Pengalaman, Opini, dan Harapan

Tulisan Terbaru

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Translate

Pages

PENULIS

Foto Saya
Mantan guru di SD Muh. Condongcatur, Yogyakarta, sekarang asisten guru di Becker Elementary School, Iowa, Amerika.

Tulisan Pilihan

Mengapa Guru di Amerika Mengajarkan Beberapa Cara untuk Menyelesaikan Soal Matematika?

Siswa di Amerika diajari oleh guru dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal Matematika, tidak hanya cara yang dianggap guru paling ...

Popular Posts

Sabtu, 15 Desember 2018

Parent-Teacher Conferences, Penerimaan Rapot di Sekolah Amerika


Parent-teacher conferences (PTC) sebenarnya bukan penerimaan rapot, tetapi kegiatan antara siswa, orang tua dan guru untuk saling berkomunikasi tentang perkembangan siswa dalam pembelajaran dan masukan untuk rencana program pembelajaran ke depan. Laporan penilaian atau rapot sendiri akan dikirim ke orang tua berupa lembar print out atau file yang demail satu sampai dua minggu setelah PTC.

Tujuan PTC
PTC merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan kepada siswa, orang tua dan guru untuk:

  • Memberikan laporan kepada orang tua tentang perkembangan akademik siswa berdasarkan observasi kelas, data tes, portofolio dan tugas-tugas.
  • Masukan dari orang tua tentang kekuatan, kebutuhan, perilaku dan gaya belajar siswa.
  • Mendiskusikan cara membantu siswa untuk mendukung pembelajaran.
  • Mendiskusikan hal-hal yang menghambat atau berpengaruh terhadap perkembangan dan pembelajaran siswa.
Jenis-jenis PTC
Ada dua jenis PTC, yaitu PTC di awal tahun pelajaran dan setiap 3 bulan setelah pembelajaran. Tahun pelajaran dibagi menjadi tiga triwulan, yaitu triwulan 1 (Fall), Triwulan 2 (Winter) dan Triwulan 3 (Spring). PTC awal tahun belajaran biasanya dilaksanakan 2 minggu setelah masuk sekolah (bulan September), sedangkan PTC trimester 1 bulan November, PTC trimester 2 bulan Februari dan trimester 3 bulan Mei. Setelah PTC trimester 3 pembelajaran seperti biasa sampai awal Juni. Sekolah di Amerika berlangsung sekitar 9 bulan lebih sedikit karena saat musim panas sekolah libur (summer break).

Undangan ke Orang Tua
Sekitar satu bulan atau paling tidak dua minggu sebelum PTC, guru dan atau sekolah memberikan undangan kepada orang tua untuk hadir dan memilih hari dan waktu pada kegiatan ini. Undangan di sekolah saya menggunakan satu lembar surat edaran dan lembar isian untuk pilihan hari dan waktu PTC yang harus dikembalikan ke guru kelas, sedangkan di sekolah anak saya undangan menggunakan email dan pemilihan hari dan waktu PTC secara online. Jika orang tua tidak bisa hadir pada waktu yang ditentukan, bisa diganti dengan hari dan waktu lain yang disepakati antara orang tua dan guru.

Waktu Pelaksanaan PTC
PTC biasanya dilaksanakan selama dua hari, di sekolah saya biasanya hari Selasa pukul 4.00 - 8.00 malam dan Kamis pukul 11.00 - 8.00 malam. Hari Jumatnya libur untuk mengganti lembur guru saat PTC. Sedangkan di sekolah anak saya biasanya dilaksanakan hari Rabu dan Kamis dengan waktu yang hampir sama dengan sekolah saya dan hari Jumatnya juga libur dengan alasan yang sama. Setiap orang tua dan siswa diberi kesempatan sekitar 20 menit untuk diskusi dan sharing dengan guru.


Siswa presentasi di hadapan orang tua dan guru
Kegiatan PTC
Kegiatan PTC diawal tahun pelajaran merupakan cara perkenalan lebih mendalam antara orang tua dan guru karena sebelumnya saat kegiatan Backpack Night siswa, orang tua dan guru sudah berkenalan singkat. Setelah itu dilanjutkan penyampaian oleh orang tua tentang kekuatan, kebutuhan, perilaku, gaya belajar dan hal-hal penting lainnya tentang siswa. Dilanjutkan diskusi tentang program-program pembelajaran yang akan dilakukan.
Sedangkan pada saat PTC trimester siswa menyampaikan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dan kompetensi yang sudah dicapai. Guru sudah menyiapkan data-data pendukung seperti karya siswa, ulangan harian dan grafik data kemampuan membaca yang akan ditunjukkan siswa kepada orang tuanya, sedangkan guru biasanya menambahkan informasi yang dirasa penting dan mengapresiasi kinerja siswa. Siswa sudah berlatih presentasi sebelumnya di kelas. Kegiatan dilanjutkan tanya jawab dan diskusi tentang perkembangan siswa baik akademik maupun perilaku, hubungan dengan teman, permasalahan yang muncul, dan lain-lain untuk pembuatan rencana kegiatan pembelajaran selanjutnya dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidikan bagi siswa dan orang tua.

Contoh rapot halaman 1 (klik gambar untuk memperbesar)
Contoh rapot halaman 2 (klik gambar untuk memperbesar)
Rapot
Sekitar satu atau minggu setelah PLC laporan perkembangan akademik (rapot) akan dikirim ke orang tua, bisa dalam bentuk print out atau pun file pdf. Di sekolah saya masih berupa 1 lembar print out yang dimasukkan amplop. Amplop harus dikembalikan ke sekolah untuk tempat rapot triwulan berikutnya. Tetapi mulai tahun depan akan dimulai semua informasi menggunakan email. Sedangkan di sekolah anak saya untuk triwulan 1 dan 2 file rapot dikirim lewat email, selanjutnya untuk triwulan 3 selain diemail juga dalam bentuk print out. Nilai yang tercantum dalam rapot berbentuk simbol huruf, yaitu P untuk progressing toward standard (sedang berkembang menuju standar), MS untuk met standard (sudah mencapai standar) dan LP untuk limited progress (sedikit berkembang) serta NA untuk not assessed at this time (standar tidak dinilai saat ini). Nilai diambil dari penilaian harian berupa tugas-tugas, ulangan dan pengamatan kinerja saat pembelajaran. Tidak ada penilaian tengah semester (PTS) atau tengah triwulan maupun penilaian akhir semester (PAS) atau akhir tahun atau akhir triwulan.

Sebagian informasi tentang PTC saya baca dan ambil dari artikel ini.

2 komentar: