Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Sabtu, 08 Desember 2018

Cara Guru Amerika Memotivasi Siswa untuk Berperilaku Baik


Setiap guru ingin siswanya berperilaku baik di kelas dan lingkungan sekolah. Guru dan sekolah melakukan berbagai cara untuk memotivasi dan menjaga agar siswa berperilaku baik khususnya di sekolah. Berikut ini adalah beberapa cara yang dilakukan guru dan staf di sekolah saya.

Kartu Paws
Becker Paws Card
Guru dan atau asisten guru akan memberikan kartu ini kepada siswa yang berperilaku baik khususnya saat makan siang dan istirahat. Berperilaku baik yang dimaksud adalah siswa mengikuti tata tertib (expectation) di ruang makan dan area bermain.
Tata tertib di ruang makan: masuk dan keluar ruang makan dengan tenang, berjalan di ruang makan untuk mengambil makanan dengan tenang, sopan kepada orang lain dan mengambil makanan yang dibutuhkan, makan dulu sebelum berbicara dengan teman, membersihkan meja dan kursi setelah selesai makan.


Kotak kartu Paws
Tata tertib di area bermain: masuk dan keluar area bermain dengan tenang, menggunakan peralatan dan wahana permainan dengan tanggung jawab dan aman, mendengarkan arahan dari staf, setiap siswa berhak untuk bermain, menyertakan teman untuk bermain, menggunakan kata-kata yang baik.
Siswa yang mendapatkan kartu PAWS kemudian menuliskan nama lengkap (nama depan dan nama belakang) dan nama guru serta memasukkan ke kotak yang telah disediakan. Setiap hari Jumat setelah makan siang kartu akan diundi, siswa yang kartu terambil akan mendapatkan kembang gula, pensil atau penghapus.

Kartu Golden Tiket
Golden Ticket Card
Tiket ini diberikan kepada kelas yang berjalan dengan baik di lorong gedung sekolah sesuai dengan tata tertib. Siswa berjalan berbaris dari dan menuju kelas ketika pindah ke ruang kelas mata pelajaran khusus, makan siang, kamar mandi dan bermain. Kelas yang mendapatkan tiket Golden dengan jumlah tertentu diberi hadiah oleh sekolah berupa pesta kelas sebelum pulang sekolah, biasanya pesta es krim atau pop corn.
Tata tertib di lorong gedung: menyapa orang lain tanpa gaduh, menuju ke tempat tujuan dengan rute tercepat, berjalan di sebelah kanan.

Super in Class
Setiap bulan guru akan memilih satu atau beberapa siswa yang paling baik selama mengikuti pelajaran di kelas, tetapi juga bisa guru menilai tidak ada satupun siswa yang layak sebagai terbaik. Siswa yang terbaik di kelas berhak untuk mengikuti makan siang bersama kepala sekolah atau superintendent. Setiap kelas mempunyai tata tertib sendiri-sendiri yang disepakati antara guru dan siswa.


Daftar Super Leader Lunch
Super Leader Lunch
Siswa yang terbaik setiap kelas diundang oleh kepala sekolah untuk makan siang bersama di ruang rapat dengan menu berbeda dengan menu makan siang di ruang makan. Kadang makan siang ini juga dihadiri oleh superintendent (semacam kepala dinas) atau pejabat district.


Super leader lunch (facebook.com)
Super in Specials
Setiap bulan guru khusus juga akan memilih siswa terbaik untuk setiap kelas selama pelajaran khusus (seni, musik dan media). Siswa yang terbaik di kelas spesial akan dipanggil namanya saat assembly. Kelas khusus juga mempunyai tata tertib yang disepakati guru dan siswa.

Super in School Bus
Siswa terbaik setiap bulan di bis sekolah juga akan disebut namanya saat assembly. Kru bis sekolah yang menentukan siswa terbaik yang mematuhi tata tertib yang disepakati bersama siswa dan kru bis.

Kartu kehadiran 100%
Super Attendance
Kelas dengan kehadiran siswa di atas 96% setiap bulannya akan disebutkan saat assembly. Sedangkan siswa yang 100% hadir selama satu bulan, namanya dicatat di papan yang terletak di lorong gedung. Bagi siswa yang hadir 100% selama satu tahuan pelajaran diberi hadiah oleh sekolah berupa sepeda, skuter listrik atau hoverboard/self balancing scooter.

Class Dojo
Class Dojo merupakan aplikasi gratis yang banyak digunakan guru dan sekolah di Amerika (80%) untuk membangun nilai-nilai dan karakter siswa. Aplikasi ini bisa diakses melalui komputer, laptop, tablet maupun smartphone. Guru dan siswa menentukan bersama perilaku baik apa yang akan dikembangkan di kelas. Guru dibantu siswa akan memantau perilaku siswa setiap harinya dan memasukkan poin di Class Dojo. Siswa yang telah mendapatkan poin tertentu bisa mendapatkan reward dari guru. Guru juga bisa menaruh foto atau video kegiatan siswa di Class Dojo. Orang tua diminta untuk bergabung di Class Dojo sehingga bisa mengikuti perkembangan siswa dan berkomunikasi dengan guru. 

0 comments:

Posting Komentar