menaruh kursus ini di blog. Kursus tersebut bisa diakses gratis. Silakan klik link di atas jika ingin mendaftar. Semoga bermanfaat.




Tentang Listening Section

Bagian kedua dari tes TOEFL iBT® adalah Listening section.
Bagian ini berisi dua tipe materi listening: conversations (percakapan) dan lectures (perkuliahan). Keduanya berdasarkan percakapan nyata yang digunakan di universitas-universitas yang mana bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Selain percakapan dengan aksen Amerika Utara (Amerika dan Kanada), kamu juga mungkin akan mendengar aksen dari Inggris dan Australia. 
Ada 2 sampai 3 percakapan dan 4 sampai 6 perkuliahan di bagian ini. Kamu hanya akan mendengar sekali percakapan (tidak bisa diulangi). 
Percakapan-percakapan ini merupakan tipe percakapan yang terjadi di kampus universitas di mana bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Sebagai contoh, percakapan antara seorang mahasiswa dan seorang profesor (dosen) tentang persyaratan perkuliahan atau materi perkuliahan. Bisa juga percakapan antara seorang mahasiswa dengan pegawai universitas tentang hal-hal non akademik seperti registrasi perkuliahan atau pembayaran apartemen. 
Setiap percakapan lamanya sekitar 3 menit dan 5 soal dengan pilihan ganda. Kamu tidak akan bisa melihat soal/pertanyaan ketika mendengarkan percakapan.  
Perkuliahan menggambarkan jenis bahasa (akademik) yang digunakan ketika profesor mengajar di kelas. Materi perkuliahan mencerminkan materi yang disampaikan pada pengantar perkuliahan di universitas. 
Perkuliahan mencakup subyek dan topik yang luas. Berikut adalah beberapa contohnya:
  • Arts: architecture, music history, literature, ceramics
  • Life Science: botany, animal behavior, nutrition, aquatic organisms
  • Physical Science: weather, astronomy, pollution, technology
  • Social Science: anthropology, business, child development, history
Kamu tidak diharapkan mempunyai pengetahuan lebih dahulu tentang subyek materi. Informasi yang kamu butuhkan untuk menjawab soal ada di dalam percakapan/perkuliahan. 
Setiap perkuliahan selama 5 menit dan 6 pertanyaan pilihan ganda. Seperti pada percakapan, kamu tidak bisa melihat pertanyaan ketika sedang mendengarkan perkuliahan. 
Kamu mempunyai waktu 60 sampai 90 menit untuk menyelesaikan Listening section. Selama mengerjakan soal Listening, kamu tidak bisa kembali ke soal/pertanyaan sebelumnya untuk meneliti kembali atau mengganti jawaban. Pertanyaan harus dijawab saat ditampilkan. 
Kamu akan belajar lebih detil tentang Listening section melalui beberapa video berikut. Video pertama akan menjelaskan bagaimana pendekatan pada sebuah percakapan. Selanjutkan akan diikuti beberapa video tentang beberapa tipe-tipe pertanyaan Listening.


Poin-poin Tambahan dan Tips

Berikut ini adalah beberapa poin tambahan tentang percakapan pada bagian Listening dan beberapa tips tentang bagaimana pendekatan pada pertanyaan Listening.  
Gambaran Perkuliahan
Perkuliahan mempunyai lebih banyak materi daripada percakapan, oleh karena itu ada beberapa pendukung tambahan dalam perkuliahan untuk kamu sebagai pendengar. 
Pada beberapa perkuliahan, kata-kata akan ditampilkan di layar seperti tertuis di papan tulis kapur. Kata-kata ini merupakan istilah atau nama yang mana profesor mungkin menuliskannya untuk mahasiswa ketika memberikan perkuliahan, seperti di bawah ini: 
image of the words keystone species
Kadang sebuah materi visual akan muncul sebagai ilustrasi seperti dalam buku teks atau layar, seperti ilustrasi kromosom di bawah ini: 
Image of a chromosome
Perkuliahan Interaktif
Pada beberapa perkuliahan, hanya professor yang berbicara. Pada perkuliahan lainnya, mahasiswa memberikan komentar atau bertanya. Pada kasus perkuliahan interaktif, kamu mungkin akan ditanya tentang apa yang dikatakan mahasiswa atau bagaimana sikap atau opini mahasiswa. Kamu mungkin juga ditanya tentang sikap atau opini profesor. Oleh karena itu sangat penting untuk mendengarkan semua sikap dan opini yang disampaikan seperti juga untuk fakta dan ide-ide yang disampaikan.   
Apakah Poin-poin Kunci Mendukung Ide Utama?
Kadang poin kunci pendukung untuk ide utama terlihat jelas. Profesor mungkin membuat pernyataan yang merupakan ide utama dari perkuliahan. kemudian beliau mungkin memberikan dua atau tiga daftar alasan mengapa pernyataannya benar, alasan-alasan tersebut saling mendukung satu sama lain. Setiap alasan merupakan poin pendukung apa yang ditanyakan pada sebuah listening lecture. 
Akan tetapi hati-hati: tidak semua poin-poin kunci akan secara langsung terhubung dengan poin utama atau tujuan utama. Hal itu bisa saja merupakan sebuah sub topik yang sengaja disusun di luar topik utama.  
Sama halnya pada percakapan (conversations). Berikut ini sebuah contoh: pada sebuah percakapan, seorang mahasiswa mungkin komplain kepada pengelola apartemen tentang masalah ketika dia tidur malam. Dia menjelaskan bahwa teman satu kamarnya bermain musik sampai larut malam dan mahasiswa dari kamar sebelah ngobrol sampai tengah malam. Pengelola apartemen mungkin memberikan saran yang nyata tentang bagaimana mengatasi masalah tersebut. Saran ini secara langsung akan berkaitan dengan poin utama, secara langsung menunjukkan pada masalah yang mahasiswa hadapi.
Akan tetapi mungkin pengelola apartemen akan memberikan ilustrasi bagaimana cara menyelesaikan masalah yang hampir sama dengan teman satu kamar yang pernah terjadi padanya. Kamu mungkin ditanya sebuah pertanyaan tentang bagaimana pengelola apartemen menceritakan tentang teman sekamarnya.  Dia menceritakan sebagai ilustrasi bagaimana cara pendekatan terhadap masalah yang dihadapi mahasiswa. Pada kasus ini, cerita pengelola apartemen merupakan sebuah topik di luar topik utama. Topik ini tidak secara langsung menunjukkan masalah mahasiswa, tetapi masih berhubungan dengan masalah yang dihadapi mahasiswa. Kamu membutuhkan kemampuan untuk mengikuti percakapan dan melihat bagaimana ide-ide dipresentasikan berhubungan satu dengan yang lain.  
Perlu diingat juga, bahwa sering ketika pembicara TOEFL® ingin kamu memberikan perhatian yang lebih kepada apa yang dia sedang katakan, dia akan memberikan sinyal seperti yang terjadi di kelas di berbagai kampus. Dia mungkin mengatakan seperti: “Think about this.” Pembicara mungkin juga akan memberikan sinyal dengan suara yang sedikit lebih keras atau sedikit lebih lambat untuk penekanan. Kamu juga harus berasumsi bahwa sebuah detil itu sangat penting jika pembicara menggunakan sebuah contoh, seperti dia akan berkata: “for example” atau “for instance.”
Membuat Catatan
Ketika kamu berlatih Listening mulailah dengan mendengarkan percakapan dua kali setiap kali latihan dan buatlah catatan. Catatanmu sebaiknya singkat, jangan mencatat semua yang kamu dengar. Ketika pertama kali mendengarkan percakapan, buat catatan tentang ide utama dan kata kunci pendukung ide utama. Ketika mendengarkan percakapan kedua kalinya, cobalah membuat lebih banyak detil pendukung di catatanmu, berilah perhatian pada bagaimana ide-ide terhubung satu sama lain. Ingat bahwa di tes TOEFL iBT yang sesungguhnya kamu hanya mendengar perkuliahan atau percakapan satu kali, oleh karena itu kamu juga membutuhkan latihan hanya membuat catatan satu kali. Lihatlah dirimu sendiri, apakah membuat catatan membantumu menjawab pertanyaan atau tidak. Beberapa peserta tes merasa bahwa membuat catatan sangat membantu, tetapi beberapa lainnya mengatakan bahwa ketika mendengarkan sambil membuat catatan membuat mereka tertinggal perkuliahan atau percakapan. Tentukan pendekatan yang cocok buat kamu.
Mengatur Waktu
Beberapa peserta tes ingin mengetahui berapa lama waktu yang sebaiknya mereka gunakan untuk menjawab pertanyaan Listening section dari tes TOEFL®. Paling baik adalah sekitar 30 detik setiap pertanyaan atau dua pertanyaan per menit. Kamu juga bisa menggunakan materi latihan TOEFL® iBT Quick Prep(opens new window) untuk memperkirakan waktu yang kamu dibutuhkan untuk menjawab soal-soal Listening.
Mendengarkan Materi Akademik
Semakin banyak kamu mendengarkan percakapan bahasa Inggris, semakin mudah kamu mengikuti percakapan dan perkulihan dalam bahasa Inggris termasuk dalam tes TOEFL iBT. Oleh karena itu, dengarkan materi akademik dalam bahasa Inggris sebanyak mungkin, baik melalui radio, televisi, dokumenter, audiobook, rekaman dan YouTube. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan memproses apa yang kamu dengar dalam bahasa Inggris, tambahlah waktu untuk mendengarkan percakapan dengan materi akademik dalam bahasa Inggris.
Tipe-tipe Soal Listening Section

Gist-Content dan Gist-Purpose
Gist-content dan Gist-purpose questions mensyaratkan kamu memahami topik secara umum atau ide utama atau tujuan utama dari percakapan atau perkuliahan. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test untuk belajar lebih lanjut.


Detail Questions
Detail questions mensyaratkan kamu untuk memahami dan mengingat detil yang penting atau fakta dari sebuah percakapan atau perkuliahan. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test untuk belajar lebih lanjut.
Function Question
Function questions menanyakan tentang sebuah makna dari apa yang pembicara tekankan atau hal yang diharapkan untuk diselesaikan.
Tonton video Inside the TOEFL® Test untuk belajar lebih lanjut.


Attitude Questions
Attitude questions mengukur seberapa kamu memahami posisi (sikap) atau opini pembicara tentang sesuatu hal. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test untuk belajar lebih anjut.


Organization Questions
Pada Organization questions, kamu akan ditanya tentang keseluruhan organisasi percakapan atau perkuliahan atau tentang hubungan antara dua bagian percakapan atau perkuliahan.
Tonton video Inside the TOEFL® Test untuk belajar lebih lanjut.


Connecting Content Questions
Connecting Content questions mengukur pemahamanmu tentang hubungan antar ide-ide dalam percakapan atau perkuliahan. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test untuk belajar lebih lanjut.

Catatan: video ini menyarankan kamu menghentikan (pause) suara agar kamu membuat rangkuman apa yang pembicara katakan. Ini hanya saran saat latihan saja. Kamu tidak bisa menghentikan suara pada bagian manapun dari tes TOEFL iBT®.

Inference Questions
Inference questions menyuruh kamu untuk menarik kesimpulan atau memprediksi suatu hasil berdasarkan informasi yang disampaikan dalam percakapan atau perkuliahan. 
Tonton video Inside the TOEFL® Test untuk belajar lebih lanjut.


Bagaimana Penilaian Listening Section

Bagian tes Listening berisi pilihan ganda yang mana peserta tes harus memilih satu jawaban yang benar. 
Tontong video berikut bagaimana ETS menilai Reading dan Listening sections dari tes TOEFL iBT®.


Petunjuk Latihan Tes Listening di Situs ETS

Bagian ini mengukur kemampuan kamu untuk memahami percakapan dan perkuliahan dalam bahasa Inggris. 
Latihan tes di situs ETS berisi percakapan dan perkuliahan. Dengarkan percakapan dan perkuliahan hanya satu kali. Setelah percakapan atau perkuliahan, kamu akan menjawab beberapa pertanyaan. Jawablah pertanyaan berdasarkan pada apa yang dikatakan atau makna dari pembicara. 
Pada saat tes, kamu mungkin membuat catatan ketika mendengarkan dan menggunakannya untuk membantu menjawab pertanyaan. Catatanmu tidak akan dinilai. 
Pada beberapa pertanyaan kamu akan melihat ikon ini: Headphonesyang berarti kamu akan mendengar pertanyaan tapi tidak bisa melihatnya.
Jawablah pertanyaan sebelum berpindah ke pertanyaan berikutnya. Jangan kembali ke pertanyaan sebelumnya. 
Waktu untuk mendengarkan dan menjawab soal percakapan atau perkuliahan adalah 30 menit. 
Catatan:
Pertanyaan-pertanyaan latihan merupakan soal asli dari tes TOEFL iBT®, tetapi berbeda tampilan dari aslinya. Sebagai contoh:  
  • Walaupun kamu bisa mengontrol suara di tes latihan, pada tes asli kamu hanya bisa mendengar suara (audio) hanya sekali dan tidak bisa menghentikannya (pause).  
  • Transkrip percakapan atau perkuliahan tersedia pada latihan tes, tetapi tidak pada tes asli. 
Hasil latihan tes bukan merupakan prediksi yang mungkin kamu dapat pada tes TOEFL iBT® asli. 

Latihan

Pilihlah dua aktivitas berikut dan selesaikan. Sebagian besar aktivitas berdasarkan tips yang disampaikan dalam video Inside the TOEFL® Test.
1. Cari teman belajar dan dengarkan klip suara singkat seperti this one about butterflies(opens new window) dari Smithsonian.com. Ketika kamu sudah selesai, setiap kamu harus menuliskan semua yang kamu ingat. Kemudian bandingkan catatan dengan temanmu, siapa yang lebih banyak mengingat poin-poin penting dan detil pendukung. 
2. Dengarkan rekaman suara yang terdapat beberapa pembicara seperti dari TED® Radio Hour(opens new window). Tanyakan dirimu sendiri tentang apa yang setiap pembicara ingin sampaikan dengan berkata tentang hal tertentu. Pembicara mungkin akan melakukan hal tertentu seperti berikut:

·   Menyuruh
·   Menyarankan
·   Komplain
·   Setuju atau tidak setuju
·   Pertanyaan
·   Konfirmasi
3. Dengarkan rekaman cerita klasik dari literatur Inggris seperti this excerpt from a Sherlock Holmes mystery story(opens new window). Hentikan rekaman pada beberapa poin dan coba untuk mengingat apa yang telah dikatakan. Kemudian coba memprediksi apa yang akan dikatakan selanjutnya. 
4. Temukan kursus di universitas tentang pengantar perkuliahan yang ditawarkan oleh edX(opens new window). Dengarkan 3 atau 4 perkuliahan dari yang pendek sampai yang semakin panjang waktunya, dimulai dengan topik yang kamu familier kemudian topik yang tidak familier dan yang lebih panjang durasinya. Dengarkan beberapa kali jika kamu membutuhkannya dan identifikasi ide utama dan tujuan dari setiap pembicara. 
5. Dengarkan sebuah percakapan atau perkuliahan TOEFL Listening di http://www.ets.org/toefl/ibt/prepare/quick_prep/(opens new window). Coba untuk memprediksi jenis pertanyaan apa yang akan ada pada soal dan juga jawablah pertanyaan itu. Apakah ada pertanyaan di TOEFL questions sama atau mirip dengan pertanyaanmu? Bagaimana dengan jawabannya? Semakin banyak kamu latihan memprediksi tentang soal atau pertanyaan yang akan ditanyakan, semakin baik prediksimu dan akan mampu menemukan informasi-informasi penting di bagian Listening. Ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu untuk mengambil tes bagian Listening sebagaimana kamu menyadari tujuan apa yang kamu harapkan dan dengarkan. 

Resources

Jika kamu ingin banyak latihan, kamu bisa latihan dari sumber-sumber yang mengandung materi mirip dengan TOEFL® Listening.
Rekaman tentang technology, space exploration dan topik lainnya:
Rekaman tentang news dan culture:
Video pendidikan yang berisi berbagai topik akademik:

Review

0 comments:

Posting Komentar